cara memindahkan penyimpanan internal ke eksternal
in

Wajib Tahu! Cara Memindahkan Penyimpanan Internal ke Eksternal dengan Mudah

Memori internal merupakan penyimpanan utama pada handphone yang tentu saja secara otomatis akan membiarkan semua aktivitas, aplikasi dan juga file tersimpan di internal. Kebiasaan seperti ini tidak jarang akan menyebabkan kinerja handphone menjadi down. Itulah sebabnya cara memindahkan penyimpanan internal ke eksternal akhirnya adalah solusi mutakhir yang dilakukan beberapa orang.

Memberikan tambahan memori eksternal atau yang biasa disebut dengan kartu SD bisa jadi satu solusi untuk menghemat ruang penyimpanan internal. Pertanyaannya adalah, bagaimana cara memindahkan penyimpanan internal ke eksternal? Bagi yang belum tahu, mari simak penjelasannya berikut ini:

1. Masuk ke Setting

Langkah awal yang bisa dilakukan untuk memindahkan penyimpanan ke eksternal adalah masuk terlebih dahulu ke menu setting. Silakan cari icon setting yang ada di layar handphone. Menu ini merupakan satu kesatuan menu yang dipersiapkan supaya pengguna bisa mengatur segala aktivitas handphone sesuai keinginan.

2. Pilih Menu About Phone

Apabila pengguna sudah masuk ke menu setting maka, selanjutnya adalah pilih opsi about phone. Opsi ini nantinya akan memunculkan jendela baru yang menampilkan data tentang sistem handphone. Mulai dari terakhir kali pengguna melakukan pembaruan sistem yang terakhir kali dilakukan hingga menu backup & reset.

3. Pilih Storage

Menu selanjutnya sebagai cara memindahkan penyimpanan internal ke eksternal adalah masuk ke menu storage. Opsi menu satu ini akan dapat ditemukan di jendela menu about phone yang sebelumnya telah dibuka. Storage disini merupakan menu yang akan menunjukkan tempat penyimpanan yang digunakan oleh pengguna.

4. Masuk ke Menu Storage Setting

Cara memindahkan penyimpanan internal ke eksternal selanjutnya adalah masuk ke menu storage setting. Silakan scroll kebawah pada menu storage untuk menemukan opsi ini. Apabila sudah ketemu maka, selanjutnya pengguna akan diperlihatkan satu jendela menu baru setelah melakukan klik menu storage setting. Menu inilah nantinya yang akan menunjukkan berbagai aktivitas penyimpanan handphone yang selama ini digunakan oleh pengguna. Akan ada tiga pilihan aktivitas yang ditunjukkan pada menu ini yakni camera, theme dan juga gallery.

5. Silakan Pindahkan Menu Penyimpanan

Pengguna bisa mulai melakukan pemindahan penyimpanan pada tahap ini. Pilih satu-persatu pada menu yang penyimpanannya ingin dipindahkan. Misalkan saja klik pada menu camera pada storage setting maka, akan muncul jendela menu baru.

Jendela menu ini nantinya akan menunjukkan pilihan penyimpanan mana yang ingin digunakan pengguna. Akan ada dua pilihan tentu saja yaitu internal dan juga eksternal. Silakan pilih eksternal supaya penyimpanan kamera nantinya akan secara otomatis masuk ke eksternal. Lakukan hal sama pada menu selanjutnya.

6. Coba Buka Aplikasi yang Telah Diubah Penyimpanannya

Apabila proses pemindahan penyimpanan telah selesai, selanjutnya adalah cek apakah penyimpanan benar telah berganti ke eksternal ataukah belum. Silakan coba untuk memotret satu objek kemudian pastikan apakah foto tersebut telah masuk secara otomatis ke eksternal atau belum. Lakukan pengecekan ulang pada pemasangan memori eksternal apabila penyimpanan tidak berubah. Pengecekan pada sistem penyimpanan handphone juga perlu dilakukan bila proses diatas tidak berhasil dilakukan.

Itulah cara memindahkan penyimpanan internal ke eksternal secara sederhana dan tanpa memerlukan tambahan aplikasi lain. Catatan yang harus diingat, bahwa semua sistem setting pada setiap tipe handphone sudah pasti berbeda. Untuk itu, perlu diingat, silakan sesuaikan dengan setting yang ada.

Leave a Reply