in

Tips Mudah Hemat Kuota Internet Ketika Menggunakan Zoom

Tips Mudah Hemat Kuota Internet Ketika Menggunakan Zoom – Zoom adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan kamu untuk melakukan panggilan tatap muka secara jarak jauh dengan jumlah peserta yang cukup banyak. Zoom bisa digunakan di perangkat seluler maupun desktop.

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, aplikasi ini sangat di butuhkan di masa pandemi ini. Sebagai antisipasi agar tidak berkerumun, ketika harus tetap melakukan suatu diskusi secara langsung.

Meski menjadi suatu alternatif yang bisa diandalkan, Zoom sendiri cukup menguras kuota para penggunanya. Terlebih ketika komunikasi melaui Zoom ini yang tidak akan sebentar, seperti sebuah rapat persiapan sebuah kegiatan.

Nah pasti kamu tidak mau kan kehabisan kuota ketika acaranya berlangsung. Kali ini LiteTekno akan meberikan Tips dan trik nya agar bisa menghemat kuota ketika Zoom. Berikut beberapa hal nya yang bisa kamu lakukan :

Tips Mudah Hemat Kuota Internet Ketika Menggunakan Zoom

Tips mudah hemat kuota ketika menggunakan zoom

  1. Kembali ke Home Screen ketika hanya ingin mendengarkan suaranya saja.

Kita akan tetap terhubung dengan Zoom meeting meskipun kembali ke layar utama. Karena Zoom yang berlangsung akan tetap terdengar suaranya. Kecuali kalau ada yang memaparkan presentasi, jangan kamu matikan ya! Nanti kamu ga faham materinya lagi.

  1. Jangan aktifkan video saat tidak terlalu penting.

Ketika kamu hanya memperhatikan pemaparan materi dari pembicara utama, sebaiknya nonaktifkan saja fitur video kamu sendiri. Cara ini disarankan pihak Zoom sendiri agar bisa lebih menghemat kuota. Sebab semakin banyak video yang tampil maka semakin menguras kuota.

  1. Jangan lakukan Screen Sharing atau Berbagi tampilan Layar.

Hal ini sangat di anjurkan untuk dilakukan, karena kabanyakan para penyelenggara Zoom biasanya akan memberikan materi terlebih dahulu dalam bentuk soft copy email untuk menjadi bahan pembicaraan. Tentu saja para anggota akan membukanya sambil Zoom berlangsung. Nah hal ini tidak di sarankan, karena kuota mu akan cepat habis dan bisasanya jika menggunakan ponsel baterainya akan lebih cepat habis juga.

  1. Nonaktifkan Mikrofon.

Ketika memang tidak di perlukan, apalagi kalau kalian hanya sebagai anggota yang hanya mendengarkan pembicaraan dari penyelenggara, Sebaiknya matikan saja mikrofonnya. Supaya menghemat kuota dan tidak mengganggu kejelasan audio untuk peserta lainnya.

  1. Matikan mode kualitas video HD

Cara terakhir adalah, matikan mode video HD ketika Zoom. Apalagi jika sudah terlihat cukup jelas lebih baik jangan di tingkatkan lagi, gunakan secukupya saja. Agar tidak menguras kuota-mu.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menghemat kuota ketika Zoom Meeting. Tetap santai ketika meeting online tanpa harus takut kehabisan kuoata. Semoga bermanfat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.