tips mengatasi laptop tidak bisa connect ke wifi
in

Tips Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Ke WiFi

Pada kali ini LiteTekno akan membagikan tips mengatasi laptop tidak bisa connect ke WiFi. Bagi pengguna laptop, mungkin sering mengalami masalah WiFi yang tidak bisa connect. Kehabisan kuota memang hal yang menyebalkan, terlebih lagi apabila WiFi sebagai satu-satunya yang di andalkan pun mengalami masalah gagal untuk connect ke laptop. Mungkin hal ini akan membuatmu semakin kesal.

Kebanyakan orang berfikir mungkin kekuatan WiFi nya lemah, atau sering juga menyangka sudah penuh yang terhubung. Padahal hal tersebut belum tentu benar, bisa saja itu terjadi karena laptop nu yang mengalami masalah.

Nah untuk mengatasinya, Yuk kita simak beberapa tips agar laptop kamu bisa kembali connect ke WiFi.

Tips Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Ke WiFi

  1. Pastikan Terkoneksi ke SSID Yang Benar

Bagi kamu yang sering cari-cari WiFi gratis di tempat umum, mungkin hal ini jarang di perhatikan.  Gagalnya WiFi connect ke laptop juga di dasari karena mungkin kamu salah mengoneksikan SSID.

Di tempat umum seperti café, perpustakaan, ataupun restoran sering memiliki SSID WiFi lebih dari satu.  Seperti misalnya, “Resto_1” dan “Resto_2”. Kemungkinan yang bisa di pakai adalah salah satunya. Jadi sebaiknya tanya dulu kepada kasir atau pegawai yang bertugas agar kamu tidak salah dan pastikan kata sandi nya pun tepat ya!

  1. Restart Laptop

Sebelum melakukan langkah-langkah yang lebih rumit lainnya, cobalah dulu untuk me- restart laptop. Karena sudah banyak terjadi juga kesalahan-kesalahan pada laptop yang bisa diselesaikan dengan hanya melakukan restart. Ketika proses ini, laptop akan kembali dalam keadaan segar sehingga menghilangkan error atau kesalahan yang terjadi.

  1. Gunakan Troubleshoot

Jika langkah pertama sudah yakin menggunakan SSID yang benar, tapi belum juga bisa terkoneksi serta muncul tanda segitiga kuning pada logo WiFi laptop, kemungkinan harus dilakukan troubleshoot. Berikut cara melakukannya, namun hanya di khususkan untuk laptop Windows 10 karena navigasi yang di pakai mungkin saja berbeda.

  • Klik ikon Pencarian Windows di laptop-mu.
  • Ketikkan kata “troubleshoot”.
  • Pilih menu Troubleshoot Settings.
  • Scroll sedikit ke bawah, dan pilih Internet Connections.
  • Klik Run the troubleshooter.
  • Tunggu sampai proses mendeteksi selesai, hingga memunculkan masalah apa saja yang di hadapi.
  • Ikuti intruksi perintah yang harus dilakukannya sampai selesai dan berhasil.
  1. Restart Ulang Modem

Tidak hanya me-restart laptop, ternyata perlu juga untuk me-restart modem. Hal ini bertujuan agar modem bisa kembali seperti semula. Dari berbagai macam masalah pada modem, bisa dilakukan dengan hanya me-restart nya saja. Seperti koneksinya yang melambat ataupun internet yang nyala dan mati di waktu yang random. Ketika melakukan proses ini, Harap di perhatikan untuk menunggu sekiar 30 detik sebelum kembali menyalakannya.

  1. Instal Ulang Driver WiFi

Cara yang paling terakhir adalah, Cobalah untuk mengintall ulang Driver WiFi. Setiap peripheral pada laptop pasti membutuhkan driver sebagai jembatan antara sistem antar muka dengan hardware. Nah mungkin saja gagalnya koneksi WiFi ke laptop-mu dikarenakan ada masalah yang berkaitan dengan driver. Maka dari itu penting untuk mencoba intall ulang Driver WiFi ini.

Demikianlah  5 tips mengatasi WiFi yang tidak bisa terkoneksi ke laptop, hal ini bisa terjadi karena kesalahan pada WiFi-nya maupun laptop yang kamu gunakan. Jadi ikuti tips-tips diatas untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0