Penyebab dan Tips mengatasi laptop no bootable device atau gagal booting
Photo by Erick Cerritos on Unsplash
in

Tips Jitu Mengatasi Kinerja Laptop atau Komputer Yang Melambat

Tips Jitu Mengatasi Kinerja Komputer Atau Laptop Yang Melambat – Sebagai seorang yang setiap harinya berhadapan dengan computer maupun laptop, pasti sangat kesal jika tingkat kinerjanya melambat. Pekerjaan yang seharusnya segera di selesaikan menjadi terhambat karena masalah kinerja laptop yang digunakan sangat lelet.

Rasanya tidak mungkin jika harus membeli baru lagi, terlebih membeli satu buah laptop atau computer membutuhkan budget yang tidak sedikit. Sama hal nya jika kamu pergi ke tukang servis elektronik hanya demi mengatasi masalah kinerja laptop – mu. Kini sebagian pekerjaan memang bisa dilakukan di HP atau dengan versi mobile, namun tetap saja tidak akan senyaman menggunakan laptop dan computer yang lebih leluasa.

Tips Mengatasi Kinerja Laptop Atau Komputer Yang Melambat

Sebenarnya masalah mengenai kinerja yang melambat ini bisa kamu atasi sendiri lho! Tak perlu mengeluarkan biaya, kamu hanya perlu merawatnya secara rutin dan lakukan beberapa tips dibawah ini :

1. Bersihkan File – file di Recycle Bin

Pada laptop atau computer sudah dilengkapi dengan fitur Recycle Bin atau sering disebut tempat sampah. Setiap file yang kamu hapus tidak akan menghilang secara permanen, tapi akan berpindah ke Recycle Bin.

Nah, jika semakin lama tentu akan banyak file yang menumpuk. Maka kita perlu untuk menghapusnya agar kinerja laptop tidak lagi lambat. Dan untuk menghapusnya, Klik kanan pada file > Delete.

2. Uninstall Program Yang Tidak Digunakan

Cara kedua untuk mengatasi kinerja laptop atau computer yang lambat adalah coba untuk meng-uninstall program yang dirasa kurang penting dan jarang digunakan. Jika memang tidak terlalu di butuhkan, lebih baik di uninstall saja dari pada harus memenuhi ruang hard disk yang berimbas ke melambatnya kinerja laptop.

Untuk melakukan peng uninstall nya, masuk ke Start > Control Panel > Uninstall a program pada program yang tidak dibutuhkan.

3. Perbesar Kapasitas Dari Hard Disk dan RAM

Hampir sama dengan smartphone, Laptop atau computer pun akan lemot ketika ruang penyimpanannya terlalu penuh.

Maka di sarankan untuk lebih merapihkan kembali file-file yang masih harus disimpan dengan yang seharusnya dihapus karena tidak penting. Atau tidak salahnya untuk perbesar kembali kapasitas Hard Disk nya dengan membeli SSD agar kinerjanya lebih cepat.

4. Custom Virtual Memory

Walaupun perannya tidak sebesar RAM, tapi Virtual Memory ini akan sedikit membantu meningkatkan kinerja laptop-mu lho. Untuk mengaturnya perhatikan langkah-langkah dibawah ini :

  • Masuk ke Control Panel > System and Security System.
  • Tekan tombol Windows + Pause/Break secara bersamaan.
  • Pilih Advanced System Settings.
  • Klik tab Advanced > Settings > Performance.
  • Pindah ke tab Advanced > Change > Virtual Memory.
  • Kemudian hilangkan tanda centang Automatically manage paging file size for all drives.
  • Tentukan berapa besar memori virtual yang di inginkan dengan maximum size cukup isikan 2X initial size.
  • Klik Set lalu OK.

5. Gunakan Antivirus

Keterlambatan kinerja laptop atau computer juga bisa di akibatkan oleh adanya beberapa virus seperti malware atau spyware. Maka sangat penting untuk memasang antivirus dan menggunakannya agar bisa membasmi keberadaan virus yang sangat merugikan tersebut.

Nah itulah beberapa tips jitu untuk mengatasi kinerja laptop atau komputer yang melambat tanpa harus pergi ke tukang servis atau membeli yang baru. Cukup rawat secara rutin dan lakukan tips-tips diatas agar performanya kembali normal.Nantikan update menarik lainnya di LiteTekno.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0