in

Tips Mengatasi Handphone Terkena Air Agar Tidak Rusak

Tips Mengatasi Handphone Terkena Air – Tidak sengaja terjatuh atau memang karena musibah, adalah suatu hal yang membuat handphone kamu bisa terkena air. Untuk sekarang memang sudah banyak bermuculan handphone anti air. Seperti beberapa contoh handphone terbaru yang memiliki sertifikasi IP67 atau IP68 yang menyematkan fitur tahan air dan debu.

Meski begitu, ternyata dua serifikasi diatas hanya di dapatkan oleh handphone edisi terbaru. Akan sangat jarang jika mencarinya di edisi keluaran lama. Dan yang membedakan antara keduanya adalah IP67 yakni IP (International Protection) di ikuti angka 6 dan di akhiri angka 7 memiliki fitur tahan debu, pasir, dan serangan air di kedalaman 1 meter selama 30 menit. Sedangkan IP68 akan di akhiri dengan angka 8 dan memiliki fitur yang sama namun untuk serangan air, bisa tahan di kedalaman 1,5 – 2 meter selama 30 menit.

Lalu bagaimana jika handphone kita yang terkena air adalah edisi lama yang belum memiliki sertifikasi seperti diatas, apakah masih bisa berjalan dengan normal kembali? Pada kali ini LiteTekno akan memberi tips mengatasi handphone jika terkena air, yuk coba tips berikut ini :

Tips Mengatasi Handphone Terkena Air

tips mengatasi hanphone terkena air

  1. Amankan Segera HP dari Air

Begitu tercemplung ke dalam air, segera amankan untuk kemudian di lap dengan handuk atau kain lembut lainnya sebagai tindakan pertama.

  1. Jangan nyalakan Hp

Setelah tindakan pertama dilakukan, jangan coba-coba untuk menekan tombol di hp atau memaksanya untuk menyala. Jika handphone masih dalam keadaan hidup, segera matikan. Untuk mencegah korsleting yang bisa saja membuatnya mati total atau rusak.

  1. Lepaskan Beberapa Bagian yang bisa di lepas

Buka pelindung hp seperti softcase atau hardcase serta tutup belakangnya. Jangan lupa juga lepaskan memory card, SIM Card, serta baterai yang bisa di lepas. Tapi tidak semua bagian lainnya harus di lepas ya, cukup yang mudah di buka saja. Jangan sampai merubah ke aslian dari garansinya.

  1. Gunakan Beras atau Slica Gel

Bungkus hanphone menggunakan tisu. Lalu masukkan ke dalam wadah yang sudah di beri beras selama 24 jam agar kering dengan sempurna. Bisa juga menggunakan Slica Gel atau yang biasanya ada di dalam dus sepatu. Cukup letakkan HP basah di dalam lemari hangat dan di beri bungkusan Slica Gel selama 1-2 agar menyerap air.

  1. Ingat! Untuk tidak mengeringkannya dengan Pengering Otomatis

Jangan mencobanya megeringkan dengan alat seperti pengering rambut, karena akan memancarkan elektromagnetik yang membuat handphone mengalami panas yang berlebihan sehingga akan berpotensi untuk rusak.

  1. Jangan Simpan di Freezer

Banyak sekali yang mengira bahwa cara terbaik untuk mengeringkan Hp adalah dengan membungkusnya lalu di masukkan  ke dalam freezer. Ternyata hal tersebut sangat tidak di anjurkan, karena ketika air nya meleleh justru akan membuat air akan semakin mudah menyebar ke komponen lainnya sehingga menambah masalah menjadi serius.

Demikian beberapa tips mengatasi handphone terkena air cepat agar bisa berjalan normal kembali. Untuk kedepannya berhati-hatilah, jangan sampai  terkena air lagi ya!. Semoga bermafaat dan selamat mencoba.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0