touchscreen - layar sentuh
Photo by Onur Binay on Unsplash
in

Tips Memperbaiki Touchscreen Handphone Rusak dan Penyebabnya

Tips Memperbaiki Touchscreen Handphone Rusak — Pernahkan kalian mengalami touchscreen atau layar sentuh pada HP rusak? Mungkin beberapa orang pernah mengalaminya ya.

Kerusakan pada layar di anggap permasalahan yang cukup fatal, karena memang memiliki fungsi utama untuk mengoperasikan semua perintah di HP. Terlalu sering di pakai dan dengan semakin lama umur HP, membuat touchscreen sering mengalami macet/rusak.

Pemakaian dari pengguna pun sangat berpengaruh besar pada kesehatan touchscreen. Jika memang digunakan dengan tidak baik, maka tidak heran permasalahan ini akan di alami.

Penyebab Touchscreen Handphone Rusak

Adapun beberapa factor yang membuat hal ini terjadi, diantaranya :

  • Layar Touchscreen terkena air.
  • Terkena benturan atau terjatuh hingga layar retak.
  • Tertekan benda yang berat.
  • Faktor sistem yang membuat touchscreen kurang respon.
  • Menggunakan charger yang salah/bukan asli dari handphone.
  • Umur HP yang sudah lama.

Tips Memperbaiki Touchscreen Handphone Rusak

Salah satu cara mengatasinya ya harus ganti LCD, yang di gadang-gadang harganya cukup mahal. Namun sebelum pergi ke tempat perbaikan, ada baiknya kalian coba tips-tips ini terlebih dahulu. Siapa tau bisa berhasil dan normal kembali. Berikut tips mengatasi touchscreen handphone yang rusak versi LiteTekno :

1. Bersihkan Layar HP

Coba kalian bersihkan terlebih dahulu layar HP dengan lap atau tisu. Mungkin saja ada kotoran debu atau minyak menempel yang membuat sentuhan kita terhalang oleh kototan tersebut.

  • Beri sedikit air pada tisu atau lap, lalu bersihkan perlahan pada layar HP.
  • Jika menggunakan tempered glass di usahakan untuk lepas terlebih dahulu. Jika perlu ganti saja dengan yang baru agar lebih bersih.

2. Bersihkan Penggunaan RAM

Kerap terjadi kerusakan pada touchscreen di akibatkan oleh kurang di bersihkannya pengguanaan RAM. Jika RAM penuh, maka tidak menutup kemungkinan untuk touchscreen kurang merespon. Salah satu dampak awal yang di alaminya adalah terjadi bug.

3. Restart HP Sementara

Suhu yang terlalu panas terkadang membuat beberapa HP jadi lemot dan touchscreen kurang respon. Maka cara terbaiknya adalah Restart dulu handphone agar sistem bisa kembali me-refresh.

4. Perhatikan Charger yang di Pakai

Setiap handphone akan di bekali dengan tegangan charger yang berbeda – beda. Maka apabila kalian menggunakan charger bukan original, perhatikan tegangannya dan sesuaikan  dengan charger handphone yang asli.

5.Gunakan Mouse

Selain untuk mengoperasikan laptop atau computer, mouse juga bermanfaat untuk mengoperasikan handphone. Ketika  mouse terhubung dengan HP maka akan muncul tampilan cursor pada layar sehingga bisa untuk di operasikan.

  • Sambungkan kabel mouse ke OTG (On The Go) khusus android.
  • Lalu sambungkan dari OTG ke handphone.
  • Maka akan muncul tampilan cursor, dan kamu bisa mengoperasikannya menggunakan mouse.

Nah itulah beberapa tips dan trik untuk memperbaiki touchscreen HP yang rusak. Hindari beberapa factor yang menyebabkannya dan gunakanlah dengan sebaik mungkin agar tidak kembali bermasalah ya!

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0