tips membersihkan layar ponsel
Photo by Manik Roy on Unsplash
in

Tips Membersihkan Layar Ponsel Yang Benar

Tips Membersihkan Layar Ponsel Yang Benar — Menjadi kebutuhan yang penting saat ini, ponsel sudah menjadi barang yang harus selalu ada di genggaman banyak orang. Tapi banyak juga yang belum menyadari bahwa smarthphone yang kita punya ini ternyata menjadi tempat penyebaran bakteri maupun virus.

Berdasarkan penelitian, ternyata ditemukan kurang lebih 25.000 bakteri yang bersarang pada ponsel. Jika dibandingkan dengan toilet saja, jumlah tersebut sangat jauh. Pasalnya bakteri pada toilet hanya ditemukan 1.200 per inci persegi. Maka bisa dibayangkan jika setiap hari kita memegang ponsel lalu setelahnya dengan tanpa sadar juga menyentuh wajah. Hal ini juga yang melatar belakangi tumbuhnya jerawat di sekitar wajah.

Maka dari itu, penting untuk kita selalu membersihkan layar ponsel, meskipun sudah menjadi hal yang memang akan terjadi suatu bakteri itu akan menempel. Tapi setidaknya, kita sudah mencegah berkembangnya ribuan bakteri dan mengurangi kotornya layar ponsel yang sangat berbahaya jika terus-menerus dibiarkan.

Tips Membersihkan Layar Ponsel Yang Benar

Namun masih banyak ditemui orang yang membersihkan layar ponsel dengan cara yang salah ataupun kurang tepat. Mungkin hal tersebut sepele, tapi jika dilakukan terus menerus bisa saja mengakibatkan suatu kerusakan yang fatal.

Berikut ini LiteTekno sudah merangkum beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membersihkan layar ponsel dengan benar. Simak tips nya di bawah ini:

1. Bersihkan Tangan Terlebih Dahulu

Walaupun kamu akan membersihkan layar ponsel yang sudah dipastikan banyak bakteri, tapi kamu harus tetap membersihkan tangan terlebih dahulu sebelum membersihkan layar ponsel. Ini dimaksudkan agar bakteri tidak semakin terkumpul.

Disarankan juga ketika membersihkan layar, pakailah sarung tangan atau surgery berbahan karet agar tanganmu tidak langsung menyentuh layar ponsel.

2. Matikan Ponsel

Tips kedua yang penting untuk dilakukan adalah, matikan ponsel ketika mulai membersihkan layar. Hal ini bertujuan agar sentuhan ketika membersihkan layar tidak mengakses aplikasi-aplikasi yang ada. Serta juga untuk mencegah kerusakan pada touchscreen.

3. Gunakan Kain Micro-Fiber Dan Cairan Yang Tepat

Hal yang sangat penting diperhatikan selanjutnya. Ketika membersihkan layar ponsel, gunakan kain dan cairan yang tepat. Jangan gunakan kain dengan material kasar seperti tisu ataupun kain kasar lainnya. Ini akan menimbulkan bekas goresan pada layar. Dari berbagai sumber dikatakan, kain yang paling baik digunakan adalah jenis micro-fiber. Kain ini sering digunakan juga untuk membersihkan kacamata.

Dan perhatikan juga cairan yang digunakan. Jangan celupkan kain pada air hingga terlalu basah. Karena mengakibatkan air bisa menyebar ke komponen dalam yang dapat menyebabkan korsleting pada ponsel. Yang paling baik adalah gunakan cairan yang mengandung campuran antara 50% air dan 50% alkohol.

4. Lepaskan Casing Pelindung Ponsel

Banyak hadir model casing ponsel dengan desain hingga tepi layar. Dikatakan hal ini agar menghindari layar tergores atau terbentur sehingga mengurangi terjadinya retak dan pecah.

Namun kekurangannya, akan banyak debu yang terkumpul. Maka bagian ini juga harus diperhatikan untuk dibersihkan serta beberapa aksesoris yang lainnya.

Itulah berikut tips-tips membersihkan layar ponsel yang benar untuk mencegah berkembangnya ribuan bakteri berbahaya. Semoga bermanfaat.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0