cara menggunakan NFC
in

Tips Cara Menggunakan NFC di Smartphone!

Di era modern ini, perusahaan smartphone memang dituntun untuk menghasilkan produk-produk yang semakin memudahkan penggunanya, salah satunya adalah teknologi NFC. Apa itu NFC? Apa kegunaannya dan bagaimana cara menggunakan NFC di smartphone? Berikut adalah jawaban dari pembahasan kali ini.

Apa itu Near Field Communication (NFC)

NFC merupakan konektivitas yang fungsinya untuk menghubungkan dua perangkat dengan cara menempelkan atau mendekatkan dua perangkat tersebut. Pada umumnya, jarak yang diperlukan pada NFC adalah sangat dekat atau bahkan perlu ditempelkan.

Kinerja dari teknologi ini adalah dengan mengirimkan dan menerima gelombang radio. Tapi berbeda dengan bluetooth yang menggunakan elektromagnetik.

Cara Mengaktifkan Fitur NFC

Setelah kamu tahu apa itu NFC, sekarang saatnya belajar untuk mengaktifkan fitur ini pada smartphone kalian. Tetapi pastikan dulu smartphone kalian apakah memiliki fitur dan terdapat komponen untuk NFC atau tidak. Apabila ada, langkah selanjutnya ialah:

  • Masuk ke menu Settings
  • Pilih Connections
  • Lalu scroll ke bawah dan nanti akan muncul pilihan NFC, kemudian aktifkan dengan menggeser posisi ke On.

Cara tercepat mengaktifkan NFC pun bisa dilakukan dengan masuk ke taskbar smartphone dengan cara swipe ke bawah dan cari menu NFC.

Lalu bagaimana bila kita ingin mencoba menggunakan NFC tetapi smartphone tidak memiliki komponen dan fiturnya? Caranya sangatlah mudah, yaitu kamu hanya perlu membeli smartphone baru yang sudah terdapat NFC di dalamnya.

Fungsi dan Kegunaan NFC pada Smartphone

Setelah kalian tahu cara mengaktifkannya, kegunaan dari NFC ialah sebagai berikut.

  • Dapat menyambungkan smartphone ke perangkat lain

Dengan menghubungkan kedua perangkat secara dua arah untuk menerima dan mengirimkan informasi adalah fungsi utama dari NFC. Aktivitas ini pun tidak memerlukan koneksi internet maupun Wi-Fi. Hanya dengan menempelkan kedua perangkat saja sudah bisa mengirimkan atau menerima informasi seperti dokumen, kontak, gambar, video dan juga aplikasi.

  • Dapat digunakan sebagai pembayaran Cashless

Di berbagai tempat perbelanjaan sekarang sudah menerima layanan cashless. NFC merupakan salah satu teknologi yang diperlukan dalam transaksi seperti ini.  Cara untuk penggunaannya adalah dengan menempelkan smartphone ke alat pembayaran khusus cashless dan sistem pembayaran akan otomatis tanpa meminta kode verifikasi atau PIN pembayaran.

  • Dapat mengakses perintah tertentu menggunakan NFC Tag

NFC Tag merupakan sebuah stiker kecil yang mengandung chip NFC. Biasanya memiliki perintah yang berisikan tindakan atau alamat web kepada smartphone. Untuk penggunaannya cukup mudah, dengan menempelkan smartphone pada stiker kecil itu, dan nanti akan langsung muncul perintah kepada smartphone untuk membuka situs yang memuat informasi.

  • Memudahkan dalam mengakses informasi Smart Card

Kemudahan dengan mengakses informasi Smart Card ini bisa dipakai untuk mengisi saldo e-money, seperti kartu e-toll, sekarang sudah bisa dilakukan pengisian secara mandiri melalui smartphone saja.

  • Menandai posisi suatu tempat

Ada pula fitur yang lumayan canggih yaitu dengan membuat tanda atau tagging locationg yang disebut dengan LBS (Location Based Service). Fitur ini bisa menandai posisi atau lokasi tertentu hanya dengan menempelkan NFC Tag khusus.

  • Dapat digunakan sebagai pintu kamar hotel atau mobil

Fitur yang satu ini memudahkan kamu apabila tidak ingin membawa banyak bawaan kartu yang dapat memenuhi kantong, dengan adanya NFC ini, kamu bisa mengakses kartu akses seperti akrtu pintu hotel dengan mudah hanya dengan melakukan tap menggunakan smartphone.

Jadi itulah informasi mengenai NFC dan kegunaannya. Banyak hal yang bisa digunakan melalui NFC yang dapat memudahkan kita dalam berbagai hal di kehidupan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.