Cara Mencharger Handphone Agar Baterai Lebih Awet
Photo by Steve Johnson on Unsplash
in ,

Tips Cara Mencharger Handphone yang Baik dan Benar Agar Baterai Lebih Awet

Cara Mencharger Handphone Agar Baterai Lebih Awet — Seiring dengan perkembangan jaman, Sekarang ini mulai hadir berbagai jenis handphone dengan spesifikasi dan kualitas yang tinggi. Salah satunya pada spesifikasi kapasitas baterai. Semua orang menginginkan handphone dengan baterai yang awet dan tahan lama sehingga banyaklah di cari HP dengan kapasitas baterai yang besar.

Penyebab Baterai Cepat Habis

Namun ternyata spekulasi tersebut kurang tepat. Pasalnya sebesar apapun kapasitas pada baterai, tetap akan mudah habis jika tidak di barengi dengan perawatannya. Termasuk cara bagaimana kita mencharger HP yang baik dan benar serta menghindari berbagai penyebab yang membuat baterai cepat habis.

Berikut adalah penyebab baterai cepat habis versi LiteTekno :

  • Kecerahayan layar yang berlebih.
  • Terlalu banyak aplikasi latar belakang yang belum di selesaikan.
  • Akses internet aktif pada area dengan sinyal yang buruk.
  • Sedang proses Pembaharuan perangkat Lunak.
  • Penggunaan GPS, Wifi dan Bluetooth.
  • Penggunaan Aplikasi yang berat dan menguras daya baterai.

Cara Mencharger Handphone Agar Baterai Lebih Awet

Selain hal-hal tersebut yang harus di hindari, kamu juga perlu melakukan kiat-kiat ini agar baterai lebih awet, diantaranya :

1. Mencharger HP dengan Charger yang Asli

Menggunakan charger yang bukan bawaan dari HP memang tidak terlalu buruk, namun hal tersebut akan berdampak  tidak baik apabila dilakukan berulang – ulang.

Charger asli sudah di rancang sedemikian rupa untuk bisa menyesuaikan dengan HP agar bisa mengisi daya baterai dengan baik.

Karena setiap charger memiliki kinerja berbeda-beda, sehingga perlu di perhatikan terlebih dahulu arus ampere dan voltase-nya yang sesuai dengan charger asli untuk bisa menyesuaikan dengan HP.

2. Jangan Cas HP ketika Baterai Betul-Betul Habis

Hindari ngecas HP ketika sudah benar-benar habis karena ini akan mengakibatkan berkurangnya umur baterai. Dampak yang akan paling dirasakan adalah baterai akan mengalami drop. Jadi hindari mengecas HP ketika baterai sudah 0%. Cara yang terbaik adalah cas ketika daya 30%-40%.

3. Jangan Mengisi Baterai Sampai Full 100%

Hal yang harus di hindari selanjutnya adalah, jangan cas handphone-mu sampai daya baterainya 100%. Pasalnya baterai yang di cas sampai daya 80% lebih baik dibandingkan yang di sengaja hingga terisi full. Justru hal tersebut akan mengurangi tingkat kerusakan pada baterai.

4. Jangan Keseringan Cas Pake Power Bank

Menjadi alternatif di kala jauh dari colokan, Power bank atau sebuah perangkat yang menyimpan energi listrik ini tidak baik jika terus-terusan di pakai untuk mengecas HP lho! Cara yang terbaik untuk mencharger tetaplah harus menyambungkannya langsung ke colokan listrik supaya umur baterai tetap terjaga dan menghindari baterai drop yang di akibatkan power bank abal-abal.

5. Kurangi Kecerahan Layar Ketika Proses Charger

Kecerahan yang berlebih menimbulkan handphone cepat panas apalagi jika arus panas tersebut tidak keluar karena terhambat oleh pelindung seperti softcase atau hardcase. Hal ini tentu akan membuat proses pengisian baterai yang lebih lama dan ketika di pakai pun akan cepat habis.

Jadi mulai sekarang lebih perhatikanlah cara perawatan baterainya ya! Supaya lebih awet dan tidak cepat habis. Jangan lupa juga untuk menghindari berbagai penyebabnya agar baterai tidak mudah rusak dan tetap menjaga umur dari baterai tersebut. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.