Spesifikasi iPhone XR
in

Spesifikasi iPhone XR: Kelebihan dan Kekurangannya

Saat ini, spesifikasi iPhone XR menjadi salah satu topik yang banyak dicari oleh para pecinta iPhone. Pasalnya, baru-baru ini harga iPhone XR mengalami sedikit penurunan karena munculnya seri-seri lain dari smartphone berlogo apel ini. 

Meskipun penurunan harganya tidak terlalu drastis, tapi hal ini ternyata berhasil menyita perhatian publik yang sudah lama mengincar XR. Selain itu, smartphone ini bisa dikatakan masih cukup unggul digunakan pada tahun 2022 ini. Hal ini berkat fitur-fitur canggih yang dimilikinya. Agar lebih yakin, mari simak spesifikasi, kelebihan, serta kekurangan dari ponsel ini.

Spesifikasi iPhone XR

  • Nama produk: Apple iPhone XR 
  • Rilis: 26 Oktober 2018
  • Berat: 194 g
  • Material: bagian depan dan belakang dilapisi Gorilla Glass, bagian frame menggunakan alumunium 7000 series
  • Jenis dan Ukuran Layar: Liquid Retina IPS LCD, 6,1 inci dengan rasio ~79,0%
  • Prosesor: Hexa-core (2×2,5 GHz Vortex + 4×1,6 GHz Tempest)
  • RAM: 3 GB
  • Memori Internal: 64 GB dan 128 GB
  • Memori Belakang: 12 MP (f/1,8 lensa wide 28 mm, PDAF, OIS, Quad-LED dual-tone flash, HDR)
  • Kamera Depan: 7 MP (f/2,2 SL 3D depth/biometric sensor, HDR)
  • Bluetooth: 5.0, A2DP, LE
  • USB: Lighting, USB 2.0
  • Sensor: Face ID, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, dan Siri natural language commands and dictation
  • Baterai: 2.942 mAh (fast charging 15 W)

Kelebihan iPhone XR

Spesifikasi iPhone XR

Meskipun sudah tertinggal beberapa generasi, iPhone XR ternyata masih memiliki banyak penggemar. Tentunya, selain karena memiliki brand yang terkenal high class, alasan lainnya yang menjadikan smartphone ini yaitu kelebihan dari spesifikasi iPhone XR yang ditawarkannya. Berikut adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh iPhone XR.

1. Varian Warna yang Cantik

iPhone XR memang cukup mumpuni untuk memenuhi kebutuhan lifestyle. Pasalnya, smartphone ini hadir dengan 6 pilihan warna yang cantik, diantaranya yaitu Red, kuning, biru, koral, serta warna netral seperti hitam dan putih.

Banyaknya pilihan warna tersebut memberikan kesempatan untuk Anda agar bisa memilih warna mana yang paling sesuai dengan gaya yang Anda miliki. Selain itu, pilihan warna tersebut juga tidak terlalu mencolok tapi terlihat eye catching.

2. Fitur Keamanan Mumpuni

Mungkin beberapa orang belum mengetahui jika iPhone sudah mengalihkan sistem keamanannya dari Touch ID menjadi Face ID. Fitur ini menjaga keamanan HP melalui wajah penggunanya. Hal ini terjadi berkat adanya sinar infrared sehingga Anda akan lebih mudah saat membuka kunci smartphone tersebut.  

Sinar infra merah ini disematkan pada poni bagian depan sehingga keamanan iPhone XR ini akan terproteksi dengan baik. Selain itu, ponsel ini juga tidak akan mudah dibuka sembarangan oleh orang lain menggunakan foto wajah ataupun ketika Anda sedang tidur. 

3. Chipset Powerful

Sama dengan pendahulunya yaitu iPhone X series, iPhone XR juga dibekali dengan dapur pacu A12 Bionic. Dengan kemampuan fabrikasi 7nm yang dimilikinya, otak dari smartphone ini tidak hanya memberikan performa powerfull tetapi juga hemat daya.

Selain itu, kombinasi Apple A12 Bionic dengan Apple GPU, mampu membuat iPhone XR menghajar berbagai game 3D dengan lancar. Tentunya, HP ini juga sangat bersahabat dengan Anda yang suka scrolling sosial media seharian.

4. Kamera Andal

Kamera merupakan salah satu spesifikasi iPhone XR yang seringkali disorot. Pasalnya, HP ini cukup terkenal dengan kualitas jepretannya yang oke. Dengan konfigurasi single camera, iPhone XR mampu mendapatkan skor 104 untuk foto dan 96 di DxOMark. 

Dalam pengambilan foto, smartphone ini mampu menghasilkan gambar dengan warna, eksposur, dan detail yang mendekati flagship di masa itu yakni iPhone XS. Tidak hanya itu, hasil tangkapan video yang dihasilkan pun cukup keren.

Dengan lensa tunggal yang dimilikinya, ponsel ini mampu menghasilkan tangkapan dengan dynamic range yang cukup baik pada segala kondisi cahaya. Hasil videonya pun cukup stabil dan tidak goyang-goyang. Hal ini berkat stabilizer yang mumpuni dari iPhone XR tersebut.

5. Baterai Tahan Lama

Salah satu hal yang membuat smartphone ini cukup mencolok diantara yang lainnya ialah daya tahan baterainya yang cukup bandel. Bahkan, Apple sendiri mengatakan jika iPhone XR ini mampu bertahan 90 menit lebih lama dari pendahulunya yaitu iPhone 8 Plus yang memiliki ketahanan baterai sekitar 14-15 jam.

Meskipun saat ini harganya lebih terjangkau dibanding beberapa seri lainnya, Apple tetap menyematkan fitur wireless charging ada smartphone ini. Dengan spesifikasi iPhone XR ini, Anda bisa mengisi daya tanpa perlu menggunakan kabel. Selain itu, proses pengisian daya pun akan berlangsung lebih singkat berkat fast charging 15 Watt yang dimilikinya. 

6. Aman dari Air dan Debu

Untuk yang hobi membawa smartphone ke kamar mandi, sambil berenang, atau ke tempat-tempat basah lainnya, iPhone XR ini sudah pasti bersahabat dengan Anda. Pasalnya, smartphone ini sudah mengantongi sertifikasi IP67 yang merupakan sebuah bukti jika device dari ponsel tersebut tahan dengan air dan debu.

Untuk iPhone XR sendiri, ia mampu bertahan di dalam air dengan kedalam 1 meter selama 30 menit. Selain itu, ponsel ini juga akan terlindung dari debu dan kotoran yang dapat masuk ke device.

7. iPhone Resmi dengan Harga Paling Terjangkau

Bagi Anda yang ingin berganti dari pengguna Android menjadi pengguna Apple, tentu ini merupakan sebuah kabar yang cukup membahagiakan. Pasalnya, saat ini iPhone XR merupakan ponsel besutan Apple dengan harga termurah dan sudah menggunakan desain yang serupa dengan flagship-nya. 

Saat ini, harga iPhone XR ini dijual mulai dari Rp7 jutaan saja dengan semua fitur-fitur canggih yang dibawanya. Jika dibanding dengan iPhone SE 2020, ponsel ini masih terbilang unggul dalam sektor baterai dan performa. 

Kekurangan iPhone XR

Selain memiliki kelebihan, spesifikasi iPhone XR juga memiliki beberapa kekurangan. Beberapa kekurangan ini bisa dijadikan sebagai pertimbangan agar Anda benar-benar yakin untuk membelinya. Berikut adalah beberapa kekurangan dari iPhone XR yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Tidak Memiliki Lensa Ultra Wide

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ponsel ini hanya dilengkapi dengan single camera. Meskipun hasil tangkapannya tidak buruk, tapi tetap saja hilangnya lensa ultra wide ini dinilai sebagai kekurangan dari spesifikasi iPhone XR.

Terlebih jika kita membandingkannya dengan beberapa ponsel Android yang sudah dilengkapi lensa ultra wide padahal harganya jauh lebih terjangkau. Rata-rata mereka sudah menggunakan konfigurasi kamera 4-5 lensa. Namun, kekurangan ini tetap kembali lagi pada kebutuhan masing-masing.

2. Tidak Dilengkapi Charger

Kekurangan lainnya dari smartphone ini ialah tidak dilengkapi dengan charger dalam paket penjualannya. Tentu ini menjadi sebuah kekurangan karena kita harus membeli charger sendiri secara terpisah. Terlebih jika dibandingkan beberapa smartphone lain yang sudah terjual lengkap dengan charger.

3. Masih Menggunakan Panel LCD

Jika dibandingkan dengan ponsel flagship atau Android dengan rentang harga yang sama, layar dari iPhone XR ini masih menggunakan layar LCD. Kekurangan ini tentu sangat berdampak pada beberapa orang yang sudah dimanjakan oleh ponsel lain dengan panel yang lebih baik.

Pasalnya, kualitas gambar yang diberikan oleh panel LCD masih berada di bawah panel LED. Selain itu, penggunaan LCD juga menyebabkan bezel yang tebal pada layar. Tentunya ini menjadi spesifikasi iPhone XR yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membelinya. 

Nah, itu dia spesifikasi iPhone XR yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membelinya. Bagaimana, masih tertarik dengan iPhone XR ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published.