Aplikasi Screen recorder Windows
in

10 Aplikasi Screen recorder Windows 10 Terbaik 2022

Aplikasi screen recorder Windows 10 biasanya banyak dibutuhkan oleh kalangan Youtuber, terutama mereka yang membuat konten gaming. Aplikasi ini dibutuhkan untuk membantu merekam aktivitas pada layar laptop untuk dibagikan ke kanal YouTube mereka. 

Dengan menggunakan aplikasi perekam layar, penonton bisa lebih mudah dalam memahami apa yang ingin ditunjukan oleh kreator. Selain itu, biasanya aplikasi tersebut juga sangat membantu untuk melakukan live streaming

10 Rekomendasi Aplikasi Screen recorder Windows 10 Terbaik 2022

Dari sekian banyaknya aplikasi screen recorder, ada beberapa aplikasi yang sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang mumpuni. Fitur tersebut sangat berguna untuk membantu meningkatkan kualitas rekaman dari video yang Anda buat. Nah, di bawah ini telah kami rangkum 10 rekomendasi aplikasi screen recorder Windows 10 terbaik yang bisa Anda gunakan. 

1. Bandicam

Aplikasi Screen recorder Windows

Rekomendasi screen recorder Windows 10 ini akan kami mulai dari Bandicam. Aplikasi screen recorder ini hanya bisa digunakan pada sistem operasi Windows saja sehingga Linux, Mac, atau sistem operasi lainnya tidak dapat menggunakan aplikasi ini.

Bandicam bisa menyimpan hasil rekaman dalam berbagai pilihan format, seperti AVI, MP4, atau ke dalam file gambar. Aplikasi ini tersedia dalam dua versi, yaitu registered dan unregistered. Masing-masing versi tersebut memiliki perbedaan. Tentunya jika ingin menikmati versi yang lengkap, maka disarankan untuk menggunakan versi registered.

Dalam versi tersebut, tidak ada batasan waktu untuk merekam video. Selain itu, tampilan video yang direkam pun tidak akan terganggu dengan watermark.  Menariknya, Bandicam mendukung pengguna untuk memilih area mana yang akan direkam. 

Karenanya, Anda bisa mengatur akan merekam seluruh bagian layar atau hanya bagian tertentu saja. Selain itu, saat menggunakan aplikasi ini kita dapat menggambar saat rekaman layar sedang berlangsung dan menambahkan overlay webcam ke video tersebut.

2. Free Screen Video Recorder

Aplikasi Screen recorder Windows

Dari namanya saja, kita akan langsung tahu jika aplikasi screen recorder Windows 10 ini bisa digunakan secara gratis. Tidak hanya di Windows 10, aplikasi ini juga bisa dijalankan pada tipe Windows yang lainnya seperti Windows XP, Windows Vista, Windows 7 dan Windows 8.

Free Screen Video Recorder memiliki beberapa fitur unggulan seperti merekam aktivitas layar dan audio dari mikrofon eksternal. Selain itu, Anda juga bisa memotong gambar yang diambil dari screencast, rotasi, hingga resize video tersebut. 

Untuk memperjelas bagian tertentu pada rekaman layar yang diambil, Anda bisa memberikan highlight kursor. Menariknya, meskipun aplikasi ini gratis tapi tidak memiliki adware atau spyware sehingga aman saat digunakan.

3. Filmora Scrn

Aplikasi Screen recorder Windows

Siapa yang tidak kenal dengan Filmora? Ini merupakan brand aplikasi yang sangat terkenal dengan produk-produknya yang user friendly. Dengan menggunakan Filmora, editor pemula sekalipun bisa membuat editan video layaknya editor andal. 

Menggunakan Filmora, Anda dapat merekam layar sekaligus merekam diri Anda menggunakan webcam. Karena itu, aplikasi ini banyak digunakan oleh para Youtuber gamers. Selain itu, Filmora Scrn juga telah dilengkapi dengan berbagai efek dan template yang sangat cocok bagi para kreator video gaming.  

Namun, tidak hanya bersahabat dengan para gamers karena aplikasi ini juga memiliki beberapa fitur lainnya yang bisa dimanfaatkan oleh kreator umum.

4. Ezvid

Aplikasi Screen recorder Windows

Ezvid merupakan aplikasi screen recorder Windows 10 yang memiliki tampilan interface sederhana dan tidak jauh dari tampilan Filmora Scrn. Selain pada Windows 10, aplikasi ini bahkan masih bisa digunakan untuk sistem operasi Windows XP. 

Aplikasi ini mendukung berbagai format file audio dan video. File yang telah diimport selanjutnya akan dioptimasi secara otomatis agar lebih nyaman untuk ditonton oleh viewers YouTube. Saat menggunakan Ezvid, Anda bisa menikmati berbagai pilihan fitur yang cukup lengkap. 

Mulai dari undo, redo, mempercepat playback, menambah teks, hingga memberi panah pada video. Selain itu, Anda juga bisa mengisi audio langsung ke video sehingga video akan terkesan lebih real.

5. TinyTake

Aplikasi Screen recorder Windows

Rekomendasi aplikasi screen recorder Windows 10 berikutnya yaitu TinyTake. Dibanding beberapa aplikasi lainnya, TinyTake memiliki ukuran paling kecil yaitu hanya sekitar 50 MB saja. Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis dan mudah. 

TinyTake memiliki beberapa fitur yang menarik, salah satunya yaitu merekam layar pada bagian tertentu saja sesuai yang diinginkan. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengambil screenshot dan merekam layar dengan durasi hingga 2 jam lamanya.

Tampilan antarmuka yang dimiliki TinyTake hampir mirip dengan Microsoft Office sehingga sangat mudah untuk digunakan dan dipahami. Anda bisa menambahkan panah, teks, atau garis pada video dengan mudah. Selain itu, Anda bisa menyimpannya langsung ke Cloud atau langsung mengunggahnya ke YouTube. 

6. OBS Studio

Aplikasi Screen recorder Windows

OBS Studio merupakan sebuah aplikasi screen recorder Windows 10 yang bisa Anda nikmati secara gratis. Aplikasi ini sangat akrab dengan para gamers, karena banyak diantara mereka yang menggunakan OBS Studio untuk live broadcast di YouTube ataupun di Twitch.

Aplikasi ini memiliki sifat open source sehingga dapat digunakan pada berbagai sistem operasi seperti Linux, MacOS, dan Windows. Aplikasi ini mampu merekam layar dengan resolusi yang tinggi. 

Tidak hanya itu, Anda juga bisa merekam layar sepuasnya tanpa batasan waktu tertentu.OBS Studio juga menyediakan fitur untuk mengatur suara pada video yang baru saja direkam. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan video dengan suara yang lebih jernih dan bagus.

7. Windows 10’s Built-in Game Bar

Aplikasi Screen recorder Windows

Aplikasi screen recorder yang satu ini sangat cocok bagi pengguna Windows 10. Pasalnya, Anda tidak perlu mengunduh aplikasi lain. Windows 10 telah memiliki fitur bawaan yang bernama game bar. Fitur ini bisa Anda gunakan untuk merekam layar laptop tanpa membutuhkan aplikasi tambahan.

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini berfungsi untuk memonitor jalannya game di PC. Untuk bisa memunculkan fitur game bar ini, Anda tinggal menekan Windows + G. Selanjutnya, akan ada beberapa jendela yang menampilkan informasi GPU, FPS, RAM, dan CPU. Selain itu, Anda juga dapat menggunakannya untuk screenshot atau menonaktifkan mikrofon. 

8. ShareX

Aplikasi Screen recorder Windows

Aplikasi screen recorder lainnya yang bisa dijalankan dalam sistem operasi Windows 10 ialah Share X. Aplikasi ini juga bersifat open source sehingga bisa dijalankan diberbagai sistem operasi lainnya selain Windows. Aplikasi ini bebas dari iklan sehingga kita tidak akan terganggu saat menggunakannya. 

ShareX bisa digunakan untuk merekam layar pada bagian tertentu yang kita inginkan dengan bentuk yang unik, seperti elips, persegi panjang, atau bentuk lainnya yang kita kehendaki. Anda juga bisa menambahkan efek gambar dan watermark pada video tersebut untuk menghindari pencurian konten video yang Anda buat.

Jika sudah selesai merekam, Anda bisa membagikan hasil video tersebut langsung ke YouTube, One Drive, Google Drive, atau media lainnya. Sayangnya, aplikasi ini masih belum mendukung fitur editor video dan rekaman webcam. 

9. Icecream Screen recorder

Aplikasi Screen recorder Windows

Mirip dengan OBS Studio, Icecream Screen recorder juga bisa digunakan di berbagai sistem operasi seperti Linux, MacOS, Windows, hingga Android. Selain itu, aplikasi ini bisa digunakan secara gratis. Dengan aplikasi ini, Anda bisa merekam layar dan menyimpannya sebagai screenshot.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa merekam audio dan webcam dalam waktu yang bersamaan. Jika Anda membutuhkan aplikasi gratis yang mendukung live streaming, maka Icecream Screen recorder juga bisa diandalkan. Untuk menikmati versi yang lebih lengkap, Anda bisa menggunakan versi pro yang berbayar.

10. CamStudio

Aplikasi Screen recorder Windows

CamStudio merupakan aplikasi screen recorder Windows 10 yang memiliki sifat open source, artinya bisa digunakan oleh sistem operasi lainya. Aplikasi ini dapat merekam seluruh bagian layar dan menyimpannya dalam format SWF dan AVI. Anda juga bisa menambahkan teks ke dalam video rekaman tersebut.

Di samping itu, aplikasi CamStudio juga memberikan fitur codec lossless yang bisa diandalkan untuk menghasilkan kualitas rekaman tinggi dengan ukuran file yang terbilang kecil. Menariknya, Anda tidak perlu membayar untuk menikmati versi pro. Cukup menggunakan file bantuan bawaan dari aplikasi CamStudio. 

Demikian beberapa rekomendasi aplikasi screen recorder Windows 10 terbaik 2022 versi kami. Anda bisa memilih salah satu dengan kelengkapan fitur yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.