Rekomendasi Mobil Listrik
in

BBM Naik, 5 Rekomendasi Mobil Listrik Ini Boleh Dilirik

Saat ini banyak orang yang mencari rekomendasi mobil listrik terbaik sebagai kendaraannya. Bagaimana tidak? Baru-baru ini beberapa perusahaan otomotif tengah merilis mobil listrik terbaiknya. Pasalnya, penggunaan mobil listrik ini dianggap lebih hemat dan ramah lingkungan. 

Mobil listrik juga dianggap unik karena rata-rata desainnya dibuat lebih futuristik. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan coba bagikan beberapa pilihan mobil listrik terbaik yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

Rekomendasi Mobil Listrik Terbaik, Hemat dan Ramah Lingkungan 

Kenaikan harga BBM membuat sebagian besar orang mengalihkan pandangannya pada mobil listrik. Selain dianggap hemat, mobil ini juga dianggap lebih ramah lingkungan. Nah, di bawah ini ada sederet rekomendasi mobil listrik terbaik yang mungkin cocok untuk Anda. 

1. Hyundai Kona Electric

Rekomendasi Mobil Listrik

Rekomendasi mobil listrik pertama yang bisa Anda pilih ialah Hyundai Kona Electric. Mobil ini memiliki desain yang apik dengan detail bodywork dan grill. Mobil ini menggunakan baterai jenis lithium-ion polymer dengan kapasitas 39,2 kWh.  

Untuk mendukung kenyaman pengendara, mobil ini telah dilengkapi dengan fitur fast charging sehingga Anda hanya membutuhkan waktu 75 menit saja untuk mengisi daya hingga 80%. Untuk harganya sendiri, mobil ini bisa Anda miliki dengan harga Rp699 juta.

2. Nissan Kicks e-Power

Rekomendasi Mobil Listrik

Nissan Kicks e-Power telah mengaspal di Tanah Air sejak tahun 2020 lalu dan dirilis dengan harga Rp432 juta. Menariknya, saat menggunakan mobil ini Anda tidak perlu repot-repot membuat alat pengisian baterai di rumah. 

Pasalnya, telah terpasang teknologi e-power sehingga baterai yang tertanam pada Kicks bisa terisi secara otomatis menggunakan bantuan mesin bensin berkapasitas kecil. Itulah fungsi dari knalpot yang ada pada bagian belakang Kicks, sama seperti pada mobil dengan teknologi hybrid lainnya. 

Selain itu, mobil ini hanya dilengkapi dengan satu pedal gas saja sehingga tidak membuat pengendara ribet saat berkendara di jalan macet dan berliku. 

3. Hyundai Ioniq Electric

Rekomendasi Mobil Listrik

Hyundai Ioniq Electric pertama kali diluncurkan di Tanah Air pada akhir tahun 2020 lalu. Mobil asal pabrikan Korea Selatan ini dilengkapi dengan teknologi yang ramah lingkungan dan memiliki jarak tempuh sekitar 373 km. 

Jika slow charging, mobil ini membutuhkan waktu sekitar 6-7 jam hingga terisi full. Sementara itu, dengan fast charging 100 kWh mobil ini hanya membutuhkan waktu sekitar 57 menit saja hingga terisi penuh. 

Namun, jika ingin menggunakan fast charging tentu dibutuhkan daya listrik yang lebih besar. Untuk harganya sendiri, Hyundai Ioniq Electric ditawarkan dengan harga Rp637 juta untuk tipe prime dan Rp677 juta untuk tipe signature OTR Jakarta.

4. Wuling E100

Rekomendasi Mobil Listrik

Rekomendasi mobil listrik berikutnya yaitu Wuling E100. Kabarnya, mobil ini memiliki performa yang hampir sama dengan mobil konvensional lainnya. Wuling E100 menggunakan baterai Lithium 220 volt yang diklaim mampu menempuh jarak hingga 200 km. 

Selain itu, Wuling E100 juga telah dilengkapi dengan berbagai teknologi dan fitur canggih. Beberapa diantaranya seperti layar kontrol 7 inci, 3 Drive Mode dan masih banyak lagi. Untuk harganya sendiri cukup murah dibanding dengan beberapa rekomendasi sebelumnya, yaitu hanya sekitar Rp71 jutaan saja. 

5. Wuling EV Air

Rekomendasi Mobil Listrik

Selain Wulling E100, Wuling EV Air juga tidak kalah gahar untuk dimiliki. Mobil ini memiliki dua varian yang bisa Anda pilih, yaitu standar dan Long Range. Khusus untuk varinan Long Range, akan dilengkapi dengan fitur tambahan seperti Integrated Floating Widescreen menggunakan layar meter cluster sebesar 10,25 inci dan layar head unit dengan ukuran yang sama.

Selain itu, terdapat juga fitur lainnya seperti keyless entry, synthetic leather seat, Smart Start System, serta Extended Horizon LED DRL. Sementara itu, untuk fitur keamanannya telah dilengkapi dengan dua airbag, sistem pengereman rem cakram pada roda depan dan belakang, ABS, EBD, TPMS, Sound Module for pedestrian Warning serta ISOFIX. 

Dilihat dari segi performa dan kapasitas baterainya, Wuling EV Air mengusung motor listrik dengan daya maksimal 30 kWh. Dengan baterai lithium ferro-phosphate (LFP) berkapasitas 17,3 kWh, membuat mobil ini mampu menempuh jarak hingga 200 km untuk tipe standar. 

Sementara itu, untuk tipe Long Range dilengkapi dengan kapasitas baterai sebesar 26,7 kWh sehingga mampu menempuh jarak hingga 300 kilometer jika dalam keadaan full.  Untuk harganya sendiri, Anda bisa memiliki Wuling EV Air ini dengan harga Rp238 juta (standar) dan Rp295 juta untuk versi Long Range. 

Nah, itu dia beberapa rekomendasi mobil listrik terbaik yang bisa Anda miliki. Kabarnya, jika diikuti dengan harga yang lebih ramah, mobil ini akan segera menggantikan posisi mobil yang masih menggunakan bahan bakar minyak bumi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.