Penyebab dan Tips mengatasi laptop no bootable device atau gagal booting
Photo by Erick Cerritos on Unsplash
in

Tips Mengatasi Laptop No Bootable Device

Penyebab dan Tips Mengatasi Laptop No Bootable Device atau Gagal Booting

Tips Mengatasi Laptop No Bootable Device atau Gagal Booting Teknologi canggih dan efisien, Laptop menjadi alternatif terbaik pengganti computer saat ini. Pasalnya Komputer dan Laptop hampir memiliki fitur yang sama. Namun laptop lebih mudah dan praktis untuk dibawa kemana-mana karena tak harus selalu terhubung dengan listrik atau lebih sederhananya, menggunakan sistem baterai. Akan tetapi, di balik kemudahannya laptop juga mempunyai sisi negatif, yaitu suka mengalami kerusakan yang mungkin kurang bisa di fahami oleh manusia karena menggunakan bahasa asing. Terlebih untuk kita yang sehari-hari menggunakan bahasa Indonesia dan mungkin belum menguasai bahasa yang di tampilkan oleh laptop itu sendiri. Salah satu contoh yang akan di bahas kali ini adalah kerusakan yang di akibatkan gagal Booting pada Laptop atau terdapat tulisan No Bootable Device ketika laptop dinyalalakan.

Penyebab Gagal Booting pada Laptop

Umumnya kesalahan ini disebabkan oleh laptop atau Windows yang gagal menemukan perangkat yang akan di boot. Booting sendiri merupakan sebuah proses loading awal yang bertujuan untuk memeriksa hadware atau software sebelum laptop digunakan. Tentunya ini adalah hal yang sangat penting sekali untuk laptop, jika ada kesalahan maka jelas laptop tidak akan menyala atau tidak akan berfungsi seperti biasanya. Beberapa penyebab yang sering mengakibatkan terjadinya gagal boting pada laptop :

1. Kesalahan dalam Pengaturan BIOS

BIOS merupakan perangkat firmware, yang berfungsi untuk inisialisai perangkat keras saat kita akan menjalankan PC bukan hanya itu saja BIOS juga berfungsi untuk mengatur fungsi hardware di dalam laptop. Jika terjadi kesalahan dalam pengaturannya sudah pasti laptop pun akan mengalami kesalahan yakni gagal booting atau No Bootable Device.

2. Adanya Virus Berbahaya di dalam Laptop

Sering digunakan untuk transfer data, terkadang kita kurang teliti dalam memfilter data-data yang akan diterima. Ini menjadi factor masuknya virus ke dalam laptop. Virus bisa menyebabkan gangguan serius pada perangkat laptop sehingga tidak jarang gagal booting ini juga terjadi disebabkan virus berbahaya tersebut.

3. Tidak Mencharger Baterai

Penyebab lain yang di alami orang banyak lainnya adalah karena tidak men charger laptop padahal baterainya sudah 0% dan itu dibiarkan lama sehingga ketika akan dinyalakan terjadilah No Bootable Device ini.

Setelah kalian mengetahui penyebab laptop kalian  No Bootable Device kalian bisa gunakan tips dan trik yang kami bagikan ini jadi silahkan simak dan jangan lewatkan satu langkahpun.

Tips dan Trik untuk Mengatasi No Bootable Device Pada Laptop

  1. Nyalakan laptop dan biarkan layar dengan tulisan No Bootable Device ini tetap menyala. Jika ketika di tekan tombol power laptop tidak menyala, maka sambungkan dengan charger, sambil mengisi daya.
  2. Tekan secara bersamaan CTRL + ALT + Del pada keyboard untuk melakukan restart.
  3. Lepaskan secara bersamaan, lalu tekan F2 berkali-kali untuk masuk ke pengaturan BIOS.
  4. Jika sudah masuk, arahkan pada tab
  5. Ubah pengaturan dari F12 Boot Menu dengan mengubah menjadi Enable, lalu
  6. Selanjutnya, arahkan pada tab
  7. Ubah pengaturan Boot Mode menjadi Legacy, lalu
  8. Setelah selesai tekan F10 untuk menyimpan settingan, klik Ok, lalu Enter.
  9. Laptop akan memulai proses booting dan bisa digunakan normal kembali.

Demikian cara mengatasi gagal booting atau No Bootable Device pada Laptop. Kali ini kamu gak usah panik lagi dan terburu-buru menghubungi tukang servis. Cara ini bisa dilakukan dengan mudah dan tentunya menghemat biaya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat jangan lupa tunggu konten kita selanjutnya hanya di Litekno.com.

 

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0