Payment gateway
in

Yuk, Berkenalan Dengan Payment gateway Lebih Dekat!

Payment gateway adalah salah satu bidang fintech yang sangat populer. Di Indonesia, ada berbagai bidang fintech yang telah berkembang dengan pesat dan salah satunya adalah payment gateway. Sistem ini mengandalkan koneksi internet dalam penggunaannya.

Sistem transaksi online yang mengotorisasi proses pembayaran, baik pembayaran yang melalui kartu kredit, transfer bank atau pembayaran langsung yang lainnya. Secara singkatnya adalah bidang fintech yang menjadi jembatan antara konsumen dengan penjual untuk memudahkan para pebisnis dan juga para klien dalam melakukan transaksi.

Pengertian Payment gateway

Payment gateway adalah istilah bahasa Inggris yang berasal dari kata payment, artinya pembayaran dan gateway yang artinya gerbang. Jika kedua istilah tersebut digabungkan maka artinya akan menjadi gerbang pembayaran. Teknologi ini mampu membuat seluruh bisnis menerima transaksi pembayaran dari berbagai tempat tanpa batas waktu dengan memanfaatkan internet. 

Jadi, pengertian payment gateway adalah suatu metode pembayaran yang mampu membantu para penjual dan juga pembeli dalam melakukan transaksi secara online. Payment gateway juga mampu membantu setiap toko online dalam proses pembayaran agar berjalan secara baik dan juga lancar.

Dalam hal ini, bentuk dari payment gateway bisa berbentuk transper bank, kartu kredit, virtual account, debit, e-wallet atau di gerai-gerai minimarket sekitar. Dalam proses pelaksanaannya, sistem pembayaran ini akan memperlihatkan seluruh informasi penting dari pihak pembeli, toko online Anda dan juga bank. 

Sistem Keamanan Payment gateway

Payment gateway

Tidak perlu khawatir dalam penggunaan sistem pembayaran payment gateway, karena sistem keamanannya sangatlah ketat. Berikut ini ada beberapa sistem keamanan yang terdapat dalam suatu payment gateway.

1. Addres Verification System

Sistem pertama yang terdapat dalam payment gateway adalah addres verification. Dimana dengan adanya sistem ini seluruh rincian tagihan dari setiap pelanggan akan diperiksa. Kemudian tagihan tersebut akan disesuaikan dengan alamat kartu yang terdaftar secara resmi. Dengan begitu para penggunanya tidak perlu merasa khawatir terjadi kesalahan ketika ada tagihan.

2. Card Security Code

Pada sistem kedua ini setiap kegiatan transaksi hanya akan diproses jika Anda mempunyai tiga angka terakhir pada nomer kartu kredit atau kartu debit yang dimiliki. Sistem ini akan membuat transaksi hanya bisa diproses jika diselesaikan melalui alamat penagihan yang terdaftar.

3. 3D Secure Password

Sistem yang terakhir akan membuat setiap penggunanya selalu diminta memasukan password yang aman saat akan melakukan sebuah transaksi online. Hal ini dikarenakan payment gateway memiliki sistem keamanan berlapis. Tujuannya yaitu untuk memastikan hanya pemilik alamat penagihan yang bisa melakuka transaksi tersebut.

Sejarah Singkat Pengembangan Metode Payment gateway

Di era perkembangan zaman yang sudah serba teknologi seperti saat ini, semua orang pastinya telah merasakan imbas postifinya. Hal ini terjadi karena perkembangan teknologi yang sangat pesat tidak dilakukan pada satu bidang tertentu saja. Namun, terjadi pada bidang lainnya juga, salah satunya pada bidang bisnis.

Pada dasarnya teknologi memang telah diciptakan dan dikembangkan agar dapat membantu pekerjaan manusia, sama halnya dengan adanya teknologi payment gateway ini. Hal tersebut dimulai ketika mulai adanya sistem belanja secara online di Indonesia. 

Sangat banyak sekali website besar muncul dimana-mana dengan daya saing yang semakin ketat antar yang satu dengan yang lainnya. Ditambah dengan berbagai tawaran yang menarik, seperti gratis ongkos kirim, produk gratis dan juga potongan harga secara besar-besaran dengan tujuan untuk menarik perhatian calon konsumen. 

Kegiatan jual beli secara online yang saat ini telah menjadi sebuah tren di kalangan masyarakat, karena terbukanya peluang untuk calon pembeli dalam membandingkan harga secara lebih cepat dan juga lebih mudah.

Selain itu, bagi para konsumen jika membeli produk secara online biasanya mampu mendapatkan berbagai variasi produk yang sangat menarik dan unik, bahkan sulit jika ditemukan ketika berbelanja secara offline atau belanja di toko-toko besar. 

Hal itulah yang menjadikan perubahan pola bisnis ini menjadi peluang yang sangat besar untuk menarik perhatian konsumen bagi Anda yang akan menjalankan sebuah bisnis secara online.

Oleh sebab itu, kenapa pada saat ini adanya payment gateway. Sistem pembayaran payment gateway ini memang sangat jarang sekali terdengar pada sepuluh tahun ke belakang. Namun, saat ini payment gateway memiliki peran yang sangat penting mengingat banyaknya perkembangan situs belanja secara online dengan memanfaatkan internet.

Cara Kerja Payment gateway

Payment gateway

Setelah mengetahui pengertian payment gateway, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara kerjaya. Di bawah ini akan dijelaskan bagaimana cara kerja payment gateway melalui e-commerce.

1. Konsumen Melakukan Transaksi

Cara kerja yang pertama dari payment gateway adalah konsumen e-commerce melakukan window shopping terlebih dahulu. Kemudian, memutuskan untuk membeli suatu produk sehingga akan muncul opsi pembayaran. 

Opsi pembayaran yang tersedia salah satunya yaitu payment gateway. Pembayaran dengan menggunakan metode ini dapat menjadi salah satu opsi atau terpasang otomatis saat nantinya konsumen akan membayar. 

2. Penerusan Informasi Payment gateway Ke Prossesor Pembayaran

Cara kerja yang kedua dari payment gateway adalah dengan meneruskan informasi dari langkah pertama, yang diketahui oleh koneksi sumber payment gateway kepada para pelaku proses pembayaran yang dipilih oleh konsumen. 

Misalnya, konsumen memilih transaksi pembayaran melalui bank. Maka, payment gateway akan menyampaikan informasi ke bank tersebut secara otomatis. 

3. Informasi Diterima Oleh Asosiasi Penerbit

Selanjutnya, pelaku prosesor pembayaran akan menyampaikan informasi terjadinya payment gateway kepada asosiasi penerbit kartu, contohnya visa atau Mastercard. Selain berdasarkan kedua hal tersebut, payment gateway juga dapat menghubungkan ke bank-bank yang telah bekerja sama dengan payment gateway yang bersangkutan.

4. Pemberian Kode Khusus

Selanjutnya, asosiasi penerbit akan memberikan balasan yang berupa kode khusus ke prosesor pembayaran. Kode khusus tersebut sifatnya mirip dengan OTP, akan tetapi hanya dapat diketahui oleh penerbit kartu dan juga prosesor payment gateway.

5. Keberhasilan Transaksi

Cara kerja yang terakhir dari payment gateway adalah ketika telah menerima kode pembayaran dan telah dikonfirmasi, payment gateway akan mengubah status pembayarn kosumen menjadi lunas secara otomatis. Setelah itu, payment gateway akan meneruskan informasi tersebut ke merchant pemasang, dan traksaksi jual beli pun sukses dilakukan.

Manfaat Payment gateway

 

Payment gateway memang memberikan dampak yang signifikan dalam kehidupan. Seluruh transaksi menggunakan payment gateway berjalan secara efektif. Selain itu, dibawah ini akan dijelaskan beberapa manfaat lainnya.

1. Mempermudah Transaksi Online

Manfaat yang pertama dari penggunaan payment gateway adalah mempermudah transaksi yang dilakukan secara online. Dengan adanya teknologi ini akan membuat Anda lebih mudah dan tidak perlu melakukan pembayaran secara offline malalui bank, karena proses transaksi telah otomatis dilakukan secara online.

2. Transaksi Lebih Cepat Diselesaikan

Manfaat yang paling penting dari payment gateway adalah proses transaksi yang lebih cepat diselesaikan. Anda tidak perlu menunggu beberapa jam ataupun beberapa hari untuk membeli suatu produk karena proses transaksi yang lama.

3. Keamanan Lebih Terjamin

Manfaat yang terakhir dari payment gateway adalah keamanannya yang lebih terjamin. Sistem transaksi dengan menggunakan payment gateway memiliki keamanan yang ganda, sehingga Anda tidak perlu khwatir dengan dana Anda.

Itulah pengertian, sejarah, cara kerja dan juga manfaat dari payment gateway. Payment gateway adalah salah satu hasil inovasi yang sangat membantu para pebisnis untuk menjalankan bisnisnya. Oleh karena itu tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan jenis transaksi ini. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.