Pengertian Microsoft Word
in

Pengertian Microsoft Word, Fitur dan Penjelasan Fungsinya

Siapa yang tidak tahu dengan Microsoft Word? Aplikasi pengolah kata ini seringkali digunakan untuk membuat surat menyurat. Selain itu, biasanya ini merupakan keahlian dasar yang dibutuhkan saat kita melamar pekerjaan ke suatu tempat. 

Meskipun begitu, masih ada sebagian orang yang belum kenal dengan aplikasi pengolah kata ini. Jangankan untuk mengoperasikannya, fitur-fiturnya saja tidak mereka kenali. Apakah Anda termasuk salah satunya? Jangan bersedih, karena di bawah ini kami akan menjelaskannya secara lengkap untuk Anda.

Pengertian Microsoft Word

Microsoft Word merupakan sebuah aplikasi yang berada di bawah naungan Microsoft. Biasanya, aplikasi ini digunakan untuk membuat tulisan, brosur, dan berbagai kebutuhan lainnya yang berhubungan dengan tulisan.

Sejak pertama kali diluncurkan, aplikasi ini sudah mengalami banyak perkembangan. Hal inilah yang membuatnya masih tetap eksis digunakan hingga saat ini. Dimulai dari versi pertamanya pada tahun 1998, lalu dilengkapi kembali pada tahun 2003. Aplikasi ini terus mengalami perkembangan pada tahun-tahun berikutnya yaitu 2007, 2010, 2013, hingga yang terbaru saat ini.

Versi terbaru ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang lebih lengkap dibanding beberapa versi sebelumnya. Karena itu, Anda bisa menggunakannya dengan lebih maksimal. 

Dulu, aplikasi ini hanya dapat digunakan pada komputer saja. Kini, aplikasi Microsoft ini sudah tersedia dalam versi mobile yang bisa di-install pada Android dan iOS. Tentunya ini sangat memudahkan pengguna dalam membuat dokumen dimana saja dan kapan saja tanpa harus bergantung pada laptop atau komputer lagi. 

Dalam pengunduhannya, biasanya aplikasi ini akan ditemani dengan beberapa aplikasi dari Microsoft lainnya, seperti Microsoft PowerPoint, Microsoft Excel, dan sebagainya.

Fungsi Microsoft Word

Alasan Microsoft Word masih digunakan hingga detik ini ialah karena memiliki banyak fungsi yang dapat membantu berbagai aktivitas maupun pekerjaan. Terlebih bagi orang-orang yang memang bergelut dengan tulisan atau surat-menyurat yang membutuhkan aplikasi pengolah kata. Adapun beberapa fungsi yang bisa Anda dapatkan dari aplikasi ini yaitu sebagai berikut.

1. Membuat Dokumen Berbentuk Tulisan

Salah satu fungsi utama dari Microsoft Word ialah untuk membuat dokumen, Anda bisa membuat dokumen apa saja menggunakan tool ini. Aplikasi ini juga menyediakan berbagai template gratis yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat dokumen tertentu. 

Misalnya, Anda ingin membuat sebuah CV ATS friendly yang sedang hangat diperbincangkan beberapa waktu lalu. Maka, Anda bisa membuatnya menggunakan tool ini. Anda tinggal memilih salah satu template yang disediakan dengan pilihan tema yang beragam. Pilihlah yang paling Anda sukai, lalu edit dan isi dengan dokumen yang ingin Anda buat.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan tool ini untuk membuat dokumen berupa surat. Misalnya, untuk keperluan pendidikan, pekerjaan, bisnis, atau kebutuhan pribadi. Beberapa dokumen tersebut diantaranya:

  • Tugas akhir kuliah
  • Novel atau cerpen
  • Laporan pertanggungjawaban
  • Makalah
  • Proposal bisnis
  • Katalog
  • Surat lamaran kerja
  • Brosur, dan jenis dokumen lainnya.

2. Mengedit Tulisan

Selain membuat berbagai dokumen, Microsoft Word juga bisa Anda gunakan untuk mengedit dokumen atau tulisan. Misalnya, ada beberapa kata yang mengalami typo, maka Anda bisa mengeditnya dengan segera menggunakan tombol backspace

Untuk meminimalisir kesalahan penulisan seperti ini, Anda bisa menggunakan tab Review. Fitur ini bisa digunakan untuk mengoreksi kesalahan penulisan, spelling, grammar, dan lain sebagainya. tentunya ini akan mempermudah Anda saat membuat sebuah dokumen agar lebih rapi.

3. Memformat Dokumen

Tidak hanya dapat membuat dan mengedit dokumen, Microsoft Word juga bisa Anda gunakan untuk mengubah teks menjadi tebal, miring, atau memiliki garis bawah. Anda juga bisa menambahkan halaman, mengedit header, footer, mengubah tampilan, mengatur tabel, menyisipkan gambar, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, Anda jga bisa menyimpan dokumen dengan menekan File > Save/Save as. Maka, dokumen tersebut akan langsung tersimpan di memori laptop yang Anda gunakan. Agar lebih simpel, Anda juga bisa menyimpan dokumen tersebut cara menekan CTRL + S. 

Dengan menyimpan dokumen, Anda bisa menggunakan atau membukanya kembali jika suatu saat dokumen tersebut dibutuhkan. Jika ada data-data yang berubah, Anda tinggal melakukan editing kecil agar dokumen tersebut sesuai.

4. Mencetak Dokumen

Sejak pertama kali diluncurkan, Word membawa slogan ‘What You See is What You Get”. Maksudnya adalah apa yang Anda tulis di lembar kerja, maka itulah yang akan Anda dapatkan saat dicetak. 

Dengan menggunakan aplikasi Word ini, Anda bisa mencetak dokumen yang telah dibuat dengan mudah. Cukup pergi ke menu File, lalu pilih opsi Print. Namun, pastikan komputer atau laptop yang Anda gunakan sudah terhubung dengan mesin printer. 

5. Mengkolaborasikan Tulisan dengan Gambar

Dalam keadaan tertentu, kadangkala kita diharuskan untuk menyisipkan gambar pada dokumen. Dengan menggunakan Microsoft Word Anda bisa melakukan hal tersebut dengan mudah. Untuk menyisipkan gambar, Anda tinggal klik tab Insert, lalu pilih Picture. 

Cari foto atau gambar yang ingin Anda sematkan. Anda bisa memilih foto dari laptop atau perangkat yang Anda gunakan, stock image, atau menggunakan gambar dari sumber online

6. Membuat Tabel

Dalam membuat dokumen, kita juga akan membutuhkan sebuah tabel. Biasanya, tabel ini dibutuhkan untuk menyajikan data. Dengan menggunakan Ms. Word ini, Anda bisa membuat dan memodifikasi tabel sesuai dengan yang dibutuhkan. 

Untuk membuatnya pun sangat mudah, Anda tinggal klik Insert, lalu pilih Table. Selanjutnya, tentukan jumlah baris dan kolom yang Anda inginkan untuk membuat tabel. Setelah itu, Anda bisa mengubah format, desain, menghapus, atau menambah kolom hingga lebih sesuai dengan data yang akan disajikan. 

7. Membuat Grafik

Selain membuat tabel, di Ms.Word Anda juga bisa membuat sebuah grafik. Caranya yaitu silakan klik Insert > Chart > pilih bentuk grafik > masukan data yang akan ditampilkan dalam bentuk grafik. Setelah itu, Anda bisa mengatur tampilannya agar lebih sesuai dengan kebutuhan. 

Fitur-fitur Microsoft Word yang Wajib Anda Ketahui

Di balik beberapa fungsi di atas, Ms. Word memiliki beberapa fitur yang bisa Anda gunakan untuk memudahkan pekerjaan. Beberapa diantaranya yaitu sebagai berikut.

1. Spelling & Grammar

Fitur spelling akan membantu kita dalam menghindari kesalahan dalam penulisan, sementara grammar akan membantu kita untuk menghindari kesalahan dalam menulis tata bahasa yang digunakan. Anda bisa mengaktifkan fitur ini di tab Review > Spelling & Grammar.

2. Bisa Bekerja dalam Dark Mode

Untuk Anda yang lebih suka bekerja dalam dark mode, maka wajib coba dark mode yang ditawarkan oleh Microsoft Word. Caranya yaitu dengan klik File > More > Options > General > Office Theme. Disini, Anda akan menemukan beberapa pilihan, diantaranya colorful, white, dark grey, dan black. Setelah memilih salah satunya, klik OK. 

3. Co-author Office Files

Dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa mengerjakan satu dokumen secara bersamaan dengan rekan kerja yang lain. Misalnya, saat ini Anda sedang menempuh pendidikan dan mendapat tugas kelompok. 

Maka Anda bisa membagikan dokumen tersebut dengan cara pilih menu Share yang terletak di pojok kanan atas, pilih Word Document, masukan alamat email yang ingin Anda undah untuk bekerja sama mengerjakan dokumen tersebut.

4. Translate Tool

Tool yang satu ini bisa digunakan untuk menerjemahkan dokumen secara keseluruhan ke bahasa lain. Caranya yaitu dengan klik tab Review > Language > Translate > Translate Document. Nantinya, Anda akan menemukan pengaturan di sebelah kanan. Blok semua teks yang ingin diterjemahkan, lalu pilih bahasa, klik Translate.

5. Find and Replace

Jika Anda ingin mengubah kata tertentu yang sudah terlanjur ditulis di seluruh dokumen, maka Anda bisa memperbaikinya dengan mudah menggunakan fitur ini. Misalnya, salah menyebut nama dalam seluruh dokumen tersebut. Maka, Anda bisa mengubahnya dengan menekan CTR + H.

Setelah itu, silakan tuliskan kata apa yang ingin diganti pada kolom ‘Temukan’. Lalu, isi kata yang baru pada kolom ‘Ganti dengan’. Klik, ganti semua maka semua kata yang salah tersebut akan diganti dengan kata baru yang Anda masukan secara otomatis.

Selain itu, Anda juga bisa mengubahnya sambil menerapkan format tertentu seperti italic, bold, underline, dan sebagainya. Dengan begitu, Anda bisa mengoreksi kesalahan dalam dokumen di Microsoft Word dengan lebih mudah. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.