Cara Memperbaiki Keyboard
in

Keyboard Bermasalah? Berikut 6 Cara Memperbaiki Keyboard dengan Mudah

Keyboard merupakan komponen penting untuk memasukkan data berupa angka, abjad, hingga symbol. Sering kali keyboard rusak atau error terjadi hingga banyak tombol tak berfungsi. Tak perlu resah, banyak cara memperbaiki keyboard yang error.

Tak dapat mengetik, tombol macet, hingga keyboard mengetik satu kali, namun muncul banyak karakter, dan lain-lain merupakan beberapa kerusakan pada keyboard.

Keyboard bermasalah dapat diatasi tanpa merogoh kocek dalam untuk memperbaikinya. Beberapa sebab keyboard error adalah adanya permasalahan pengaturan hingga terdapat banyak debu maupun kotoran yang menyumbat keyboard. Berikut cara memperbaiki keyboard yang error, bisa diperbaiki dan dipraktikkan:

1. Bersihkanlah Debu Maupun Kotoran dari Keyboard

Debu maupun kotoran sering kali bersarang pada keyboard laptop apabila tidak rutin dibersihkan. Hal ini tentunya mampu menghambat fungsi keyboard pada laptop atau PC.

Solusi alternatif yang bisa dilakukan yaitu miringkanlah laptop 45 hingga 7 derajat, selanjutnya goyangkanlah laptop agar debu dan kotoran dari celah keyboard keluar. Pakailah pembersih khusus untuk melakukan pembersihan. Lepaskanlah semua tombol,lalu bersihkan menggunakan kain lembut ditambah dengan sedikit alkohol, apabila keyboard rusak terciprat air.

2. Me-restart Laptop

Me-restart laptop  bertujuan agar berbagai permasalahan pada sistem kinerja laptop yang berakibat pada tidak berfungsinya keyboard bisa diatasi. Apabila tak dapat me-restart, tekanlah tombol power sebentar sampai laptop mati.

3. Lakukanlah System Restore

Terkadang Sytem Restore dilakukan dan diperlukan,  apabila keyboard tak dapat beroperasi seperti biasanya usai meng-install aplikasi. Hal tersebut bertujuan supaya kinerja laptop kembali seperti semula.

System Restore dapat menjadi solusi efektif  permasalahan keyboard error akibat adanya permasalahan pada software. Agar Windows pulih kembali, tekan start menu, lalu pilihlah control panel.  Kemudian, pilihlah opsi sytem and security, ketuk back up your computer adalah langkah selanjutnya.

Setelah itu akan muncul tampilan baru, pilih recover system settings or your computer. Lalu, tekan open system restore. Ikutilah langkah Wizard agar dapat me-restore Windows. Reboot akan berjalan di laptop.

4. Memperbaiki Driver Keyboard

Keyboard error sebagian atau semuanya mungkin disebabkan lantaran driver keyboard bermasalah, bisa terjadi karena terserang virus, mengunduh software perusak, dan lain-lain.

Untuk memperbaikinya, terlebih dahulu, periksalah driver keyboard. Caranya, pergi ke start menu, pilihlah control panel, kemudian klik opsi system and security, dan ketuk device manager. Selanjutnya, pilih ikon collapse. Tanda seru warna kuning yang muncul menandakan ada permasalahan pada driver keyboard.

5. Periksalah Num Lock

Kadang-kadang pengguna tidak sengaja melakukan kesalahan dengan memencet tombol Num Lock aktif  yang mengakibatkan karakter yang muncul berbeda dengan tombol yang dipencet. Apabila hal itu terjadi tekanlah tombol Fn dan NumLk bersama atau memencet Caps Lock dan NumLk.

6. Periksalah ke Servirce Center Resmi

Apabila semua cara memperbaiki keyboard yang error diatas masih juga tak berfungsi, bisa jadi permasalahan tersebut karena hardware bermasalah. Coba solusinya dengan  membawa laptop ke service center resmi apabila masih memiliki garansi.

Namun, apabila garansi tidak berlaku, maka periksalah ke teknisi komputer professional dibidangnya agar keyboard bisa diperbaiki dan diketahui penyebabnya. Apabila terdapat permasalahan pada keyboard dan dana perbaikan tak murah, maka pertimbangkanlah untuk diperbaiki atau menggantinya dengan perangkat baru.

Itulah 6 cara memperbaiki keyboard yang error yang dapat dicoba dan dipraktikkan langsung dengan gampang dan cepat. Keyboard memang rentan rusak, maka pengguna harus rutin membersihkan keyboard, hingga memberikan cover pelindung, dan lain sebagainya agar keyboard awet digunakan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.