internet lemot
in

Gak work!Gak work! Mantap!Mantap!

Internet Telkomsel Kamu Lemot? Coba Ikuti Langkah Berikut!

Pernahkah kamu ketika sedang asik-asiknya streaming video atau game online tiba-tiba buffering hingga koneksi internet terputus? Hal ini pasti membuat kamu merasa jengkel dan tidak nyaman dan ingin segera menghubungi CS providernya.

Apa kamu tahu faktor yang menyebabkan koneksi internet tidak sesuai harap? Faktor utamanya ada tiga, yaitu faktor dari operator, faktor dari third-party dan faktor dari pengguna. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu-persatu.

1. Faktor dari Operator

Operator atau penyedia layanan diharuskan untuk menjaga Quality of Service berdasarkan lima parameter yang ada, yakni download throughput, upload throughput, latency, packet loss dan jitter.

  • Download throughput : kecepatan unduhan
  • Upload throughput: kedcepatan unggah
  • Jitter: ukuran varaibilitas delay pada setiap periode. Jitter biasanya diamat sebagai frekuensi yang berturut-turut saat pengiriman data.
  • Latency atau delay: waktu yang diperlukan untuk mengirimkan suatu data dari tempat asal sampai ke tujuan yang diukur dengan satuan mil detik (ms).
  • Packet loss: indikator total paket yang hilang ketika sedang melakukan proses transmisi dari suatu data yang gagal mencapai tujuannya.

Kalian bisa melakukan pengecekan kelima parameter ini dengan berbagai aplikasi yang telah tersedia seperti Speedtest atau Open Signal. Bila kecepatan yang diuji pada aplikasi tersebut sudah baik tapi experience yang kamu harapkan tidak sesuai, mungkin ada faktor lain.

2.  Faktor dari Third-Party

Experience pada layanan yang kurang baik mungkin berasal dari third-party atau penyedia layanan pihak ketiga.

Umumnya third-party ini adalah layanan yang berjalan untuk penggunaan server. Tetapi kalau misal kamu merasa kecepatan internet melambat saat menggunakan aplikasi-aplikasi tertentu, penyebabnya mungkin saja dari server aplikasi yang overload atau penuh. Hal ini terjadi untuk semua aplikasi yang memerlukan koneksi data dalam penggunaannya. Ada kalanya ketika kamu membuka aplikasi A terasa lambat, tetapi ketika membuka aplikasi B sangat lancar. Kemungkinan besar aplikasi A sedang kelebihan muatan request pada servernya yang menyebabkan lambatnya proses akses ke server.

Disamping dari kualitas server setiap aplikasi, link atau gateway dari internet operator juga mempengaruhi, apakah linknya tepat atau tidak. Link ini dapat mempengaruhi faktor ping jumping ketika sedang bermain game online.

3. Faktor Pengguna

Apabila tidak ada kendala pada operator maupun third-party, kemungkinan ketiga ialah faktor penggunaannya. Misalkan di area tempat saat menggunakan internet memiliki banyak pengguna ratusan hingga ribuan di satu area, mungkin akan menyebabkan overload internet yang bisa membuat internet menjadi lambat karena koneksinya terpecah ke ratusan atau ribuan pengguna di area itu.

Lalu faktor lainnya adalah apabila kamu berada di basement yang temmpatnya tertutp oleh banyak bangunan, hal itu bisa menyebabkan penangkapan sinyal lebih kecil karena area tempat yang kamu gunakan tidak dapat menangkap sinyal dengan sesuai.

Hal lainnya adalah device. Kualitas internet bisa didapatkan secara maksimal apabila device yang digunakan juga memiliki kemampuan yang sesuai untuk memproses penangkapan koneksi internet. Bila ponsel kamu sedang mengalami panas atau overheat, hal itu bisa membuat koneksi internet menjadi lambat walaupun sinyal yang ditangkap sudah full bar.

Tips Mengatasi Internet Lemot

Apabila kamu ingin mendapatkan internet yang sesuai dan tidak mengalami lemot, ikuti langkah-langkah untuk mengidentifikasi masalahnya.

  • Perhatikan lokasi tempat kamu mengakses internet
  • Refresh sinyal agar layanan dapat kembali aktif
  • Tutup aplikasi yang tidak kamu gunakan agar penggunaan internet bisa fokus pada aplikasi yang sedang kamu pakai saja
  • Cek aplikasi dan situs yang sedang kamu gunakan untuk memastikan bahwa server sedang tidak ada kendala
  • Pastikan juga device yang kamu pakai memadai
  • Periksa kondisi SIM Card, apabila chip-nya sudah banyak goresan, sebaiknya kamu meminta ke CS untuk mengganti dengan kartu yang baru.
  • Pastikan juga kuota yang kamu miliki masih tersedia
  • Dan tentu upgrade ke koneksi 4G atau 5G agar mendapatkan pengalaman berinternet lebih maksimal.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0