Hacker Indonesia yang Ditakuti Dunia
in

9 Hacker Indonesia yang Ditakuti Dunia

Baru-baru ini, Tanah Air tengah digencarkan dengan munculnya Bjorka yang berhasil mengacak-acak berbagai dokumen penting pemerintahan. Berbicara mengenai hacker, ternyata sejak dulu ada sederet hacker Indonesia yang ditakuti dunia. Beberapa hacker tersebut cukup terbuka dengan identitasnya, tapi beberapa lainnya tetap memilih untuk menjadi akun anonim.

Siapa sangka jika ternyata Indonesia memiliki hacker yang sudah diakui oleh dunia. Bagaimana tidak? Mereka bahkan berhasil membobol situs kepresidenan negara lain. Penasaran siapa saja mereka? Mari simak informasi selengkapnya di bawah ini. 

9 Daftar Hacker Indonesia yang Ditakuti Dunia

Kemunculan Bjorka yang membocorkan database pemerintah serta data pribadi dari sejumlah pejabat, membuat kita kembali mengenang bahwa Indonesia juga memiliki hacker yang kemampuannya sudah diakui dunia. Berikut daftarnya!

1. Bio666x

Hacker Indonesia yang Ditakuti Dunia

Bio666x merupakan username milik seorang hacker bernama Yogi Nugraha. Ia adalah salah satu hacker Indonesia yang ditakuti dunia. Bio666x pernah menggemparkan negara Malaysia dengan mematikan jaringan internet di negeri Jiran tersebut. Ia melakukannya pada saat usianya masih 19 tahun. 

Tidak sampai disitu, Yogi Nugraha ini juga pernah meretas jarngan militer negara tetangga lainnya, yaitu Singapura. Karenanya, Yogi berhasil mendapatkan beragai informasi penting dari negara Singapura. 

Diketahui, semua kehebatan tersebut tidak ia pelajari secara khusus melalui institusi pendidikan. Namun, ia mempelajarinya secara otodidak dan mengandalkan ilmu yang ada di mesin pencari, Google.

2. XsvsHacker

Hacker Indonesia yang Ditakuti Dunia

 

Tidak hanya Bio666x, XsvsHacker juga menjadi salah satu hacker yang kehaliannya tidak bisa dianggap remeh. Pada tahun 2011 lalu, XsvsHacker ini berhasil memporak-porandakan website kepolisian Amerika. Tidak hanya itu, ia bahkan berhasil masuk ke pangkalan data NYPD (New York City Poliece Departement).

Dari aksinya tersebut, ia berhasil mengantongi data-data penting dan melakukan defacing ke lebih dari 430 ribu situs yang ada di dunia. Bahkan, XsvsHacker ini diketahui berhasil membobol situs kepresidenan Israel.

Kepiawaiannya ini berhasil meresahkan FBI sehingga mereka berusaha memecahkan sosok di balik identitas hacker tersebut. Setelah dilakukan pencarian, beredar informasi yang mengatakan jika nama asli di balik username XsvsHacker adalah Sandy Afrian. 

3. Hacker Indonesia ADC

Hacker Indonesia ADC merupakan hacker yang berasal dari Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hacker ini sempat viral dan ditangkap oleh kepolisian setelah membobol lebih dari 1309 situs. Beberapa diantaraya yaitu situs Mahakamah Agung dan Pemprov Jawa Tengah. 

Berdasarkan sebuah penyelidikan, ADC memiliki keterlibatan dengan kelompok hacker tertentu. Hal ini didukung oleh adanya laporan yang disampaikan dari berbagai negara seperti Inggris, Amerika, Australia, dan lainnya. mereka mengatakan jika hacker ADC juga meretas situs mereka. 

4. Hmei7

Hmei7 merupakan salah satu hacker Indonesia yang ditakuti dunia. Hmei7 bahkan pernah mendapatkan julukan Master of Mass Defacer pada beberapa tahun silam. Diketahui, hacker ini berhasil mengacak-acak website WordPress.

Selain itu, Hmei7 juga melakukan defacing pada sekitar 5 ribuab website di tahun 2001 lalu. Hebatnya, aksi tersebut dilakukannya dalam kurun waktu dua hari saja. Sayangya, hingga saat ini identitas dari Hmei7 masih belum diketahui. Namun, beberapa forum hacker ada yang berspekulasi jika Hmei7 ini merupakan salah satu alumni dari Malang. 

5. Jim Geovedi

Hacker Indonesia yang Ditakuti Dunia

hacker Indonesia yang ditakuti dunia berkutnya yaitu Jim Geovedi. Jim menjadi legenda hacker di Indonesia setelah berhasil mengubag orbit dua satelit milik Indonesia dan Tiongkok pada tahun 2009. Terkait aksinya tersebut, ia menjelaskan bahwa hanya memeriksa sistem keamanan satelit. 

Sama seperti Yogi, Jim juga mendapat keahlian tersebut secara otodidak. Karena itu, tidak heran jika kini namanya kian terkenal di kalangan hacker berkat keahliannya yang luar biasa tersebut. Kini, ia menetap di luar negeri. 

6. Mr. Dick

Hingga saat ini, masih belum terungkap siapa sosok di bali username Mr. Dick ini. Namun, kabarnya dia merupakan putra asli Indonesia yang berasal dari Kalimantan. Dia merupakan hacker Indonesia yang ditakuti dunia karena mampu meretas ribuan server dalam waktu yang cukup singkat. 

Menurut kabar yang beredar, kini Mr. Dick menjalin kerja sama dengan Microsoft dan Google untuk mempelajari pengembangan dan membuat sistem pertahanan software dari kedua platform tersebut. 

7. Pak Made

Hacker Indonesia yang Ditakuti Dunia

Pak Made memiliki nama asli Made Wiryana, ia merupakan salah satu Cyber Paspampres RI. Pak Made pernah dipercaya untuk mengurus pertahanan situs dan server pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. 

Saat itu, dia bertugas menjadi pawang hacker yang bisa memporak-porandakan situs pemerintah. Dia pernah menyelamatkan server kepresidenan dalam hitungan detik setelah digempur oleh DdoS. 

8. E5a_CYB3R

E5a_CYB3R merupakan usernama hacker yang dipakai oleh Erza Jullian. Ia merupakan peretas paling muda yang berhasil membobol situs KPU dengan mengubah tampilan dan membuat admin kewalahan. Namun, setelah puas mengacak-acak situs tersebut, ia mengembalikannya ke sedia kala. 

9. Xnuxer

Hacker Indonesia yang Ditakuti Dunia

Xnuxer merupakan username milik Dani Firmansyah, hacker Indonesia yang ditakuti dunia. Ia sempat membuat gempar Tanah Air pada April 2004 lalu. Kala itu, dirinya berhasil meretas situs kpu.go.id dengan cara XSS atau cross site scripting dan SQL Injection. 

Setelah berhasil masuk ke dalam sever, ia membuka nama 24 partai politik serta pemilu lalu mengganti namanya menggunakan nama buah-buahan. Aksinya ini kemudian mendapat respon cepat dari satuan cyber kepolisian. 

Itulah sederet hacker Indonesia yang ditakuti dunia. Terkait positif dan negatifnya, kembali lagi pada pandangan masing-masing. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.