Google Bisnisku
in

Google Bisnisku: Tool yang Wajib Dikuasai Marketer!

Google bisnisku atau yang juga dikenal dengan Google My Business merupakan salah satu tool marketing yang wajib diketahui oleh seorang marketer. Apakah Anda pernah berpikir, mengapa saat kita mengetikan nama bisnis atau produk di Google maka akan tampil sederet informasi tentang bisnis tertentu yang relevan?

Ternyata, tampilnya informasi tersebut merupakan berkat fitur dari Google My Business. Tentunya, hal ini bisa membantu bisnis yang Anda kelola lebih mudah untuk ditemukan oleh para pengguna internet. Untuk berkenalan lebih jauh dengan Google My Business, mari kita perhatikan informasi di bawah ini dengan saksama.

Apa itu Google Bisnisku

Google Bisnisku

Google My Business merupakan salah satu aplikasi bisnis yang sangat bermanfaat bagi seorang marketer atau pebisnis. Pasalnya, fitur ini bisa membantu calon konsumen untuk mendapatkan informasi yang lengkap mengenai suatu bisnis dengan mudah. 

Mulai dari nama bisnis, alamat perusahaan, nomor telepon perusahaan, alamat email, jam operasional, foto kantor, website perusahaan, hingga review para pelanggan yang pernah bertransaksi dengan perusahaan tersebut. 

Manfaat Google Bisnisku

Jika saat ini bisnis Anda belum terintegrasi dengan Google Bisnisku, sebaiknya segera daftarkan. Pasalnya, ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari tool ini. Adapun manfaatnya akan kami sampaikan dalam beberapa poin berikut. 

1. Menyediakan Informasi yang Jelas dan Valid

Pada saat ini, kebiasaan masyarakat mulai berubah. Mereka terbiasa untuk melakukan riset secara online terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. Di Indonesia, terdapat 95% konsumen yang memiliki kebiasaan melakukan riset secara online menggunakan smartphone sebelum mereka memutuskan untuk membeli sesuatu. 

Karena itu, pada saat mereka akan membeli suatu produk, jasa, mendatangi toko, atau restoran, bisa jadi mereka telah melakukan riset terlebih dahulu di Google. Harapan mereka melakukan hal tersebut ialah agar pemilik bisnis bisa memberikan online presence terbaik dan mereka tidak kecewa saat memutuskan untuk membeli produk/jasa pada bisnis tersebut. 

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk memberikan online presence terbaik adalah dengan memberikan informasi yang jelas dan valid melalui Google My Business. Tool ini memungkinkan Anda untuk memberikan informasi dengan lebih tepercaya karena hanya pemilik bisnis yang sudah terverifikasi saja yang bisa membuat Google My Business.

2. Memberi Informasi dengan Lengkap dan Aktual

Tidak hanya memberikan informasi yang valid dan jelas, tool ini juga memungkinkan pebisnis untuk memberikan informasi yang lengkap dan aktual. Pada Google Bisnisku Anda bisa menyajikan informasi berupa nama, jam operasional, deskripsi, hingga review yang diberikan oleh para pelanggan. 

3. Bisnis Akan Terdeteksi di Google Maps

Ketika Anda mendaftarkan bisnis di Google My Business, maka bisnis tersebut akan langsung muncul secara otomatis di Google Maps. Keren, bukan? Jadi, pelanggan yang ingin mampir ke tempat bisnis Anda akan lebih mudah untuk sampai ke tujuan dengan tepat berkat panduan dari Google Maps.

4. Memudahkan Konsumen untuk Menemukan Bisnis

Tidak hanya tampil di Google Maps, bisnis Anda juga akan muncul pada pencarian Google. Pada saat para pengguna internet mencari nama bisnis Anda di Google, mereka akan mendapatkan informasi mengenai bisnis Anda di sebelah kanan hasil pencarian tersebut. 

Begitupun pada saat orang-orang mencari kata kunci produk yang berkaitan dengan produk yang Anda jual, maka bisnis Anda juga akan tampil sebagai salah satu hasil pencarian tersebut. 

5. Mendapatkan Review dari Konsumen

Seperti yang kita tahu, dalam dunia bisnis review merupakan salah satu elemen penting untuk meningkatkan kredibilitas dari suatu bisnis. Menurut sebuah riset, sebanyak 70% konsumen di Indonesia akan lebih percaya dengan review online yang diberikan oleh pelanggan lain. 

Bahkan mereka akan 12 kali lebih percaya pada review tersebut dibanding dengan keterangan yang ditampilkan oleh produk itu sendiri. Karena itu, jika Anda berhasil memberikan produk atau layanan yang memuaskan, maka siap-siap untuk kebanjiran review positif pada Google Bisnisku.

6. Media Komunikasi Antar Pelanggan atau Pebisnis

Perlu Anda ketahui bahwa Google Bisnisku tidak hanya menampilkan review pelanggan saja, tetapi juga memiliki fitur tanya jawab pelanggan. Dengan fitur tersebut, pelanggan bisa mengajukan pertanyaan terkait bisnis Anda di Google My Business. Selanjutnya, pertanyaan tersebut bisa dijawab oleh pelanggan lain atau pemilik bisnis. 

7. Alat Analisis Pelanggan

Dengan aplikasi bisnis ini, Anda bisa melakukan analisis pelanggan menggunakan fitur Analytics. Anda bisa melakukan analisis sederhana menggunakan Google My Business, melihat performa marketing, jumlah pelanggan yang berhasil menemukan bisnis Anda, hingga interaksi para pelanggan dengan bisnis Anda. 

Cara Daftar dan Verifikasi Google Bisnisku

Google Bisnisku

Jika Anda tertarik untuk mendaftarkan bisnis pada Google My Business, kami akan bagikan cara daftar dan verifikasi Google Bisnisku di bawah ini.

  1. Silakan kunjungi https://www.google.com/business/, lalu klik “Mulai Sekarang”.
  2. Ketik nama bisnis Anda dan isi alamat kantor bisnis, toko, atau restaurant Anda. 
  3. Sesuaikan alamat tersebut pada Google Maps untuk memudahkan konsumen saat mengunjungi alamat tersebut. 
  4. Masukan kategori bisnis yang relevan dengan bisnis Anda. misalnya, Anda mengelola sebuah restoran seafood di Bandung, maka pilihlah kategori “Restoran”. 

Kategori bisnis ini akan membantu Google untuk mengklasifikasikan bisnis Anda pada hasil pencarian. Pada saat pengguna mencari “Restoran di Bandung”, maka informasi bisnis Anda akan tampil pada hasil pencarian tersebut. 

  1. Selajutnya, isi nomor telepon atau HP khusus untuk menerima panggilan dari konsumen. jika Anda sudah memiliki website bisnis, maka bisa juga menyertakan alamat website tersebut pada bagian ini. 

Namun jika belum memiliki website, Anda bisa membuatnya menggunakan WordPress atau CMS lainnya. Kehadiran website ini sangat penting untuk meningkatkan tingkat kepercayaan konsumen pada perusahaan yang Anda kelola. 

Google Bisnisku

  1. Tentukan apakah Anda akan menerima newsletter atau tidak.
  2. Langkah terakhir yaitu verifikasi Google Bisnisku. Verifikasi ini sangat penting dilakukan untuk melindungi bisnis Anda dari oknum yang tidak bertanggung jawab dan menyalahkan informasi yang ditampilkan oleh Google My Business. Selain itu, bisnis yang telah terverifikasi akan dianggap sebagai bisnis dengan reputasi baik di mata pelanggan.

Jika Anda sudah memasukan semua informasi dengan lengkap dan benar, maka Anda bisa memilih verifikasi saat itu juga dengan mengisi nama penerima surat. Setelah itu, klik Kirim Kartu Pos dan tunggu surat tersebut datang ke alamat Anda. Selama proses verifikasi ini, Anda tidak boleh mengganti informasi apapun yang sudah dimasukan sebelumnya. 

Adapun proses pengiriman surat Google ini akan berbeda-beda, tergantung dari lokasi bisnis tersebut. Setelah suratnya diterima, Anda bisa melanjutkan proses verifikasi menggunakan kode yang ada pada surat tersebut. 

Untuk melakukannya, silakan buka kembali Google My Business, lalu pilih menu verifikasi lokasi. Masukan kode verifikasi dari surat Google, dan verifikasi selesai.

Akhirnya kita telah sampai pada akhir pembahasan mengenai Google Bisnisku. Jangan tunggu nanti untuk mendaftarkan bisnis Anda di sini, karena kini masyarakat sudah mulai beralih ke dunia digital. Jadi, jangan sampai bisnis Anda ketinggalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.