Fungsi CorelDraw
in

Pengertian, Fitur, dan Fungsi CorelDraw

Fungsi CorelDraw sangat penting bagi seorang desain grafis. Saat ini, hampir semua informasi dikemas dan ditampilkan dalam bentuk visual yang menarik, baik itu informasi edukasi ataupun promosi produk. Selain menarik, visualisasi informasi ini juga membuat masyarakat lebih mudah untuk memahami informasi yang disampaikan.

Pasalnya, saat ini kebiasaan masyarakat dalam menerima informasi sudah jauh berubah. Kemudahan akses dan cepatnya laju informasi yang beredar di media, memberikan pengaruh yang cukup signifikan pada perilaku masyarakat. Mereka kini lebih tertarik dengan informasi yang singkat dan mudah dipahami. Lalu, apa fungsi dari CorelDraw? Mari simak informasi berikut. 

Apa itu CorelDraw?

Fungsi CorelDraw

Sebelum masuk ke fungsi CorelDraw, mari kita sedikit berkenalan terlebih dahulu. CorelDraw adalah sebuah editor grafis vektor yang dikembangkan oleh Corel Corporation dari Ottawa, Kanada. Software ini dirancang untuk mengedit gambar dua dimensi seperti vektor, ilustrasi, serta edit foto sehingga banyak perusahaan percetakan yang mengandalkannya. 

Software ini pertama kali dirilis pada tanggal 16 Januari 1989 lalu, dan dikembangkan untuk Microsoft Windows 2.1, Windows 3.1x, CTO dan OS/2. Sementara itu, versi terbaru yang dikeluarkan oleh CorelDraw Graphics Suite 2021 tersedia lintas platform bagi para pengguna Windows, MacOS, Website, iPad, dan perangkat seluler lainnya.

Pada versi terbarunya ini, tersedia beberapa fitur baru seperti aset manajemen dinamis, akses online menuju Google Fonts, penyesuaian gambar, live comments, kolaborasi alur kerja, menggambar dalam perspektif, halaman autofit, tampilan multi page, ekspor/impor koleksi font, ekspor multi-asset, project dashboard, halaman docker/inspector, bantuan HEIF, penggantian warna, dan beberapa fitur lainnya untuk mendapat peningkatan. 

Fungsi CorelDraw

Secara umum, fungsi CorelDraw yaitu untuk membantu Anda membuat desain visual yang dibutuhkan. Adapun beberapa contohnya yaitu sebagai berikut. 

1. Membuat Desain Logo 

Logo merupakan sebuah elemen yang sangat penting pada sebuah perusahaan, bisnis, brand, produk, ataupun instansi. Umumnya, seorang desainer akan menggunakan CorelDraw untuk membuat logo yang sesuai dengan pesanan klien mereka.

2. Desain Brosur, Poster, dan Undangan

Fungsi CorelDraw berikutnya yaitu untuk membuat sebuah desain yang menarik baik itu untuk brosur, poster, ataupun undangan. Anda bisa menggunakan kombinasi font dan gambar dengan kombinasi warna yang eye catching.

3. Membuat Desain Sampul Buku 

Sampul buku yang menarik bisa membantu pembaca untuk tertarik dan ingin membaca buku tersebut. Meskipun ada pepatah yang mengatakan ‘don’t judge book by its cover”, nyatanya kita memang selalu melihat sampulnya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membaca isinya. 

Dengan menggunakan CorelDraw kita bisa membuat sebuah desain sampul buku yang menarik. Pengguna bisa membuat beragam style, mulai dari kesan sederhana hingga desain yang cukup kompleks. 

4. Membuat Sebuah Ilustrasi

CorelDraw bisa membantu kita untuk membuat sebuah ilustrasi dengan lebih mudah. Fungsi CorelDraw ini akan menggabungkan vektor, gambar, dan berbagai pilihan warna yang tersedia pada software ini. Dengan kombinasi yang tepat, Anda bisa membuat sebuah ilustrasi yang apik. 

5. Membuat Kartun 

Dengan menggabungkan garis dan lengkungan, Anda bisa membuat sebuah tokoh kartun imajinatif menggunakan CorelDraw. Jika digabungkan dalam alur cerita yang menarik, tidak menutup kemungkinan Anda bisa membuat animasi kartun sendiri atau membuat komik ala Webtoon.

Fitur Unggulan CorelDraw 

Fungsi CorelDraw

Untuk menunjang semua fungsi CorelDraw di atas, software ini memiliki beberapa fitur unggulan yang keren. Berikut beberapa fiturnya.

1. Kolaborasi

CorelDraw menyediakan fitur kolaborasi yang bisa membantu penggunanya untuk bekerja sama dengan pengguna lain. Melalui fitur ini, Anda bisa melihat dan mengedit satu file bersama pengguna lain dengan mudah. 

2. Alat Typografi

CorelDraw menyediakan beberapa alat tipografi yang bisa membantu pengguna untuk membuat kreasi font sendiri dengan mempertebal atau menipiskan huruf dari font tersebut. 

3. PowerTRACET

Fitur unggulan yang terakhir yaitu dapat melakukan konversi bitmap menjadi sebuah vektor dengan cara yang lebih praktis. Anda bisa mengkonversikan bitmap menjadi objek vektor dan mengekstrak garis tengah pada bitmap atau outline dari bitmap

Kelebihan CorelDraw

Fungsi CorelDraw

Di balik banyaknya fungsi CorelDraw yang ditawarkan, software ini juga memiliki banyak kelebihan. Berikut beberapa kelebihan yang bisa didapatkan pada saat menggunakan CorelDraw.

1. Mudah Digunakan

CorelDraw memberikan kemudahan bagi para pengguna dalam mengoperasikan semua fitur yang ada. Hal ini terlihat dari adanya fitur help dan bantuan online. Selain itu, tampilan antar muka yang diberikan oleh CorelDraw juga sangat memanjakan mata sehingga membuat fiturnya lebih mudah untuk dipelajari. 

2. Format File untuk Import dan Export yang Lengkap

Perlu Anda ketahui bahwa CorelDraw memiliki banyak format untuk berbagai keperluan export atau import data, bahkan format AI pun tersedia. Hal ini yang memungkinkan pengguna CorelDraw bisa membuka file-nya menggunakan Adobe Illustrator. Sayangnya, hal ini tidak berlaku sebaliknya yaitu dari Adobe Illustrator ke CorelDraw.

3. Koleksi Tools yang Beragam

CorelDraw memiliki tools yang sangat beragam dengan berbagai fungsi. Adapun beberapa jenis tools yang ada pada CorelDraw yaitu selection, editing, dan pemberian efek. Hal inilah yang membuat banyak pengguna merasa lebih mudah untuk menghasilkan gambar yang bagus dan menarik. Pengguna bisa memanfaatkan toolbox tersebut sesuai kebutuhan. 

4. Bentuk Dasar yang Mudah Dibuat

Kelebihan lainnya dari fitur CorelDraw yaitu pengguna bisa membuat bentuk dasar dengan lebih mudah. Melalui aplikasi ini, Anda bisa membuat sebuah bentuk dasar lalu dikembangkan menjadi emoji, sketsa kartun, hingga stiker dengan berbagai bentuk. 

Caranya sangat mudah, tinggal drag and drop beberapa bentuk seperti garis, oval, elips, dan bentuk lainnya, maka akan tercipta sebuah objek yang unik yang menarik. 

5. Membuat Kartu Undangan Mini

Bagi Anda yang bekerja sebagai desainer kartu undangan, CorelDraw juga sangat bermanfaat untuk membantu membuat kartu undangan mini. Dengan aplikasi ini, Anda membuat desain kartu undangan mini dengan tampilan yang lebih sesuai. 

Untuk mendukung hal ini, CorelDraw memiliki beberapa tools yang bisa digunakan untuk membuat kartu undangan. Tidak hanya itu, CorelDraw juga menyediakan pilihan warna yang cukup beragam sehingga Anda bisa membuat kombinasi warna sesuai tema yang diinginkan.  

Nah, itu dia penjelasan lengkap mengenai pengertian, fitur, dan fungsi CorelDraw yang bisa kami paparkan. Untuk lebih jelas, Anda bisa langsung mencobanya sendiri. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.