Fitur iOS 16
in

Keren! Fitur iOS 16 ini Berikan Perubahan Besar 

Baru-baru ini Apple telah resmi merilis iOS 16 sejak 12 September 2022 kemarin. Berita ini, sontak membuat para penggemar pengguna iPhone penasaran dengan fitur iOS 16 yang dihadirkan OS versi terbaru ini. 

Perlu diketahui, sebenarnya sebelum dirilis secara resmi iOS telah mengumukan fitur-fiturnya pada awal Juni lalu. Dalam pengumuman tersebut Apple menyampaikan fitur-fitur tersebut secara ringkas. Penasaran fitur apa saja yang dihadirkan kali ini? Mari kita simak penjelasannya bersama-sama.

10+ Fitur iOS 16 yang Hadirkan Perubahan Besar

Fitur iOS 16

Pada iOS 16 ini, iPhone memang menjanjikan perubahan yang cukup besar. Mulai dari fitur edit dan batalkan pengiriman, layar kunci yang bisa disesuaikan sepenuhnya, hingga membantu seseorang yang berada dalam situasi kekerasan dalam rumah tangga. Untuk selengkapnya, kami akan membahas di bawah ini.

1. Cara Instal iOS 16

Kini Apple membuatnya lebih mudah, pengguna tinggal masuk ke Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak. Selanjutnya, pengguna bisa memperbarui sistem operasinya dalam beberapa klik saja. 

Pengguna bisa menentukan sendiri akan segera menginstal iOS 16 atau menginstalnya semalaman pada saat ponsel Anda sedang mengisi daya. Jika Anda memilih untuk segera menginstalnya, risikonya adalah ponsel tersebut tidak dapat digunakan selama pembaruan berlangsung.

2. Penyesuaian Lockscreen Baru 

Ini merupakan salah satu fitur utama dari iOS 16. Fitur iOS 16  ini akan memberikan dukungan sepenuhnya untuk menyesuaikan layar kunci pengguna. Kini, pengguna bisa menambahkan berbagai widget pada lockscreen, memilih font dan warna tertentu, hingga menerapkan filter yang berbeda. 

Pengguna juga bisa membuat beberapa layar kunci yang berbeda dengan mudah dan beralih di antara keduanya. Layar kunci yang berbeda juga bisa dihubungkan pada mode fokus sehingga akan berubah secara otomatis pada saat pengguna menggunakan mode fokus.

Tidak hanya itu, widget layar kunci pada iOS 16 ini dapat berintegrasi dengan aplikasi pihak ketiga. Caranya sangat mirip seperti menempatkan widget pada layar utama. Widget ini memberikan kesempatan pada pengguna untuk membuat iPhone lebih sesuai dengan gaya penggunanya. 

3. Wallpaper Baru

Apple juga telah menambahkan wallpaper baru pada versi terbaru ini. Fitur iOS 16  ini sudah mencakup wallpaper bawaan yang baru, koleksi baru dengan tema Kebangsaan dan Persatuan, serta koleksi baru dari tema Cuaca dan Astronomi. 

Anda akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dengan koleksi Cuaca dan Astronomi ini. Pasalnya, koleksi ini akan menampilkan data real mengenai lokasi keberadaan pengguna saat ini. 

Lebih dari itu, iOS 16 ini mendukung pengguna untuk membuat wallpaper menggunakan karakter emoji, random foto, hingga menggunakan gradien berwarna khusus. Selain itu, pada versi ini Anda akan menemukan kembali wallpaper bergambar ikan badut yang sangat ikonik dari iPhone asli. 

4. Fitur iMessage Baru

Hadirnya iOS 16 berhasil membawa dua fitur yang telah lama dinantikan iMessage, yakni kemampuan untuk membatalkan pengiriman serta mengedit pesan yang sudah dikirim. Apple telah membuat banyak perubahan pada fitur ini selama proses pengujian beta sebagai bentuk kekhawatiran akan disalahgunakan. 

Untuk bisa mengedit atau membatalkan pengiriman iMassage pada iOS 16, pengguna cukup menekan lama pada sean yang dimaksud setelah mengirimkannya. Batas waktu pembatalan pesan ini ialah dua menit setelah pesan terkirim. 

Jika dibatalkan, penerima iMessage bisa melihat bahwa Anda telah membatalkan pengiriman pesan. Namun, mereka tidak dapat melihat isi pesan tersebut. Sementara itu, untuk pengeditan pesan pengguna mendapatkan kesempatan hingga 5 kali. Setiap pengeditan tersebut akan dicatat dan terlihat oleh pengirim ataupun penerima iMessage.

5. Mode Focus

Setelah debut perdananya pada iOS 15 lalu, fitur iOS 16 ini kini mendapat beberapa perubahan yang cukup besar. Apple mencoba menyederhanakan penyiapan untuk mempermudah izin atau memblokir notifikasi dari aplikasi dan kontak tertentu. 

Fitur yang satu ini memungkinkan pengguna untuk mengelola batasan performa aplikasi seperti Mail, Pesan, Safari, hingga kalender. Misalnya, Anda bisa menyembunyikan email kantor pada saat pengaturan fokus ini diaktifkan. Selain itu, pengembang juga menggunakan fitur tersebut dengan API filter Fokus terbaru.

Mode fokus juga dapat dikaitkan lock screen dan layar beranda. Anda bisa menampilkan halaman dan layar tertentu tergantung pada jenis fokus yang saat ini Anda aktifkan. 

6. Privasi dan Keamanan

Privasi dan keamanan merupakan salah satu pembaruan terbesar yang telah diklaim oleh Apple itu sendiri. Fitur iOS 16 ini merupakan bagian baru pada menu Pengaturan yang bisa membantu para pengguna ketika sedang berada dalam situasi kekerasan rumah tangga atau pasangan intim. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengatur ulang akses yang mereka berikan pada orang lain dengan cepat. 

Fitur iOS 16 ini memungkinkan pengguna untuk mengatur ulang akses dan aplikasi untuk membantu meninjau keamanan akun pengguna. Selain itu, pengguna juga bisa mengatur sendiri aplikasi mana yang boleh diakses oleh orang lain dan tidak. 

Tidak hanya itu, pada iOS 16 juga disediakan fitur izin pasteboard baru yang mengharuskan aplikasi memiliki izin pengguna terlebih dahulu sebelum mengakses pasteboard saat akan menampilkan konten dari aplikasi lain. 

Fitur keamanan lainya yang ditambahkan yaitu Respons Keamanan Cepat. Fitur iOS 16 ini menerapkan perbaikan keamanan yang penting pada perangkat lebih cepat dari sebelumnya. Selain itu, iOS 16 juta menambahkan mode lockdown

Fitur ini akan memberikan perlindungan ekstrem bagi sebagian kecil pengguna yang sedang menghadapi ancaman serius terhadap keamanan digitalnya. Mode lockdown ini akan membatasi fungsionalitas tertentu secara ketat. Pada mode ini, beberapa fitur akan dinonaktifkan seperti Pesan, Safari, FaceTime, Foto, dan masih banyak lagi. 

7. Notifikasi

Pada iOS 16, iPhone juga telah mendesain ulang sistem notifikasi terutama pada lock screen. Pada fitur iOS 16 ini, Anda akan mendapatkan notifikasi pada bagian bawah layar. Perubahan ini dilakukan untuk menampilkan lebih banyak wallpaper dan opsi penyesuaian pada layar. 

Pada menu Pengaturan, kini pengguna akan menemukan tiga pilihan notifikasi yaitu count, stack, serta list. Count akan menunjukan jumlah total notifikasi yang masuk. Stack akan menampilkan notifikasi menjadi satu tumpukan per aplikasi. Sementara list merupakan sistem notifikasi yang sudah digunakan oleh iOS selama bertahun-tahun. 

8. Kunci Pas

Fitur iOS 16 berikutnya yaitu kunci pas. Fitur ini bertujuan untuk menghapus ketergantungan pada kata sandi dan username. Saat ini, kata sandi merupakan salah satu fitur keamanan terlemah pada media digital sehingga Apple ingin mengadopsi sebuah sistem keamanan yang baru. 

Standar kunci sandi ini digambarkan sebagai kunci digital yang unik dan dirancang untuk menggantikan kebutuhan password. Selain itu, fitur keamanan ini akan membuat proses masuk lebih sederhana pada seluruh perangkat, situs web, ataupun aplikasi pengguna. Alur penggunaan kata sandi ini akan menggunakan keychain iCloud password, Face ID, dan Touch ID.  

9. Peningkatan Siri dan Dikte

Apple membuat beberapa pembaruan penting pada fitur Siri dan Dikte yang menggunakan suara dari Apple itu sendiri. Dikte pada iOS 16 memungkinkan pengguna untuk beralih dengan mudah pada mode suara atau sentuhan. 

Saat mendikte, pengguna bisa mengetik pada keyboard, mengetuk bidang teks, memindahkan kursor, hingga menyisipkan saran Quick Type. Tidak hanya itu, fitur iOS 16 ini juga telah mendukung penggunaan tanda baca secara otomatis seperti menambahkan koma, titik, hingga tanda tanya pada saat pengguna mendikte. 

Sementara itu, pada peningkatan Siri, kini pengguna bisa menyisipkan emoji pada saat mengirim pesan menggunakan Siri, hingga melewati langkah konfirmasi pada saat pengiriman pesan. Selain itu, Siri juga bisa menjalankan pintasan dari aplikasi pengguna tanpa perlu bantuan aplikasi pihak ketiga.

10. Desain Ulang Aplikasi Home

Setelah beberapa tahun hanya membuat perubahan kecil, pada iOS 16 ini Apple benar-benar mencoba memberikan wajah baru. Kini, aplikasi Home telah mendapatkan beberapa peningkatan yang cukup besar pada iOS 16. 

Aplikasi Home yang baru dirancang untuk memudahkan pengguna dalam mengontrol pengaturan, tampilan, hingga kontrol untuk mengakses semua aksesori pengguna. Bukan hanya itu, Apple juga bekerja untuk mengadopsi Standar Matter, yang kabarnya akan segera dirilis pada tahun ini. 

Tentunya, dengan semua perubahan pada fitur iOS 16 ini pengguna bisa menggunakan aksesori yang lebih kompatibel dengan mulus pada berbagai platform. Namun, pengguna juga perlu meningkatkan jumlah aksesori untuk mendukung kontrol HomeKit dan Siri.

11. Fitur Aksesibilitas Baru

Seperti yang pertama kali diumumkan oleh Apple pada Mei lalu, akan ada sejumlah fitur iOS 16 baru pada aksesibilitas. Fitur yang pertama yaitu Apple Watch yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol sepenuhnya Apple Watch melalui iPhone dan menggunakan fitur bantu seperti Kontrol Penglihatan dan Kontrol Suara.

Fitur lainnya yaitu Deteksi Pintu. Fitur ini pasti akan membuat penggunanya terkesan karena dengan bantuan kamera pada iPhone pengguna bisa menemukan lokasi pintu, membaca tanda dan label. Terdapat pula Mode Deteksi baru pada aplikasi Magnifier. Fitur iOS 16 ini akan memberikan deskripsi mengenai lingkungan sekitar, termasuk Deteksi Orang dan Deskripsi Gambar.

Teks otomatis, fitur ini akan membantu membuat teks yang dibuat otomatis secara real time bagi para pengguna yang tuna rungu atau mengalami masalah pendengaran. Fitur ini juga akan menampilkan dialog yang ditranskripsikan secara otomatis melalui atribusi speaker pada FaceTime.

12. Aplikasi Foto 

Aplikasi Foto juga mendapatkan beberapa peningkatan pada iOS 16 ini. Ada beberapa fitur iOS 16  yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi semua foto duplikat sehingga pengguna bisa membersihkannya dengan lebih mudah. Selain itu, album dibuat Tersembunyi dan Baru Dihapus yang kini terkunci di belakang kode sandi dan Face ID.

Kini, pengguna bisa menyalin hasil edit yang pernah digunakan pada suatu foto untuk kemudian digunakan pada foto yang lain. Begitupun dengan opsi pembatalan dan mengulang beberapa editan pada foto tersebut. 

13. Fitur lainnya

Selain beberapa fitur yang telah disebutkan di atas, ada beberapa fitur iOS 16 lainnya yang tentu akan sangat bermanfaat bagi pengguna. Berikut beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna.

  • Apple Maps, memungkinkan pengguna untuk bermain rute dengan banyak pemberhentian sepanjang perjalanan.
  • Aplikasi kesehatan yang menambahkan fitur pelacakan obat seperti membuat daftar obat, vitamin, hingga suplemen yang biasa dikonsumsi oleh pengguna.
  • Face ID, berfungsi dalam mode lanskap pada tipe iPhone yang mendukung.
  • FaceTime, kini mendukung Handoff. Pengguna dapat memindahkan panggilan FaceTime dengan mulus dari iPhone ke Mac atau iPad. Begitupun sebaliknya.
  • Aplikasi Catatan, kini pengguna dapat mengunci catatan menggunakan kata sandi iPhone.
  • Aplikasi musik, mendukung pengguna untuk membuat list favorit artis atau band yang berbeda serta membuat daftar putar baru untuk membuat list musik yang diinginkan.
  • Teks Langsung yang kini mendukung video, teks ini sepenuhnya interaktif dalam bingkai video yang dijeda sehingga pengguna bisa menjualnya untuk mencari terjemah dari teks tersebut. 
  • iOS 16 memungkinkan pengguna untuk menghapus latar belakang dari gambar apa saja, hingga mengangkat subjek dari latar tersebut untuk ditempelkan pada latar lain.
  • Aplikasi Main kini mendukung pengiriman pesan terjadwal dan pembatalan pengiriman pesan.
  • Pengguna kini bisa mengaktifkan Umpan Balik Haptic berupa getaran pada sistem keyboard.

Nah itu dia pembahasan lengkap mengenai fitur iOS 16 ini. Bagaimana menurut Anda? Apakah semua fitur tersebut membuat iPhone terasa lebih canggih dan fungsionalitas, atau tidak jauh berbeda dari versi sebelumnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published.