Creator Studio Instagram
in

Creator Studio Instagram: Tool Wajib Bagi Influencer!

Baru-baru ini fitur Creator Studio Instagram seolah menjadi sebuah tool yang wajib dikuasai oleh para influencer, termasuk para marketer dan content creator profesional. Dulu, tool ini hanya bisa dimanfaatkan oleh pengguna Facebook saja. Kini, para pengguna Instagram juga bisa memanfaatkannya untuk kebutuhan marketing.

Saat ini, Creator Studio ini dianggap sangat penting. Pasalnya, layanan ini memiliki kemampuan yang tidak diragukan lagi dalam mengelola post pada akun, menyaring insight langsung dari dekstop, hingga memonetisasi konten dari perusahaan. Memangnya, Instagram Creator Studio ini apa, sih?

Mengenal Creator Studio Instagram

Menurut sebuah sumber, Creator Studio Instagram merupakan sebuah tool yang dibuat untuk membantu pekerjaan content creator agar lebih mudah. Singkatnya, tool ini dibuat untuk membantu content creator agar bisa mendapatkan uang dari konten yang mereka buat. Adapun sumbernya bisa dari iklan, kolaborasi dengan brand, atau dukungan penggemar. 

Software ini bisa membantu Anda untuk memisahkan antara profil bisnis dari influencer. Caranya yaitu dengan merancang sistem profil yang hanya bisa digunakan oleh para creator. Selain itu, software ini juga telah dilengkapi dengan beberapa fitur yang bisa memberikan banyak keuntungan bagi influencer

Untuk bisa menikmati layanan ini, Anda harus memiliki followers dengan jumlah minimal 10.000 orang. Meskipun begitu, Creator Studio kini sudah bisa digunakan oleh semua pengguna Instagram tanpa mempedulikan jumlah followers yang dimiliki oleh akun tersebut.

Fitur-fitur Creator Studio Instagram

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa Instagram Creator Studio dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat menunjang tugas para content creator. Fitur-fitur ini diantaranya yaitu sebagai berikut. 

1. Analytics

Salah satu fitur utama dari Creator Studio Instagram ialah tool analytics. Ini merupakan fitur yang akan membantu untuk melacak pertumbuhan akun dan melihat jumlah followers baru yang datang. Selain itu, fitur ini juga akan sangat berguna bagi content creator yang masih berjuang untuk mengembangkan bisnis yang mereka kelola. 

Mengapa demikian? Karena melalui analytics, kita dapat mengetahui seluruh perkembangan konten pada akun yang kita miliki. Hal ini termasuk data harian dan mingguan pada Stories, IGTV, serta Feed. Tanpa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga, content creator bisa langsung menganalisis dengan mudah.

2. Personalisasi Direct Message

Sebagai seorang influencer, tentunya akan ada banyak orang yang mengirim pesan di Instagram. Baik itu dari para fans ataupun dari orang lain yang mengajak berkolaborasi. Tentunya, ini cukup merepotkan bagi para influencer jika mereka tidak dapat mengelola pesan tersebut dengan benar. 

Namun, dengan menggunakan Creator Studio Instagram semua pesan tersebut bisa kita kelola. Pasalnya tool ini memiliki fitur khusus yang memungkinkan influencer untuk mengatur dan mempersonalisasi semua direct message yang masuk ke akun mereka.

Melalui fitur ini, pengguna bisa memisahkan pesan umum dan memprioritaskan pesan-pesan penting dari influencer lain untuk berkolaborasi. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memisahkan pesan-pesan penting dari teman atau keluarga. Keren, bukan?

3. Monetisasi Shoppable Post

Salah satu fitur yang menjadi favorit dari Creator Studio Instagram ialah pengenalan shoppable post kepada para content creator. Shoppable post ini memungkinkan para pengguna untuk menyematkan link produk yang dipamerkan dengan tautan langsung menuju etalase produk tersebut. 

Dengan fitur ini, audiens bisa belanja langsung melalui postingan yang dibagikan oleh influencer tanpa harus keluar terlebih dahulu dari Instagram. Sayangnya, shoppable post ini kini hanya dapat digunakan oleh brand saja. Kendati demikian, fitur ini masih dalam tahap pengembangan agar bisa digunakan oleh seluruh content creator secara umum. 

Cara Menggunakan Creator Studio Instagram

Creator Studio Instagram

Pada dasarnya, Creator Studio ini bisa digunakan untuk mengunggah konten, membuat postingan terjadwal, hingga mendapatkan insight seputar akun Instagram yang Anda miliki. Ketika Anda sudah terhubung dengan Creator Studio, pada bagian dashboard akan tersedia opsi untuk melihat data dan overview dari konten-konten yang Anda upload.

Di sebelah kiri dashboard, Anda akan menemukan beberapa menu seperti Content Library, Calendar, Insight, dan Monetization. Pada menu Calendar, Anda bisa melihat overview dari konten-konten yang akan diposting sesuai jadwal yang telah dibuat. 

Sementara itu menu ‘Monetization’ baru bisa diakses jika akun Instagram Anda telah memenuhi beberapa syarat berikut.

  • Akun Aktif dan Publik
  • Sudah memiliki 10.000 followers 
  • Mendapat engagement yang cukup konsisten selama satu bulan terakhir. 
  • Tidak pernah membuat pelanggaran aturan konten dari Instagram.

Lalu, bagaimana cara menggunakan Instagram Creator Studio ini? Anda bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini. 

1. Cara Posting Instagram Feed Menggunakan Creator Studio

  • Tap tombol ‘Create Post’ berwarna hijau, lalu silakan pilih tipe postingan yang ingin dibuat. Anda bisa memilih Instagram Feed atau IGTV.
  • Seandainya Anda memilih Feed, maka akan muncul pop up window.
  • Selanjutnya unggah foto yang ingin Anda posting lalu tambahkan caption. 
  • Jika ingin mematikan kolom komentar post, silakan klik Advanced Settings > Turn Off Commenting.
  • Anda juga bisa menambahkan alt text ke konten tersebut dengan tap Accessibility > tambahkan alt text
  • Setelah semuanya dirasa cukup, Anda bisa langsung mengunggahnya dengan klik ‘Publish’.

2. Cara Mengunggah IG TV di Creator Instagram

  • Pilih ‘Create Post’, lalu pilih IGTV dari menu drop-down
  • Silakan unggah video yang ingin Anda posting. Jangan lupa untuk menambahkan judul dan deskripsi pada video tersebut. 
  • Jika Anda ingin IGTV juga dibagikan di Feed Instagram, maka klik box dengan tulisan ‘Share Preview to Feed’.
  • Apabila Anda ingin membuat auto-generated image, mengunggah custom frame, atau menggunakan preview dari video frame, silakan pilih ‘Cover Image’.
  • Jika semuanya sudah terasa sesuai, maka Anda bisa langsung klik ‘Publish’ untuk mengunggah postingan tersebut ke Instagram.

3. Cara Membuat Postingan Terjadwal Creator Studio

Seperti yang kita ketahui, salah satu fitur unggulan dari Creator Studio Instagram ialah mendukung pengguna untuk membuat postingan terjadwal. Adapun caranya yaitu sebagai berikut. 

  • Silakan ikuti cara yang sama seperti cara mengunggah Feed dan IGTV. 
  • Di samping tombol ‘Publish’, ada sebuah tanda panah kecil ke bawah. Klik tanda panah tersebut.
  • Silakan ikuti instruksi yang diberikan pada layar. Jangan lupa untuk mengatur tanggal dan waktu konten tersebut akan diposting. Untuk melihat jadwal post ini, Anda bisa mengakses Content Library.

4. Cara Mendapatkan Insight

Selain melakukan beberapa layanan di atas, Anda juga bisa mendapatkan insight dan informasi mengenai audiens lengkap dengan bagaimana mereka berinteraksi pada konten-konten yang Anda bagikan. Untuk melihat insight ini, Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut. 

  •  Di sebelah kiri dashboard, Anda akan menemukan beberapa menu seperti Content Library, Calendar, Insights, dan Monetization. 
  • Silakan pilih Insight. 

Kini Anda akan menemukan dua pilihan yaitu Audience dan Activity. Audience akan memberikan informasi yang berkaitan dengan followers, seperti usia, jenis kelamin, hingga lokasi mereka berada. Selain itu, Anda juga akan diberitahu kapan waktu mereka aktif di Instagram. 

Sementara itu, Activity akan memberikan informasi mengenai engage yang Anda dapat bersama audiens. Ini termasuk jumlah reach dari setiap postingan, jumlah impression, hingga reaksi followers pada postingan tersebut. 

Manfaat Creator Studio Instagram Bagi Influencer

Setelah mengetahui definisi hingga fitur-fiturnya, jelas kita mengetahui bahwa ini merupakan tool wajib bagi para influencer dan pegiat content marketing. Meskipun begitu, manfaat yang diberikan tidak hanya sebagai analytics saja. Di bawah ini, ada beberapa manfaat lainnya yang bisa didapatkan.

  • Membantu mengelola akun Instagram dengan baik.
  • Bisa membantu membuat jadwal posting konten sehingga postingan akan lebih terjadwal secara otomatis. 
  • Memberikan audience insight, seperti lokasi dan umur dari audiens.
  • Monetisasi konten dan fitur lainnya lebih cepat dan praktis. 

Itulah sederet informasi yang bisa kami berikan mengenai Creator Studio Instagram secara lengkap. Mulai dari pengertian, fitur, cara penggunaan, hingga manfaatnya bagi para influencer.

Leave a Reply

Your email address will not be published.