Perintah Command Prompt
in ,

30 Jenis Perintah Command Prompt Beserta Fungsinya

Perintah Command Prompt mungkin masih terdengar begitu familiar. Pasalnya, sistem operasi Windows merupakan sistem operasi yang dikembangkan dengan tampilan graphical user interface (GUI)

Meskipun begitu, bukan berarti perintah CMD sudah tidak diperlukan lagi, karena menjalankan perintah CMD merupakan salah satu alternatif untuk mengoperasikan sistem Windows. Dengan adanya CMD, Anda bisa mencoba melakukan beberapa hal menggunakan perintah untuk Windows, seperti memeriksa kecepatan internet dan mengetahui IP Address komputer. 

Apa itu Perintah Command Prompt?

Command Prompt atau lebih populer dengan sebutan CMD merupakan salah satu aplikasi command line interpreter (CLI) yang terdapat dalam sistem operasi Windows. Perintah ini berfungsi untuk memberikan berbagai jenis perintah kepada komputer tanpa harus menavigasi program berbasis GUI, seperti Control Panel, File Explorer, dan sebagainya.

CMD sudah ada sejak masa sistem operasi MS-DOS. Namun, seiring berkembangnya sistem operasi Windows, pengguna yang menggunakan CMD semakin jarang karena adanya user interface yang jauh lebih mudah digunakan.

Karena hal itu, kini sebagian besar pengguna Windows jadi kurang familiar dengan perintah CMD. Padahal, perintah CMD ini memiliki beberapa keunggulan, seperti:

  • Kecepatan Akses

Hal ini disebabkan karena tidak adanya grafis yang memakan resource komputer seperti RAM dan CPU ketika Anda menggunakan Command Prompt untuk memberikan perintah pada komputer.

  • Task Automation

Dengan CMD, Anda dapat menjalankan berbagai pekerjaan di komputer secara berkesinambungan. Jadi, Anda bisa mengatur proses automasi task dengan selangkah lebih mudah. 

  • Kendali Lebih Penuh atas OS

Ketika Anda sudah mengetahui jenis-jenis perintah CMD, maka Anda bisa memberikan perintah dengan lebih tepat. Hal ini membuat Anda memiliki akses kontrol yang lebih dalam terhadap Windows dibandingkan saat menggunakan GUI. 

Setelah melihat beberapa keunggulannya, tentu Anda juga penasaran dan ingin mencoba menggunakan perintah CMD, bukan? Karena itu, mari kita lanjutkan ke informasi berikutnya mengenai CMD.

Cara Menggunakan Command Prompt?

Sebenarnya, sangat mudah untuk bisa menggunakan CMD. Anda tinggal buka komputer, lalu ikuti beberapa langkah di bawah ini.

  • Tekan tombol Windows + R.
  • Silakan ketik CMD, lalu tekan Enter.
  • Kini, jendela CMD akan terbuka dan Anda bisa mulai memasukan berbagai perintah CMD disana.

Anda bisa menggunakan jendela Command Prompt tersebut untuk memasukan perintah, lalu tekan Enter. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua perintah CMD bisa digunakan tanpa Anda ketahui terlebih dahulu fungsinya. Pasalnya, ada beberapa perintah CMD yang bisa memberikan dampak buruk pada sistem komputer.

Salah satu contohnya yaitu perintah untuk memformat atau menghapus semua isi harddisk. Jika Anda ingin menggunakan perintah tersebut, sebaiknya pahami terlebih dahulu fungsi dan cara menggunakannya.

30 Perintah Command Prompt dan Fungsinya

Untuk mengetahui jenis perintah Command Prompt, di bawah ini telah kami siapkan 30 jenis perintah CMD yang biasa digunakan untuk berbagai keperluan.

1. Ping

Ping merupakan singkatan dari Packet Internet Gopher, merupakan sebuah fitur dalam Windows yang biasanya digunakan untuk mengecek kecepatan internet. Contoh penggunaan perintah ini yaitu dengan ping google.com, lalu klik Enter. 

Selanjutnya, Anda akan melihat serangkaian baris tulisan yang terdiri dari rentetan angka. Untuk mengetahui kecepatan atau kestabilan internet, Anda tinggal memperhatikan bagian “time=xxms”. Bagian ‘time’ akan mengindikasikan waktu yang dibutuhkan sinyal internet untuk terhubung dengan server dan mengembalikan sinyal ke komputer Anda. 

2. Whoami

Perintah whoami bisa digunakan untuk melihat user yang ada pada komputer Anda dan yang saat ini sedang digunakan. Dengan mengetik perintah whoami pada Command Prompt, Anda bisa melihat user yang sedang Anda gunakan pada komputer tersebut.

3. Diskpart 

Diskpart merupakan sebuah perintah CMD yang bisa digunakan untuk mengelola partisi harddisk Anda. Diskpart sendiri merupakan sebuah fungsi yang diberikan oleh Windows agar pengguna bisa lebih mudah dalam mengelola harddisk

Tujuan dari perintah ini ialah untuk mengelola pembagian ruang penyimpanan di harddisk. Jika Anda masih kurang paham dengan fungsinya, sebaiknya hindari menggunakan fungsi diskpart ini karena berisiko untuk menghilangkan data. 

Namun jika penasaran, Anda bisa menggunakan fungsi ini dengan mengetikkan diskpart pada jendela Command Prompt. Setelah menekan Enter, Anda akan melihat satu jendela CMD tambahan. pada jendela tersebut, Anda bisa mengetik perintah baru. Salah satunya yaitu list disk yang bisa memunculkan berbagai partisi 

4. Ipconfig 

Perintah ipconfig merupakan perintah yang digunakan untuk melihat konfigurasi dari IP Address pada komputer. Dengan ipconfig, Anda bisa melihat konfigurasi apa saja yang ada pada komputer tersebut.

5. Hostname

Perintah berikutnya pada Command Prompt adalah hostname, ini merupakan perintah dasar pada Windows. Biasanya, perintah ini digunakan untuk melihat nama host atau jaringan yang Anda gunakan.

6. Getmac

Perintah getmac merupakan salah satu perintah Command Prompt yang bisa Anda gunakan untuk melihat alamat mac atau alamat fisik dari komputer yang sedang Anda gunakan. Caranya sangat mudah, tinggal buka CMD lalu masukan perintah getmac. Setelah itu, Anda akan melihat semua alamat mac dari komputer tersebut.

7. Taskmgr 

Taskmgr memiliki fungsi untuk memanggil Task Manager melalui jendela CMD dengan mudah. Untuk mencobanya, Anda perlu mengetik taskmgr pada CMD. Selanjutnya, klik Enter. 

Melalui Task Manager, Anda bisa melihat beberapa data penting seperti CPU, Memory, Disk, serta Network. Anda juga bisa menutup aplikasi yang sedang berjalan atau mengalami freeze/error melalui Task Manager.

8. Chdir

Perintah chdir berfungsi untuk mengetahui folder mana yang sedang aktif. Chdr juga bisa kita gunakan untuk berpindah ke folder lain melalui Command Prompt dengan mudah. Jika Anda ingin berpindah menuju folder utama (root), maka gunakan perintah chdir lalu klik Enter. 

9. Systeminfo

Systeminfo merupakan perintah Command Prompt yang berfungsi untuk menampilkan informasi dari komputer yang sedang Anda gunakan. Informasi ini bisa Anda dapatkan dengan mudah dengan menggunakan perintah tersebut. Sama seperti cara menggunakan perintah sebelumnya, Anda bisa menggunakan systeminfo dengan mengetiknya pada CMD lalu klik Enter. 

10. Tree 

Perintah tree berfungsi untuk menampilkan sebuah struktur dari folder tertentu. Anda bisa melihat sub folder secara lengkap dalam sekejap. Cara menggunakannya pun sangat mudah, silakan ketik tree pada CMD lalu Enter. 

11. Tasklist

Tasklist merupakan salah satu perintah CMD yang bisa Anda gunakan untuk menampilkan berbagai informasi dari suatu aplikasi yang sedang berjalan di komputer Anda. Cara menggunakannya pun sangat mudah, cukup ketik tasklist pada jendela CMD lalu Enter. 

12. Taskkill

Selain mengetahui perintah tasklist, Anda juga harus mengenali perintah taskkill. Pasalnya, kedua perintah ini memiliki fungsi saling berkaitan satu sama lain. Fungsi dari taskkill ialah untuk menutup aplikasi yang sedang berjalan pada komputer Anda. 

Namun, sebelum menjalankannya kita perlu melihat nomor PID dari aplikasi yang akan dimatikan terlebih dahulu. Caranya yaitu dengan menjalankan perintah tasklist di atas. Cara menggunakannya yaitu, silakan ketik taskkill (spasi) nomor PID. 

Agar lebih paham, mari kami berikan contoh. Misalnya, kali ini kita akan menggunakan kode 9460 yang merupakan kode dari aplikasi sublime text. Maka, Anda tinggal mengetik taskkill 9460, lalu Enter. Selanjutnya, aplikasi tersebut akan langsung tertutup. 

13. Help

Help berfungsi untuk menampilkan fungsi-fungsi apa saja yang Anda pakai pada CMD. Untuk menggunakan perintah ini, cukup ketik perintah help pada jendela Command Prompt lalu klik Enter. Selanjutnya, Anda akan melihat daftar perintah apa saja yang telah Anda digunakan. 

14. Mkdir

Perintah mkdir merupakan sebuah kode perintah CMD yang bisa Anda gunakan untuk membuat suatu folder. Caranya yaitu dengan mengetik mkdir (spasi) nama folder, lalu klik Enter dan selesai. 

15. Exit 

Sesuai dengan namanya, perintah yang satu ini bisa Anda gunakan untuk keluar dari jendela Command Prompt. Caranya yaitu ketik exit lalu Enter.

16. Assoc

Perlu Anda ketahui, bahwa sebagian besar file yang terdapat pada Windows itu saling terhubung dengan salah satu program agar file bisa dibuka secara default. Tentunya hal ini akan memudahkan pengguna Windows ketika mereka ingin membuka suatu file

Sayangnya, terkadang metode ini cukup membuat bingung terutama jika banyak pilihan aplikasi yang bisa digunakan untuk membuka file tersebut. Agar lebih mudah, Anda bisa mengakalinya dengan perintah assoc ini untuk menampilkan daftar yang lengkap, mulai dari nama file hingga asosiasi program. 

17. Cipher

Ketika Anda menghapus sebuah file, maka file tersebut sebenarnya tidak benar-benar terhapus dalam kurun waktu tertentu. Windows akan menyimpannya terlebih dahulu selama 30 harian sebelum benar-benar menghapus file tersebut secara permanen. 

Terkait hal ini, perintah cipher bisa Anda gunakan untuk menghapus direktori dengan cara menuliskan data secara acak di dalamnya. Tujuannya yaitu untuk menghapus file yang sebelumnya telah Anda hapus agar bisa hilang secara permanen di drive C.

18. Driverquery 

Ini merupakan sebuah perintah yang bisa Anda gunakan untuk melihat daftar apa saja yang terpasang pada drive komputer Anda. Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda bisa membukanya pada idriverquery -v, termasuk tempat driver yang sudah di install

19. Netsat

Ketika Anda mengetik perintah netstat, maka semua daftar port yang sedang terbuka serta alamat IP terkait akan muncul. Selain itu, perintah ini juga bisa memberikan informasi mengenai status port Anda. Tentunya ini sangat berguna ketika Anda ingin mendeteksi apakah trojan menginfeksi sistem PC Anda atau mendeteksi koneksi yang bekerja dengan tidak wajar. 

20. Powercfg

Powercfg bis Anda gunakan untuk mengatur dan melacak energi yang digunakan oleh komputer. Caranya sangat mudah, tinggal ketik perintah powercfg hibernate on dan powercfg hibernate off untuk menyalakan atau mematikan pengaturan hibernasi. 

Selain itu, perintah ini juga bisa digunakan untuk mengecek status hemat daya pada PC. Caranya yaitu dengan mengetik perintah powercfg /a pada jendela CMD. 

21. Cls

Perintah yang satu ini akan dibutuhkan ketika Anda sudah memasukan berbagai perintah di Command Prompt lalu ingin mengembalikannya seperti semula. Dengan menggunakan perintah ini, maka semua perintah yang diberikan akan terhapus secara otomatis dana CMD akan seperti pertama kali dibuka.

22. Date

Fungsi dari perintah ini sebenarnya sangat sederhana, yaitu untuk menampilkan tanggal pada layar CMD. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengatur ulang semua tanggal pada komputer agar sesuai dengan keadaan sebenarnya. 

23. Ver

Perintah ver berfungsi untuk menampilkan informasi dari sistem. Dengan mengetik perintah ver pada jendela CMD, Anda sudah bisa melihat informasi dari sistem pada layar dengan mudah dan cepat.

24. Time

Tidak hanya bisa digunakan untuk menampilkan tanggal, perintah CMD juga bisa digunakan untuk menampilkan waktu. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan perintah time. Perintah ini akan menampilkan waktu pada layar CMD dengan praktis. Setelah itu, Anda bisa mengatur waktu yang sesuai jika waktu yang ditampilkan masih belum benar.

25. Start 

Fungsi perintah ini yaitu untuk membuka jendela baru pada Command Prompt. Caranya sangat mudah, silakan ketik start dan Enter. Selanjutnya, Anda bisa melihat jendela baru CMD akan muncul. 

26. Ftype

Perintah berikutnya dari CMD yaitu ftype. Perintah yang satu ini berfungsi untuk menampilkan file serta informasi dari aplikasi yang bisa digunakan untuk membuka file tersebut. 

27. Color

Jika Anda merasa bosan dengan tampilan Command Prompt yang muncul di PC, Anda bisa mengganti warnanya, lho! Dengan mudah Anda bisa menggantinya menggunakan perintah color (spasi) (kode warna latar belakang) (kode warna teks). 

Misalnya, saat ini Anda ingin mengubah warna latar dengan warna putih dan teksnya dengan warna biru. Maka, Anda bisa mengetik perintah color 71.

28. Dir

Fungsi dari perintah dir yaitu untuk menampilkan file dan folder yang sedang aktif. Misalnya, Anda saat ini berada pada folder USER. Maka, daftar folder dan file yang akan ditampilkan merupakan yang ada dalam folder USER. 

29. Cd

Di dalam Command Prompt, Anda bisa berpindah dari folder yang satu ke folder yang lainnya dengan sangat mudah menggunakan perintah cd. Selain itu, Anda juga bisa melihat folder tempat Anda berada saat ini. jika ingin kembali pada folder sebelumnya, Anda bisa menggunakan perintah cd .. (titik dua kali).

30. Sc

Perintah sc digunakan untuk menampilkan informasi dari aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang. Ini merupakan salah satu alternatif yang bisa Anda gunakan selain melalui Task Manager. 

Nah, itu dia beberapa perintah Command Prompt yang perlu Anda ketahui. Namun, seiring berkembangnya sistem operasi Windows, perintah CMD pun ikut mengalami perubahan. Karena itu, Anda harus terus eksplor fungsi CMD dari berbagai sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published.