HP Sudah Di Root
in

Ciri-ciri HP Sudah Di Root yang Wajib Diketahui Pengguna Android

Bagi orang yang suka mengutak-atik HP, istilah root pastinya sudah tidak asing lagi. Karena itu, banyak diantara mereka yang mencari ciri-ciri HP sudah di-root melalui berbagai sumber. Umumnya, root dilakukan oleh pengguna Android yang ingin menginstal Custom ROM atau aplikasi tweak.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk root HP Android, diantaranya menggunakan TWRP/CWM dan secara online melalui Kingroot. Sayangnya, pada beberapa ponsel tertentu kadang cara tersebut tidak bekerja dengan sempurna. Lalu, apa ciri dari dari HP yang sudah pernah di-root? Mari simak penjelasannya di bawah ini.  

Apa itu Root?

Root berasal dari bahasa Inggris, yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia akan mengandung arti akar. Karena itu, root bisa diartikan sebagai sebuah proses yang dilakukan untuk bisa menembus akar sistem pada sebuah sistem operasi Android. 

Fungsi utama dari root pada Android adalah untuk mendapatkan akses penuh pada sistem operasi Android. Dengan begitu, pengguna bisa memodifikasi ponsel tersebut sesuai keinginannya. Contohnya seperti menghapus aplikasi bawaan ponsel yang tidak bisa dihapus melalui menu pengaturan. 

Ciri-ciri HP Sudah Di-root Tanpa Aplikasi

HP Sudah Di Root

Untuk bisa mengetahui sebuah smartphone sudah pernah root atau tidak, Anda perlu mengetahui ciri-ciri HP sudah di root ini. Di bawah ini ada 2 ciri paling umum yang bisa Anda lihat tanpa aplikasi. 

1. Muncul Ikon Aplikasi Kinguser/SuperSU

Jika Anda melihat ada ikon aplikasi seperti Kinguser atau SuperSU pada tampilan halaman utama ponsel, maka ini sebuah pertanda jika HP tersebut sudah di-root. Pasalnya, kedua aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk mengelola akses root pada ponsel. 

2. Menggunakan Android Terminal

Terkadang, dengan menemukan ikon Kinguser atau SuperSU saja tidak cukup. Anda perlu mengeceknya kembali menggunakan terminal ADB pada komputer. Cara lainnya yaitu, Anda bisa menginstal aplikasi terminal pada client di HP android yang sudah pernah digunakan.

Sebagai langkah awal, silakan unduh terlebih dahulu aplikasi terminal android ini melalui Play Store. Jika memang HP tersebut pernah di root, maka akan muncul ikon # pada jendela terminal pada saat aplikasi dijalankan. Untuk memastikannya lebih lanjut, Anda bisa mengetik perintah ‘su’ kemudian klik Enter.  

Cara Mengecek HP yang Sudah Root via Root Checker

Setelah melihat ciri HP yang sudah pernah root, Anda perlu memastikannya secara langsung. Caranya sangat mudah, silakan ikuti beberapa langkah di bawah ini. 

  • Unduh dan install terlebih dahulu aplikasi Root Checker melalui Play Store
  • Setelah terpasang, silakan buka dan jalankan aplikasi.
  • Selanjutnya, pilih opsi Verify Root untuk mengecek HP sudah pernah di-root atau belum.
  • Silakan tunggu beberapa saat. Apabila HP sudah di-root, maka akan muncul keterangan berwarna hijau ‘Congrations! Root access is properly installed on this device!’.
  • Sementara itu, jika belum pernah di-root maka akan muncul keterangan berwarna merah ‘Sorry! Root access is not properly installed on this device’.

Nah, itu dia beberapa ciri-ciri HP sudah di-root serta cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui HP sudah di-root atau belum dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.