tv - televisi
Photo by Erik Mclean on Unsplash
in

Cara Ubah TV Analog Menjadi TV Digital

Cara ubah TV Analog Menjadi TV Digital — Sempat menjadi perbincangan hangat di dunia elektronik, yakni KOMINFO atau Kementrian Komunikasi dan Informatika akan menghapus siaran TV Analog di seluruh Indonesia dan harus berpindah ke siaran TV Digital. Program ini ditargetkan akan rampung hingga 2 November 2022 secara bertahap dan dimulai dari Tahap I paling lambat 17 Agustus 2021. Dengan tujuan agar semua masyarakat bisa menikamati kualitas gambar yang lebih jernih dan suara yang lebih jelas dari siaran TV Digital ini.

Perbedaan TV Analog dan TV Digital

Mungkin masih banyak yang tidak tahu, memangnya apa yang membedakan TV Analog dan TV Digital itu? Terlebih yang masih menggunakan TV Tabung dengan masih menerapkan siaran TV Analog. Untuk mengetahuinya, Simak terlebih dahulu mengenai Cara membedakannya berikut ini :

  • Dari segi bentuk, TV Analog memiliki bentuk belakang yang tebal di karenakan masih menggunakan tabung untuk memproses tampilan visualnya. Sedangkan TV Digital biasanya memiliki bentuk yang lebih tipis tanpa ada tonjolan ke belakang.
  • Dari segi layar, TV Analog masih menggunakan kaca, Sedangkan TV Digital memilki layar yang lebih tipis karena sudah menggunakan layar LCD ataupun LED.
  • Dari segi input, TV Analog masih kurang bervariatif sangat berbeda dengan TV Digital yang sudah mencakup bermacam-macam input seperti Wi-Fi hingga USB.
  • Dari segi menu Setting, TV Analog sangat mustahil memliki opsi menu “DTV”, Sedangkan pada TV Digital sudah pasti tersedia.

Bagi kalian yang masih menggunakan Siaran TV Analog mungkin masih sedikit kebingungan mengenai bagaimana cara berpindah ke siaran TV Digital supaya masih bisa tetap menyaksikan siaran TV setiap harinya. Dan tentunya tanpa harus membeli TV yang baru.

Cara Mengubah TV Analog Menjadi TV Digital

Maka dari itu kali ini LiteTekno akan memberikan cara mengubah Siaran TV Analog dari TV Tabung menjadi Siaran Digital tanpa harus membeli Televisi baru. Simak langkah-langkahnya dibawah ini :

  1. Hal pertama yang harus disiapkan adalah kamu harus membeli satu set topboxDVBT2 (STB) sebagai alat bantu penerima siaran digital. Kamu bisa membelinya di toko elektronik ataupun online shop dengan kisaran harga 200 ribu hingga 300 ribu. Dalam setiap dus nya akan terdapat satu set topboxDVBT2, Kabel RCA, dan Remote.
  2. Sambungkan kabel RCA ke port Video IN di TV Tabung dengan menyesuaikan warnanya.
  3. Pada sisi lain kabel RCA, sambungkan juga ke port set topboxDVBT2 menyesuaikan warna.
  4. Kemudian, hubungkan kabel Antena ke port yang terdapat di set topboxDVBT2 tadi.
  5. Lalu sambungkan kabel colokkan dari TV dan kabel colokkan set topboxDVBT2 nya ke listrik.
  6. Nyalakan TV-nya.
  7. Pindahkan siaran ke TV AV1 atau AV2.
  8. Pilih opsi Indonesia.
  9. Maka secara otomatis akan langsung mencari siaran TV digitalnya. Tunggu sampai proses pencarian selesai.
  10. Jika sudah selesai, muncul kotak pemberitahuan Jumlah Siaran TV yang ditemukan dan kamu bisa langsung menikmatinya.

Dengan cara di atas, kini kamu bisa menikmati siaran TV Digital yang lebih jernih dan suara yang jelas tanpa harus membeli TV yang baru. Dan tentunya kamu akan tetap bisa menyaksikan siaran TV sebelum sepenuhnya dihapus oleh KOMINFO. Jika di perhitungkan, membeli satu set topboxDVBT2 lebih hemat dibandingkan harus membeli satu buah TV Digital yang harganya diatas dua jutaan. Semoga Bermanfaat.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0