cara screenshot windows 10 tanpa aplikasi
in

Cara Screenshot Windows 10 Tanpa Aplikasi dan Bahkan Windows 7 pun Bisa!

Teknologi semakin modern membuat alat elektronik semakin mudah digunakan. Salah satunya kemampuan untuk memfoto layar atau capture tanpa bantuan alat kedua atau lebih dikenal dengan screenshot. Tidak hanya pada smartphone, namun bisa juga pada laptop. Berikut cara screenshot Windows 10 tanpa aplikasi dan windows 7 bisa dipraktekkan dengan mudah:

Cara Screenshot pada Windows 10

Pertama akan dibahas mengenai cara screenshot pada windows 10. Pasalnya saat ini kebanyakan pengguna laptop pasti telah menggunakan windows 10. Terutama jika baru melakukan update windows atau membeli laptop saat hampir semua sistem pada laptop sudah menggunakan windows 10. Berikut cara screenshot windows 10 yang mudah dilakukan tidak perlu aplikasi:

1. Membuka Layar yang Hendak di Screenshot

Adapun cara screenshot Windows 10 tanpa aplikasi yang harus dilakukan pertama oleh pengguna adalah dengan membuka layar laptop. Tentunya pengguna bisa membuka bagian yang hendak dilakukan screenshot. Pastikan juga sesuaikan dengan layar agar tulisan, atau hal yang hendak di screenshot sudah sesuai keinginan.

2. Klik Kombinasi Alt dan PrtScn

Salah satu cara paling mudah dalam screenshot Windows 10 tanpa aplikasi adalah dengan memanfaatkan keyboard laptop. Untuk itu, pengguna bisa klik tombol PrtSc bersamaan dengan tombol Alt pada keyboard. Jika pengguna sulit menemukan tombol Alt, perhatikan pada kanan atau kiri tombol spasi.

Selain itu, juga klik PrtSc, dimana tombol ini berada pada bagian atas keyboard. Tepatnya pada tombol nomor tiga dari kanan atas keyboard. Klik keduanya, Alt dan PrtScn dengan bersamaan. Dengan kedua tombol tersebut yang ditekan, maka akan menjadi tanda layar dilakukan screenshot.

3. Menyalin Hasil Screenshot

Selanjutnya pengguna bisa menyalin hasil dari screenshot tersebut yang berupa file gambar. Untuk itu, pengguna harus membuka aplikasi lain misalnya Microsoft word, photoshop dan semacamnya. Setelah memilih dari salah satu aplikasi tersebut, pengguna bisa klik kanan.

Hasil dari screenshot akan tercopy pada layar aplikasi tersebut. Pengguna bisa juga dengan menekan Ctrl dan V secara bersamaan. Jadi, dengan begitu pengguna bisa melakukan editing jika perlu. Bisa juga langsung menyimpannya dalam aplikasi tersebut.

4. Menyimpan Hasil Screenshot

Jika sudah berhasil menyalin ataupun melakukan editing, maka pengguna bisa menyimpan hasilnya agar bisa dibuka kapan saja. Untuk melakukan penyimpanan klik Ctrl+S secara bersamaan. Bisa juga simpan secara manual melalui pilihan save pada aplikasi tersebut.

Cara Screenshot pada Windows 7

Walaupun kebanyakan orang sudah menggunakan windows 10, namun ternyata masih banyak juga orang yang masih setia dengan windows 7-nya. Namun, tidak perlu khawatir berikut akan dipaparkan juga cara melakukan screenshot pada windows 7.

Sebelumnya pengguna harus pastikan telah menentukan layar atau bagian yang hendak dilakukan screenshot. Adapun yang harus dilakukan pertama adalah dengan menekan print screen. Tombol ini ada dibagian atas kanan keyboard.

Setelah itu, bisa lihat hasilnya dengan paste pada aplikasi lain seperti paint. Sementara, jika dengan bantuan aplikasi lain bisa dilakukan dengan membuka aplikasi snipping tool. Kemudian menentukan layar yang hendak di screenshot dan kemudian bisa klik bagian save snip, maka secara otomatis hasil screenshot akan tersimpan.

Demikianlah beberapa cara screenshot Windows 10 tanpa aplikasi yang bisa dengan mudah dipraktekkan. Tidak hanya pada windows 10. tapi juga dijelaskan cara screenshot pada windows 7. Ternyata untuk melakukan screenshot  tidak hanya bisa dilakukan pada gadget saja. Pengguna laptop juga bisa melakukan screenshot seperti yang sudah dijelaskan pada artikel diatas.

Leave a Reply