Cara Restart HP Vivo agar Perfoma HP Lebih Lancar
in

Cara Restart HP Vivo agar Perfoma HP Lebih Lancar

Cara restart HP Vivo ternyata memiliki banyak fungsi dan manfaat, salah satunya ialah untuk memperlancar performa dari HP Vivo itu sendiri. Selain itu, cara yang bisa dilakukan juga sangat mudah. Anda bisa menggunakan tombol power atau menggunakan aplikasi untuk restart HP Vivo.

Restart HP sendiri adalah sebuah upaya yang dilakukan untuk memulai ulang ponsel tanpa menghapus data apapun yang ada di dalam ponsel tersebut. Berbeda dengan reset HP, yang memungkinakn data-data terhapus sehingga perlu dilakukan backup data terlebih dahulu. 

Cara Restart HP Vivo yang Aman dan Mudah

Restart HP Vivo biasanya dilakukan pada saat ponsel mengalami error atau berjalan lamban. Dengan melakukan restart, Anda akan menghentikan kerja sistem atau aplikasi error yang saat itu sedang berjalan. Lalu bagaimana caranya? Kami akan membagikannya dalam 3 cara berikut ini.

Cara Restart HP Vivo pakai Tombol Power

Perlu kita ketahui, bahwa setiap ponsel yang diluncurkan pasti telah dilengkapi dengan fitur restart HP. Begitupun pada brand HP Vivo, brand ini menyediakan fitur reset pada setiap tipe HP yang diluncurkannya. 

Cara restart HP Vivo menggunakan tombol merupakan cara paling umum dan paling dasar yang bisa kita lakukan. Adapun langkah-langkahnya bisa Anda lihat dalam poin-poin di bawah ini.

  • Tekan dan tahan tombol power pada ponsel Vivo.
  • Jika sedikit sulit saat menekan, cobalah untuk membuka case HP yang kalian gunakan terlebih dahulu.
  • Tekan dan tahan beberapa saat hingga muncul tampilan Turn off dan Restart.
  • Pilih Restart. 

Setelah ditekan Restart, maka HP Vivo Anda akan langsung mati dan menyala kembali secara otomatis. 

Cara Restart HP Vivo Menggunakan Aplikasi

Selain menggunakan tombol power, Anda juga bisa mengandalkan aplikasi lain untuk restart HP Vivo. Namun, sebelum itu Anda perlu menginstal aplikasinya terlebih dahulu. Di bawah ini telah kami siapkan beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan lengkap dengan caranya.

1. Fast Reboot

  • Silakan unduh aplikasi Fast Reboot terlebih dahulu melalui Play Store. 
  • Buka aplikasi tersebut untuk memulai proses restart HP Vivo.
  • Tunggu hingga proses restart selesai.
  • Jika sudah, proses restart HP Vivo sudah berhasil.

2. Shutdown No Root

  • Unduh dan install terlebih dahulu aplikasi Shutdown No Root melalui Play Store.
  • Buka aplikasi tersebut, maka Anda akan menemukan beberapa pilihan seperti Restart, Power Off, Silent, dan Airplane Mode Default.
  • Selanjutnya klik Restart untuk melakukan proses restart HP Vivo.
  • Ponsel akan memulai ulang secara otomatis. 

Fungsi Restart HP Vivo

Seperti yang sudah kita senggol sedikit di atas, cara restart HP Vivo memiliki beberapa manfaat. Salah satunya yaitu untuk menghentikan aplikasi yang sedang error dan memulai ulang kembali kinerja dari HP itu sendiri. Namun, ternyata bukan hanya itu saja manfaatnya. Di bawah ini telah kami rangkum beberapa manfaat tersebut.

1. Refresh Sistem

Ketika Anda menekan tombol restart atau reboot, maka semua file temporary dan sampah yang tidak dibutuhkan akan terhapus secara otomatis. Lalu, pada saat ponsel kembali menyala maka sistem akan kembali fresh dan siap memberikan performa yang lebih optimal.

2. Mengatasi Aplikasi Error

Fungsi berikutnya dari restart HP ialah untuk mengatasi aplikasi yang error. Seandainya Anda pernah menginstal aplikasi yang tidak dapat berjalan sama sekali, maka salah satu solusi yang dapat dilakukan ialah dengan restart HP Anda. Setelah di-restart, biasanya aplikasi bisa berjalan dengan normal. 

3. Mengosongkan RAM

Siapa disini yang memiliki kapasitas RAM terbatas? Maka restart bisa menjadi salah satu cara untuk membantu mengosongkan RAM yang sudah dipenuhi oleh file tidak penting di smartphone tersebut. 

Tentunya hal ini bisa membantu meningkatkan performa smartphone Anda agar lebih gesit. Pasalnya, RAM yang terlalu penuh bisa memperlambat kinerja prosesor sehingga sistem berjalan lebih lambat dan kurang responsif.

4. Mengatasi Gagal Sistem

Fungsi terakhir dari restart HP ialah mengatasi adanya gagal sistem yang sering terjadi pada perangkat HP. Mungkin Anda seringkali menemukan beberapa menu HP yang tidak dapat diakses, fitur yang tiba-tiba menghilang, atau kendala lainnya.

Dengan melakukan restart, semua permasalahan tersebut bisa teratasi dan HP Anda bisa berjalan dengan notmal kembali. Selain itu, restart juga bisa membantu memulihkan sistem yang error akibat crash pembacaan file.

Namun, jika sudah melakukan cara restart HP Vivo tetapi kondisinya masih belum pulih, maka ada kemungkinan terdapat bagian sistem yang corrupt filenya. Untuk mengatasinya, Anda harus mereset ulang HP tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.