in

Cara Reset Modem Smartfren Bagi Pengguna Baru

Cara Reset Modem Smartfren sebenarnya cukup mudah dilakukan agar bisa seperti pada pengaturan awal saat pertama digunakan. Modem bisa jadi ngadat atau bermasalah biasanya karena sering digunakan, sehingga perlu untuk istirahat sejenak. Beberapa cara dapat dicoba untuk mengembalikannya ke mode standar agar berfungsi kembali secara lebih optimal.

Modem sepertinya sudah bukan hal asing untuk ditemui dan diketahui di era teknologi yang semakin maju seperti sekarang ini. Banyak orang yang memilih menggunakan modem untuk menunjang aktivitas mendapatkan jaringan internet.

Pilihan menggunakan modem terletak pada kepraktisannya untuk dibawa kemama-kemana dengan jaringan yang lebih cepat dan lebih baik. Modem sendiri merupakan perangkat keras komputer atau laptop yang memiliki fungsi untuk menghubungkan atau mengkoneksikan internet dengan komputer atau laptop.

Seperti pada umumnya alat elektronik apapun jenisnya, modem juga dapat mengalami kerusakan yang membuatnya tidak berfungsi. Komponen yang terkandung dalam modem terbagi pada segi software (perangkat lunak) dan hardware (perangkat keras). Biasanya kerusakan pada modem terjadi pada aspek software, tetapi tidak menutup kemungkinan juga pada hardwarenya.

Masalah pada software bisa diatasi dengan mengatur ulang atau meresetnya saja. Namun bila yang rusak adalah masalah pada hardware, mungkin itu karena faktor usia penggunaan dari perangkat modem tersebut.

Ada banyak tips dan trik dalam merawat modem yang dapat menghindari masalah saat digunakan berselancar di internet. Tentu sangat mengganggu bila pekerjaan atau aktivitas berselancar menggunakan jaringan internet terganggu gara-gara modem yang bermasalah. Cara reset modem smartfren sangat membantu bila terjadi masalah pada modem smartfren kamu.

Disini kita akan berbagi sedikit tips dan cara yang mungkin dapat digunakan dalam menghadapi modem smartfren kamu yang sedang bermasalah. Berikut beberapa cara reset modem smartfren bila mungkin modem kamu ngadat atau bermasalah.

Cara Reset Modem Smartfren

Cara Reset Modem Smartfren

Perkembangan modem turut mengikuti perkembangan teknologi yang ada, selain lebih mudah digunakan varian yang ditawarkan oleh penyedia jasa jaringan juga beragam. Perbedaan modem dahulu modem misalnya sangat identik dengan saluran telepon, berbeda dengan sekarang yang menggunakan jaringan tanpa kabel dalam operasionalnya.

Salah satu penyedia modem yang banyak digunakan adalah modem yang dikeluarkan oleh smartfren. Data jaringan internet dari smartfren bisa dibilang sangat baik dan menjadi pilihan untuk kelas penggunaan modem. Jaringan internet smartfren juga telah banyak menjangkau wilayah Indonesia.

Jenis modem yang dikeluarkan oleh Smartfren cukup banyak variannya sesuai dengan jangkauan jaringan yang disediakan serta perkembangan kecepatan jaringan yang ada. Pada kesempatan kali ini akan kita bagikan cara reset modem smartfren dari tipe yang banyak digunakan yaitu Andromax M3Y dan Andromax M3Z.

Sebagai pengingat bagi para pengguna modem smartfren bahwa jenis modem smartfren yang beredar dengan tipe Andromax M3Y dan Andromax M3Z tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Keduanya sama-sama merupakan serie yang dikeluarkan beriringan dari jenis Andromax.

Perbedaan paling nyata hanya terletak pada vendor atau penyedia alat tersebut yaitu Andromax M3Y dibuat oleh Haier, sedangkan Andromax M3Z dibuat oleh ZTE. Sehingga secara fungsi penggunaan dan perawatan relatif tidak berbeda, termasuk dalam hal ini bila akan melakukan reset terhadap dua modem smartfren tersebut caranya juga sama.

Masalah yang mungkin terjadi pada modem untuk coba diselesaikan dengan cara meresetnya biasanya karena modem tidak bisa menjangkau koneksi internet, atau lupa password, bisa juga modem tidak berfungsi karena error atau karena hal lainnya.

1. Menggunakan Fungsi Tombol Pada Modem

Cara Reset Modem Smartfren mudah

Cara mereset dengan menggunakan tombol pada modem paling mudah dilalukan karena tidak memerlukan alat atau perangkat lainnya. Dengan memastikan tombol pada modem bergungsi sebagaimana mestinya, maka untuk melakukan reset sebagai berikut:

  1. Pastikan kondisi modem harus berada dalam keadaan on atau menyala
  2. Buka cover belakang penutup baterai dengan hati-hati jangan sampai baterai terlepas, bila tidak berhati-hati dan baterai terlepas maka modem akan off atau mati
  3. Cari dan tepemukan tombol “RESET” pada posisi bagian yang sejajar dengan WPS
  4. Tekan tombol reset sampai terdengar suara “triik” kurang lebih sekitar 3 detik
  5. Lampu indikator yang berwarna putih akan menyala menandakan proses reset sedang berlangsung
  6. Dan proses reset sudah selesai

2. Menggunakan Aplikasi Smartphone Android

Cara Reset Modem Smartfren mudah

Pilihan cara yang kedua ini dapat coba digunakan bila alternatif tombol reset tidak dapat digunakan atau tidak berfungsi. Dan pastinya menggunakan smartphone android yang dilengkapi dengan aplikasi Mylink m3y atau Mylink m3z. Alur langkah yang dilakukan untuk melakukan reset modem menggunakan aplikasi smartphone android adalah sebagai berikut:

  1. Smartphone android yang digunakan haruslah terhubung dengan modem Andromax M3Y atau Andromax M3Z
  2. Smartphone android yang digunakan sudah dilengkapi aplikasi Mylink m3y atau Mylink m3z yang dapat diunduh/download di Play Store
  3. Buka dan log in pada aplikasi Mylink m3y atau Mylink m3z dengan menggunakan Username dan Password “admin”
  4. Kemudian pilih menu Settings, lalu Admin Settings, dan kemudian tekan tombol “RESET”.
  5. Proses reset sudah selesai dilakukan

3. Menggunakan Halaman Admin Di Personal Computer (PC) Atau Laptop

Cara Reset Modem Smartfren mudah

Sebenarnya cara yang ketiga ini tidak jauh berbeda dengan cara yang kedua diatas, pilihan ini dapat dilakukan bila cara reset modem smartfren yang akan lakukan tidak dapat dilakukan menggunakan cara pertama atau cara kedua.

Pertama-tama sambungkan modem Andromax M3Y atau Andromax M3Z anda menggunakan kabel USB ke port di Personal Computer (PC) atau laptop anda. Kemudian langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut.

  1. Install program sampai dengan selesai dan pastikan terinstall
  2. Kemudian klik program “Andromax M3Y atau Andromax M3Z” yang akan muncul di tampilan “Dekstop”
  3. Halaman log in selanjutnya akan terbuka di browser manual yang biasa digunakan seperti google chrome atau mozilla firefox
  4. Masuk atau log in dengan menggunakan Username dan Password dengan kata “admin”
  5. Lalu pilih Settings, kemudian pilih Admin Setting, dan terakhir klik pilih timbol “Reset Settings

Nah, itulah sedikit tips dan trik yang dapat kamu gunakan dalam mengatasi modem Smartfren kamu yang sedang bermasalah. Masalah yang terjadi tidak melulu karena satu atau lebih sebab, maka tidak ada salahnya mencoba dengan berbagai cara. Semoga bermanfaat cara reset modem smartfren ini.

Leave a Reply