in

Cara Reset HP Xiaomi Paling Praktis dan Aman

Tutorial Reset HP Xiaomi dengan Hard Reset dan Melalui Menu Setting

Cara Reset HP Xiaomi Sudah bertahun-tahun Xiaomi telah berhasil menjadi salah satu perusahaan teknologi yang terkemuka. Xiaomi menghadirkan beragam jenis HP dengan spesifikasi tinggi namun dengan harga yang lebih kompetitif.

Seperti merek HP lainnya pasti semakin lama akan semakin lemot karena sering digunakan. Oleh sebab itu untuk dapat mengembalikan performa HP Xiaomi agar seperti sedia kala yang cepat dan tidak lemot. Maka kamu harus melakukan reset HP Xiaomi. Beberapa Panduan telah tersaji pada artikel ini terkait cara reset HP Xiaomi dengan aman dan mudah.

Cara Reset HP Xiaomi  Lengkap Dan Mudah

Cara reset HP Xiaomi

Sebelum kamu memutuskan untuk mereset HP Xiaomi, maka sangat disarankan bagi kamu akan melakukan backup terlebih dahulu terhadap data-data yang telah kamu simpan pada HP Xiaomi milikmu.

Hal ini sangat penting karena pada proses ini nantinya akan menghapus data secara keseluruhan beserta aplikasinya yang ada di HP sehingga nanti hasilnya HP akan kembali ke dalam kondisi awal seperti baru dibeli.

Lalu kamu juga harus mengisi baterai HP kamu minimal 50% yang bertujuan agar nanti proses reset HP Xiaomi berjalan dengan lancar dan tidak terkendala ketika di tengah jalan.

Setelah kamu selesai memback-up semua data yang kamu butuhkan serta mengisi baterai HPmu maka langsung saja mengikuti cara reset HP Xiaomi yang dapat kamu tiru di bawah ini :

Cara untuk mereset HP Xiaomi terdapat dua langkah yaitu yang pertama dengan menggunakan tombol dan yang kedua dengan login ke menu pengaturan.

Cara Reset HP Xiaomi Dengan Tombol Recovery Mode

Cara reset HP Xiaomi

  • Ketika HP Xiaomi mu masih dalam keadaan menyala, maka kamu harus menekan tombol power + Volume Up secara bersamaan selama beberapa detik sampai nantinya akan muncul logo MI
  • Setelah itu nantinya HP kamu akan otomatis masuk ke recovery mode dan untuk melakukan reset kamunya tinggal memilih opsi “Wipe Data/Factory Reset” dan kemudian pilih lagi “Wipe All Data”. Lalu klik opsi “Yes”
  • Selanjutnya yang kamu lakukan adalah menunggu sampai proses reset selesai dan berhasil dilakukan
  • Setelah prosesnya selesai kamu dapat melakukan reboot atau mereset HP Xiaomi milikmu, kemudian ikuti petunjuk selanjutnya yaitu mengetikkan email dan password agar kamu dapat kembali menggunakan HP Xiaomi dengan performa seperti baru lagi.

Cara ini terbukti sangat mudah dan beberapa pengguna HP Xiaomi juga berhasil mereset dengan menggunakan cara ini.

Reset HP Xiaomi Melalui Menu Settings

Selain mereset HP Xiaomi dengan menggunakan recovery mode, kamu juga dapat melakukan reset HP melalui menu pengaturan atau setelan. Cara ini juga terbukti sangatlah sederhana karena kamu hanya perlu masuk ke menu setting lalu cari menu “Factory Reset”. Untuk mengetahui cara lebih lengkapnya, maka Ikutilah langkah-langkah di bawah ini :

  • Masuk ke menu setelan atau setting yang ada di HP Xiaomi mu.
  • Pilih “Additional Settings atau Setelah Tambahan”. Kemudian klik lah “pick up dan reset” atau buat cadangan dan setel ulang pada HP Xiaomi mu
  • Kemudian klik lagi “factory data reset” atau Kembalikan ke setelan pabrik dan setelah itu kamu dapat mengklik “reset Phone” atau setel ulang telepon yang biasanya terletak di bagian bawah pada menu pengaturan
  • Lalu verifikasi diri kamu dengan memasukkan password dan hal lainnya yang diperlukan, kemudian kamu dapat melanjutkan proses untuk memformat HP Xiaomi
  • Setelah factory reset ini selesai dilakukan, tentunya HP Xiaomi mu akan kembali ke pengaturan awal dan kamu juga akan melihat wallpaper seperti saat pertama kali kamu menyalakan HP Xiaomi yang baru

Cara Hard Reset Xiaomi dengan Mudah

Cara reset HP Xiaomi

Cara selanjutnya untuk dapat mereset HP Xiaomi dapat menggunakan cara hard reset. Hampir sama seperti cara-cara sebelumnya yaitu pada cara hard reset ini kita harus mematikan terlebih dahulu HP Xiaomi yang akan direset.

Karena proses reset HP Xiaomi ini dilakukan dengan melalui recovery mode, maka yang harus dilakukan adalah mematikan HP saat proses booting berlangsung. Hal ini berbeda dengan cara mereset HP Xiaomi dengan menggunakan faktory reset yang dapat dengan mudah dilakukan tanpa perlu ribet untuk mematikan HP terlebih dahulu.

Karena ketika kamu memutuskan untuk  menggunakan factory reset ini kamu hanya perlu melalui menu pengaturan atau setelan yang berada di HP Android kamu.

Langkah hard reset HP Xiaomi

Langsung saja tanpa basa-basi di bawah ini merupakan cara untuk melakukan hard reset HP Xiaomi yang kamu miliki :

  • Cara pertama kamu dapat mematikan HP Xiaomi terlebih dahulu untuk memulai peresetan
  • Kemudian tekan tombol power bersamaan dengan volume up serta tahan selama 10 sampai 15 detik
  • Pada cara ini kamu akan masuk ke dalam recovery mode. Setelah itu kamu tinggal menunggu beberapa saat saja.  Nantinya akan muncul logo MI yang menyusul setelah ponsel bergetar efek dari kamu mematikan layar
  • Kemudian pada layar HP mu nantinya akan muncul menu recovery mode yang nantinya akan menuntun kita untuk mengakses dan mengarahkan untuk mereset HP
  • Selanjutnya jika terdapat opsi terkait pemilihan jenis bahasa. Maka kamu pilih saja bahasa Inggris dengan cara kamu hanya perlu menekan tombol volume yang bertujuan untuk mengganti pilihan bahasa yang telah disediakan di layar HP Xiaomi mu
  • Setelah selesai kamu pilih, maka lanjut untuk menekan tombol power yang dipergunakan sebagai pengganti tombol enter. Tapi perlu kamu ketahui bahwa tidak semua HP merk Xiaomi akan meminta dan menyediakan opsi jenis bahasa. Karena biasanya beberapa HP telah diatur atau di-setting secara otomatis ke dalam bahasa Inggris tanpa harus melakukan pengaturan ulang

Selanjutnya:

  • Selanjutnya pilihlah menu “wipe data” atau recovery reset yang bertujuan agar kamu dapat memulai proses reset pada HP Xiaomi selanjutnya klik “Wipe all data” kemudian pilih “Confirm”
  • Tunggulah beberapa menit sampai proses riset yang kamu lakukan ini berhasil dan selesai diproses. Pada umumnya proses ini kurang lebih memakan waktu 5 sampai 10 menit. Selanjutnya, pilihlah menu “Back to main menu” setelah proses reset selesai. Di mana tersebut nantinya akan tersedia pilihan report yang digunakan untuk mereset HP Xiaomi dan kamu klik “reboot to system”
  • Setelah kamu melakukan reset maka tampilan layar HP Xiaomi mu akan berubah seperti sedia kala ketika kamu pertama kali menyalakannya. Aplikasi yang ter-install pun juga sangat sedikit, hanya aplikasi bawaan saja dan aplikasi yang sebelumnya kamu download telah tereset
  • Pada cara ini proses hard reset pada HP Xiaomi telah selesai dilakukan. Langkah selanjutnya kamu hanya perlu melakukan setting sesuai yang kamu inginkan. Misalnya kamu dapat menambahkan beberapa aplikasi lainnya yang dapat kamu install di Google Play Store

Biasanya pengguna akan diminta untuk masuk kembali menggunakan akun MI. Sehingga pada tahap tersebut kamu diarahkan untuk memasukkan username beserta passwordnya agar dapat masuk ke akun MI. Akan tetapi jika kamu tidak memiliki akun MI maka kamu dapat melewatinya.

Tentu langkah-langkahnya juga hampir mirip seperti langkah-langkah di atas yang telah dijelaskan dengan lengkap.

Namun bagi kamu yang masih merasa kesulitan. Dapat pula  kamu menggunakan cara factory reset karena lebih simpel dan tidak perlu mematikan HP.

Cara Reset Xiaomi Melalui Mi Cloud

Cara reset HP Xiaomi

Cara reset HP Xiaomi dengan menggunakan MI Cloud ini sepertinya sangat jarang sekali dilakukan. Karena cara ini dianggap kurang familiar atau lebih ribet ketika dilakukan.

Agar dapat melakukan reset dengan melalui MI Cloud ini, kamu hanya butuh mengakses situs tertentu dengan melalui HP. Tapi tentu kamu juga harus terlebih dulu sign in dengan menggunakan akun Mi.

Kamu pun harus memastikan bahwa akun MI yang kamu gunakan ini sama dengan akun yang kamu pakai di HP Xiaomi yang akan di reset.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Langkah pertama, bukalah Browser dengan menggunakan laptop atau komputer, lalu kamu diarahkan untuk mengetikkan “us.i.mi.com” lalu tekan enter
  • Lalu “Sign in with Mi Account”, dan mengetikkan email atau nomor handphone yang kita pakai di akun MI
  • Setelah itu ketikkan password, lalu klik “Sign in.” Kemudian pilih “Find device” pada deretan menu yang ada
  • Selanjutnya klik “Wipe device” untuk melakukan proses reset selanjutnya. Sehingga nanti akan muncul laman baru yang menampilkan beberapa data yang akan terhapus. Dilanjutkan dengan  klik “”
  • Selesai

Demikian cara reset HP Xiaomi paling mudah dan aman yang dapat kamu coba  di HP milikmu.

Leave a Reply