cara menulis huruf arab
in

Cara menulis Huruf Arab di Microsoft Word

Menulis huruf Arab merupakan salah satu kebutuhan penting dalam bidang pendidikan agama Islam. Terkadang kita mendapatkan tugas dari guru Agama yang berkaitan dengan menulis huruf Arab menggunakan komputer maupun laptop. Microsoft Word salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk menulis huruf arab. Sebenarnya bukan hal yang rumit untuk menulis huruf Arab di Microsoft Word. Microsoft sendiri juga sudah menyediakan fiturnya, jadi kamu hanya tinggal mengaktifkan fitur tersebut agar bisa menulis  huruf Arab. Pada kali ini LiteTekno akan membagikan cara menulis huruf Arab di Microsoft Word

Bagaimana Cara Menulis Huruf Arab Di Microsoft Word?

Kamu tidak perlu bingung bagi yang masih menggunakan keyboard biasa  tenang saja, karena yang kita perlu butuhkan yaitu On-Screen Keyboard bawaan Windows.

Cara ini  bisa kamu gunakan pada semua versi Windows, huruf arab juga akan secara otomatis mendukung pada semua versi Microsoft Word.

Untuk menulis bahasa arab kamu bisa menggunakan berbagai macam versi Microsoft Word, tapi yang akan di gunakan kali ini yaitu Microsoft Word 2016 dengan Windows 2016.

Berikut langkah-langkahnya :

  • Menambahkan Bahasa Arab

Untuk caranya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Klik Start lalu search Settings > cari Language pada kolom pencarian > pilih Region & Language

cara menulis huruf arab

2. Kemudian, pastikan sudah berada pada menu Region & Language lalu klik Add a language untuk menambahkan bahasa.

cara menulis huruf arab

3. Pada kolom pencarian, silahkan ketik United Arab. Lalu klik bahasa tersebut

4.Tunggu proses Instalasi Bahasa Arabnya. Jika selesai bahasa Arab bakal tampil di pengaturan.

5. Nah, sekarang kamu berhasil menambah bahasa arab ke komputer atau laptop kamu.

  • Mengubah keyboard menjadi bahasa Arab

Setelah berhasil menambahkan bahasanya ke komputer ataupun laptop kamu, komputer akan tetap menggunakan bahasa yang dipakai sebelumnya, untuk melakukan penggantian bahasa harus kamu melakukannya secara manual. Cara mengubah bahasa pada keyboard cukup tekan Windows + Spasi lalu pilih bahasa Arab, atau tekan Shift + Alt secara bersamaan.

  Windows + Spasi

Untuk memastikan apakah keyboard sudah berganti bahasa menjadi arab, kamu bisa mengecek pada kanan bawah taskbar jika bahasanya sudah berubah maka tampilan akan seperti berikut

cara menulis huruf arab

Dan jika kamu ingin mengembalikannnya bahasa seperti semula kamu hanya perlu tekan Shift + Alt.

  • Mengaktifkan Keyboard tulisan Arab

cara menulis huruf arab

Dengan On-Screen keyboard, kamu tidak perlu bingung lagi, karena secara otomatis On-Screen keyboard menyesuaikan bahasa yang kita pilih. Untuk mengaktifkannya bisa klik Start > ketik On-Screen Keyboard.

Cara menulis Huruf Arab di Microsoft Word

Bagi kamu yang ingin menulis Arab di Microsoft Word, sebaiknya kamu menggunakan font Arabic Typesetting dengan huruf rata kanan. Untuk cara menulisnya sendiri terdapat beberapa shortcut pada keyboard seperti dibawah ini :

  • Shift + Q = Fathah
  • Shift + A = Kasrah
  • Shift + E = Dammah
  • Shift + W= Fathah Tanwin
  • Shift + S = Kasrah Tanwin
  • Shift + R = Dammah Tanwin
  • Shift + X = Sukun
  • Shift + ~ = Tasydid

Nah, untuk harakat-harakat bisa di tambahkan dengan klik Symbol > Klik More Symbol…

  • 0670 = Fathah tegak
  • 0656 = Kasrah tegak
  • 0657= Dammah tegak

 

Sebelumnya kalian harus mengubah font symbol sesuai Bahasa yang digunakan, yaitu Arabic Typesetting. Setelah itu masukkan kode pada kolom Character Code.

Nah itulah cara menulis huruf Arab di Microsoft Word yang bisa kamu gunakan. Jika sudah mengetahui caranya sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi. Temuka artikel bermanfaat lainnya di LiteTekno. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published.