cara menonaktifkan cortana
in

2 Cara Menonaktifkan Cortana di Windows 10

Cara Menonaktifkan Cortana di Windows 10 – Cortana merupakan suatu virtual sistem yang berbasis cloud. Fitur ini hadir di Windows 10 secara eksklusif. Sistem Cortana memiliki kemampuan untuk melakukan fungsi-fungsi tertentu pada sistem. Misalnya, mengubah wallpaper komputer, mendapatkan informasi, mencari suatu aplikasi, mengatur jadwal atau sebagai pengingat, dan lain-lain.

Bahkan tak bisa menggunakannya saat kita ingin menanyakan sesuatu pertanyaan-pertanyaan tertentu. Mungkin anda adalah salah satu orang yang termasuk dalam golongan orang yang konservatif dan lebih nyaman jika melakukan segala hal sendiri, dengan anda memilih untuk tidak menggunakan sistem Cortana pun menimbulkan beberapa pertanyaan yang mungkin slah satunya adalah, “Bisa nggak kalau cortana itu di hapus aja?” atau “Bagaimana cara menonaktifkan Cortana di Smartphone Windows 10?”

Cara Menonaktifkan Cortana di Windows

Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh banyak pengguna Windows 10 di beberapa forum internet. Pasti akan hanya ada ada satu jiwa dan dari banyak pertanyaan seperti ini yaitu, Cortana merupakan sebagian terintegrasi dari Windows 10 yang tidak bisa dihapus.
untuk itu, disini akan dijelaskan beberapa cara untuk menutup, menonaktifkan, atau mematikan Cortana pada Windows 10.

Disini Litetekno akan menjelaskan mematikan atau menonaktifkan Cortana dengan dua cara yaitu dengan melalui komputer configuration dan melalui Windows settings.

1. Cara Menonaktifkan Cortana Melalui Computer Configuration

Computer Configuration, merupakan sebuah jendela Windows yang fungsinya yaitu untuk mengubah pengaturan-pengaturan bawaan yang ada pada sistem.

Berikut ini adalah cara mematikan Cortana melalui Computer Configuration:

  • Pada kolom search Windows, silakan ketik “gpedit.msc“, lalu klik OK.
  • Selanjutnya, jendela baru akan terbuka. Silahkan masuk ke direktori: Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Search.
  • Periksa di bagian sebelah kanan. Di sana akan terdapat menu Allow Cortana. Klik kanan, lalu klik Edit.
  • Rubah pengaturannya dari “Not Configured” menjadi “Disabled“. Kemudian klik Apply, lalu klik OK.

Jika semuanya sudah, lakukan restart terlebih dahulu pada sistem komputer seperti biasa, untuk menerapkan hasil pengaturan tersebut. Dengan begini, Cortana dengan otomatis akan menjadi nonaktif.

2. Cara menonaktifkan Cortana melalui Windows settings

Bisa mengatur segala aktivitas yang dibutuhkan oleh user di Windows 10 merupakan salah satu dari banyak fitur Cortana. Nah, pengaturan aktivitas tersebut bisa kita hentikan. Dengan begini, Cortana pun akan menjadi nonaktif. Begini caranya:

  • Klik Start, lalu klik logo Settings.
  • Terdapat menu Cortana pada jendela setting, silahkan di klik untuk membuka,
  • Selanjutnya, klik Permissions & History di bagian kiri menu.
  • Masuk ke dalam menu Manage the information Cortana can access from the device.
  • Selanjutnya, ubah semua pengaturan Permissions di sana, dari yang sebelumnya “ON” menjadi “OFF“.
  • Dan yang terakhir, klik tombol kembali. Silakan klik Sign Out.

Nah, Sekarang Cortana di komputer Anda sudah tidur lelap dengan kata lain adalah posisi tidak aktif. Sama seperti sebelumnya, setelah mengatur Windows Settings, lebih baik restart juga si komputer agar efeknya dapat terasa.

Demikian cara menonaktifkan Cortana di Windows 10. Semoga info ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.