Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan tanpa Menghapus Aplikasi
in

7 Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan tanpa Menghapus Aplikasi

Cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi seringkali dibutuhkan saat memori di smartphone sudah penuh dan mengganggu performanya menjadi kurang optimal. Tentunya ini membuat kita tidak nyaman saat menggunakan smartphone tersebut. Pasalnya, memori yang penuh bisa membuat smartphone menjadi lemot

Salah satu cara yang biasa dilakukan untuk mengosongkan ruang ialah dengan cara menghapus aplikasi. Namun, bagaimana jika semua aplikasi yang terinstal itu penting dan tidak ada yang bisa dihapus? Anda masih bisa mengosongkan memori dengan beberapa cara yang akan kami bagikan di bawah ini.

1. Ekspor File ke Memori Eksternal

Jika saat ini smartphone Anda mendukung penggunaan Micro SD, sebaiknya pindahkan semua file yang ada di memori internal ke SD card. Cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi ini bertujuan untuk mengosongkan penyimpanan internal, terutama dari file-file yang berukuran besar. 

 

Baca Juga : 12 Shortlink penghasil uang terbukti membayar

 

Beberapa file yang bisa Anda pindahkan ke memori eksternal diantaranya foto, video, dokumen, atau file lainnya yang tersimpan di memori internal. Selain itu, pastikan juga Anda menggunakan kartu memori berkualitas baik agar bisa membantu meningkatkan performa dari smartphone Anda.

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk memindahkan file dari memori internal ke memori eksternal. Ini merupakan cara yang direkomendasikan oleh Google. Berikut caranya!

  • Install aplikasi Files by Google di Play Store, lalu buka aplikasi tersebut.
  • Silakan pilih Browse, lalu pilih kategor file yang ingin Anda ekspor. 
  • Pilih file yang akan dipindahkan. Disini, Anda bisa mencentang beberapa file sekaligus untuk dipindahkan bersamaan.
  • Jika semuanya sudah ditandai, klik ikon titik tiga di sebelah kanan atas.
  • Pilih Pindahkan ke atau Salin ke.
  • Pilih Kartu SD.
  • Selesai

2. Hapus File yang Terunduh dari Aplikasi

Apakah Anda tergabung dalam beberapa grup di WhatsApp dan suka mengunduh berbagai file di browser? Disadari atau tidak, kebiasaan ini ternyata bisa membuat ruang penyimpanan di smartphone menjadi cepat penuh. 

Meskipun ukuran file yang dikirim melalui WhatsApp ini cenderung kecil, tapi tetap akan menjadi masalah saat sudah terlalu banyak file yang tersimpan dan tidak rutin dibersihkan. Selain itu, tidak jarang pengguna yang sering merasa malas membersihkan file tidak penting dari WhatsApp. Tentu kebiasaan ini tidak boleh dibiarkan. 

Untuk mengatasinya, Anda bisa menonaktifkan download otomatis pada WhatsApp. Caranya yaitu pilih Setting > Penyimpanan dan Data > Media Auto Download. Disini Anda bisa mengubah izin auto download

Di samping itu, perhatikan pula ukuran file yang Anda unduh dari internet. File yang sudah tidak penting, sebaiknya hapus saja. Caranya yaitu dengan masuk ke Download, lalu cari file yang ingin dihapus. Cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi ini cukup membantu untuk menjaga penyimpanan selalu kosong.

3. Hapus Foto dan Video yang Sudah Tidak Diperlukan

Cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi berikutnya yang bisa Anda lakukan ialah dengan menghapus beberapa file yang sudah tidak diperlukan. Mungkin, salah satu penyebab memori penuh ialah karena Anda terlalu banyak menyimpan foto atau video sebagai kenang-kenangan atau sekadar memenuhi hobi fotografi dan videografi yang Anda miliki.

Tidak ada yang salah dengan hobi tersebut. Namun, jika semua file tersebut ditimbun pada smartphone, maka akan memenuhi ruang penyimpanan. Karena itu, solusi terbaik yang bisa dilakukan ialah dengan menghapus foto dan video tersebut jika sudah tidak diperlukan. 

4. Hapus Cache

Banyak orang yang tidak menyadari jika hampir semua aplikasi yang mereka install memiliki cache. Data cache biasanya digunakan aplikasi untuk menghemat sedikit waktu dan data seluler, tujuannya untuk memberikan kenyamanan pada pengguna. Sayangnya, tidak semua file cache pada aplikasi diperlukan oleh pengguna. 

Karena itu, Anda bisa mencoba menghapus cache aplikasi tersebut untuk memberikan ruang kosong pada penyimpanan smartphone. Cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi ini banyak dilakukan oleh pengguna smartphone dengan kapasitas penyimpanan yang terbatas. 

Adapun caranya yaitu, buka Setting atau Pengaturan di Smartphone > Aplikasi > Manajer Aplikasi. Selanjutnya, pilih aplikasi yang ingin dihapus cache-nya. Lalu, klik Hapus Cache untuk menghapus cache pada aplikasi tersebut. 

Sementara itu, jika ingin menghapus semua data cache dari semua aplikasi, silakan buka Pengaturan > Penyimpanan > Data Cache. Kini semua cache yang tersimpan di smartphone Anda akan terhapus. 

5. Simpan File di Cloud

Jika Anda memang merasa semua file yang dimiliki itu penting tapi ruang penyimpanan sudah tidak mumpuni lagi, maka jalan lain yang bisa dilakukan ialah dengan menyimpan file-file tersebut di Cloud. Ini bisa jadi alternatif cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi terbaik yang bisa Anda coba.

Saat ini, teknologi Cloud sudah banyak berkembang. Anda bisa memanfaatkannya sebagai ruang penyimpanan untuk menyimpan berbagai jenis file disana. Cloud memiliki beberapa pilihan aplikasi penyimpanan yang bisa Anda pilih, seperti Google Drive, Google Photos, serta Dropbox.

Google Photos merupakan aplikasi Cloud yang bisa Anda manfaatkan untuk menyimpan foto dan gambar. Dengan menggunakan aplikasi Google Photos, semua foto dan gambar yang Anda miliki akan di-backup secara otomatis oleh sistem Cloud dengan ukuran yang telah dioptimasi. Meskipun begitu, kualitas gambar tidak akan berkurang. 

Sementara itu, jika Anda memiliki banyak file dengan berbagai format, maka Anda bisa menggunakan Google Drive, Dropbox, atau Icloud. Penyimpanan tersebut bisa Anda nikmati secara gratis dengan batas kapasitas tertentu. Namun, jika ingin menggunakan kapasitas yang lebih besar maka Anda bisa berlangganan dengan harga yang relatif terjangkau. 

6. Nonaktifkan Bloatware

Umumnya, smartphone terutama Android akan memiliki beberapa aplikasi bawaan atau disebut dengan Bloatware. Sebagian aplikasi ini mungkin tidak digunakan. Apabila dibiarkan dalam keadaan idle, maka bisa menghasilkan cache atau sampah di sistem penyimpanan. 

Sebenarnya, jika memang tidak diperlukan aplikasi-aplikasi tersebut dapat dihapus saat smartphone sudah dalam keadaan root. Namun, Anda juga bisa menonaktifkan aplikasi tersebut tanpa root dengan beberapa cara di bawah ini.

  • Tekan dan tahan ikon aplikasi yang ingin dinonaktifkan.
  • Seret ikon tersebut ke sisi kanan atas, lalu pilih info aplikasi (cara ini akan sedikit berbeda pada masing-masing smartphone).
  • Selanjutnya, Anda akan berada di halaman pengaturan untuk menonaktifkan aplikasi tersebut. 

7. Streaming Video dan Musik

Jika ruang penyimpanan pada smartphone sudah sangat penuh tapi Anda membutuhkan hiburan seperti musik, video, ataiu film, maka Anda bisa memanfaatkan layanan streaming. Ini merupakan cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi yang cukup efektif dilakukan. 

Anda bisa memasang aplikasi seperti Netflix, Spotify, atau aplikasi semacamnya. Dengan begitu, Anda tidak akan menyimpan file di smartphone dan bisa menghemat ruang penyimpanan. Selain itu, Anda juga bisa menikmati berbagai jenis musik dan film tanpa batas atau khawatir ruang penyimpanan penuh.

Nah, itulah beberapa cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi yang bisa Anda lakukan. Sebagai pencegahan, jangan lupa untuk rutin menghapus cache serta file-file yang tidak diperlukan agar ruang penyimpanan senantiasa kosong.

Leave a Reply

Your email address will not be published.