Google
Photo by Brett Jordan on Unsplash
in ,

Cara Menghentikan Notifikasi Google Chrome pada Android

Cara Menghentikan Notifikasi Google Chrome Android — Saat ini, Google Chrome menjadi salah satu browser yang paling sering digunakan. Baik versi desktop maupun versi mobile, keduanya rutin melakukan update untuk meningkatkan performa.

Selain user atau pengguna biasa, Google Chrome juga sering digunakan oleh para Webmaster, misalnya Blogger. Blogger dapat menghasilkan uang melalui internet, dan Google Chrome telah menjadi software pilihan sebagian besar Blogger.

Google Chrome memberi dukungan lebih kepada para Blogger. Terdapat fitur Push Notification yang berguna untuk meningkatkan pendapatan dan meningkatkan kunjungan dari konten blog yang dibuat. Push Notification akan menampilkan update konten kepada pengguna yang sudah berlangganan dengan blog terkait. Kali ini litetekno.com akan membahas cara menghentikan notifikasi google chrome pada android.

Apa itu Push Notification Google Chrome Android?

Push Notification adalah fitur pada Google Chrome yang cara kerjanya mirip dengan fitur Subscribe pada Youtube. Jika pengguna sudah berlangganan dengan situs atau blog tertentu, maka akan muncul pemberitahuan di android setiap kali website update.

Fitur ini akan memudahkan pengguna dan menguntungkan pemilik blog karena akan meningkatkan kunjungan website secara signifikan.

Kenapa Notifikasi Google Chrome Android Memunculkan SPAM?

Meskipun fitur push notification sangat berguna bagi pengguna, namun kini, kebanyakan isi dari push notification Google Chrome adalah SPAM. Hal ini tidak terjadi secara otomatis, biasanya sebuah website melakukan trik khusus agar kita berlangganan websitenya secara tidak sadar.

Push notification lebih sering digunakan oleh Ad Network untuk menambah keuntungan. Dan yang menjengkelkan adalah ketika kita menghapus push notification tersebut, beberapa menit kemudian akan muncul kembali. Dan itu jumlahnya tidak sedikit.

Dampak Negatif Notifikasi Google Chrome Android Terus Muncul

Meskipun kebanyakan isi dari push notification google chrome android adalah SPAM, namun tidak semua Blogger melakukan itu. Orang-orang yang suka melakukan terror push notification hanya memikirkan keuntungan diri sendiri, dan tidak memikirkan kenyamanan pengguna.

Selain masalah kenyamanan, push notifikasi spam juga dapat membuat kinerja ponsel menurun. Hal tersebut karena:

1. RAM Penuh

Jika kamu memiliki ponsel dengan RAM dibawah 4GB, push notification yang bertumpuk akan sangat mengganggu kinerja ponsel. Hal ini karena System dan Resource yang terkumpul pada Google Chrome. Selain itu, Google Chrome akan terus aktif di latar belakang, sehingga dapat menyebabkan ponsel hang atau reboot seketika.

2. File Terdownload Secara Otomatis

Ketika puluhan Push Notification muncul, terkadang akan ada file yang tiba-tiba terdownload meskipun kita tidak merasa melakukannya. Hal ini akan sangat mengganggu jika ponselmu memiliki sedikit memori. Atau bisa saja file yang terdownload itu berupa virus.

3. Musik Tiba-TIba Menyala

Ini tidak kalah menyebalkan. Terkadang, push notification akan membuat ponsel memutar lagu atau suara tertentu secara tiba-tiba. Orang awam pasti akan menganggap ponsennya terkena virus. Dan itu sangat mengganggu kenyamanan pengguna.

Cara Menghentikan Notifikasi Google Chrome Android yang Terus Bermunculan

Cara termudah untuk menonaktifkan push notification google chrome android adalah dengan mematikannya secara langsung di pengaturan operating sistem. Namun kita tidak akan menggunakan tersebut, karena hal itu akan memblokir semua notifikasi, termasuk notifikasi penting dari google chrome.

Cara lainnya untuk mengatasi hal ini adalah dengan menonaktifkannya melalui aplikasi google chrome itu sendiri. Berikut beberapa cara menonaktifkan notifikasi google chrome:

1. Cara Menghentikan Semua Notifikasi Google Chrome

  • Buka menu Settings pada aplikasi google chrome.
  • Pilih menu Notifications.
  • Matikan Toogle Notifikasi.
  • Selesai

2. Cara Menghentikan Notifikasi Situs di Google Chrome

  • Buka menu Settings pada aplikasi google chrome.
  • Klik menu Notifications.
  • Pilih menu Sites lalu tap pilihan Disable Toogle Notification.
  • Pilih situs yang ingin dinonaktifkan notifikasinya.
  • Selesai.

3. Cara Menghentikan Notifikasi Situs dengan Berhenti Berlangganan

  • Buka menu Settings pada aplikasi google chrome.
  • Buka menu Notifications.
  • Tap menu Sites lalu hilangkan centang situs yang hanya berisi SPAM
  • Hapus langganan notifikasi dengan masuk ke menu Advanced > Additional Setting in the App.
  • Pilih situs yang ingin dihapus.
  • Tap pilihan Clear & Reset.
  • Selesai.

Itulah artikel tentang cara menghentikan notifikasi google chrome android. Jika ingin mendownload aplikasi google chrome android, kamu dapat mendownloadnya di playstore atau situs resmi google. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.