cara menghapus folder yang tidak bisa dihapus
in

3 Cara Menghapus Folder Yang Tidak Bisa Dihapus di Laptop

Sebelum kamu belajar mengetahui beberapa cara menghapus folder yang tidak bisa dihapus pada laptop atau komputer, maka kamu harus mengetahui apa penyebabnya terlebih dahulu. Ada beberapa kemungkinan yang mungkin bisa menjadikan file atau folder yang ada di laptop atau komputer kamu tidak bisa dihapus.

Penyebab Folder Tidak Bisa Dihapus

Penyebab pertama yang kemungkinan besar terjadi yaitu file atau folder yang ada pada laptop atau komputer kamu tersebut memiliki izin yang sangat kuat sehingga kamu tidak dapat menghapusnya.

Selanjutnya, mungkin adalah bisa dikarenakan file yang tersiman pada folder tersebut sedang digunakan atau sedang dibuka oleh sebuah program lain sehingga kamu harus mengclose program terkait agar dapat menghapusnya. Misal kita sedang mengedit kertas yang di Microsoft Word maka file dan folder yang ditempati file tersebut pastinya tidak bisa dihapus.

Tidak hanya dengan itu, penyebab lain tidak bisanya dihapus suatu file mungkin juga dapat dikarenakan pada perangkat komputer yang digunakan terdapat lebih dari satu user account. Selain karena itu juga bisa saja berada pada satu jaringan LAN. Pada permasalahan tersebut mungkin saja file yang terkait sedang digunakan oleh orang lain di komputer yang berbeda, sehingga kamu tidak dapat menghapusnya.

Selain ketiga penyebab tersebut masih banyak alasan lainnya mengapa suatu file atau folder di laptop atau komputer tidak dapat dihapus. Ada cara khusus yang dapat menghapus file atau folder yang terkait. Bahkan jika sangat sulit untuk dihapus usai melakukan banyak cara.

Cara Menghapus Folder Yang Tidak Bisa Dihapus

Untuk tahu lebih lanjut bagaimana cara menghapus file atau folder yang tidak dapat di hapus pada laptop atau komputer, maka simaklah penjelasan LiteTekno berikut ini,

1. Masuk Dalam Tampilan Safe Mode

Cara masuk ke pada Safe Mode adalah dengan merestart laptop atau komputer kamu lalu klik tombol F8 atau F5 (sesuai dengan tipe laptop kamu) pada keyboard secara terus menerus. Pada saat laptop atau komputer kamu menyala. Maka langkah berikutnya adalah kamu akan diantarkan pada BIOS komputer.

Setelah berada pada tampilan Safe Mode, coba ulangi cara menghapus folder yang tidak bisa dihapus tersebut. Pada saat laptop atau komputer dalam keadaan Safe Mode, maka biasanya Windows akan berusaha menghemat penggunaan Internet, service, RAM, Software dan perangkat lainnya. Tak heran jika tampilan pada laptop atau komputer yang sesang dalam Safe Mode sangatlah sederhana.

2. Restart Laptop atau Komputer

Kamu bisa menggunakan cara ini apabila cara sebelumnya tidak membuahkan hasil. Pastikan kamu bisa menggunakan cara ini dengan benar. Seperti pada biasanya, lakukan dengan mengeklik tombol Start kemudian tekan menu shutdown. Selanjutnya klik restart, kemudian perangkat dari laptop atau komputer kamu akan memulai proses restart dan tunggulah selama berapa menit.

Pada saat ini perangkat laptop atau komputer kamu akan mati dan kemudian akan menyala lagi. Pada situasi tersebut, laptop atau komputer kamu akan menonaktifkan semua program yang aktif sebelumnya. Apabila laptop atau komputer kamu sudah Menyala kembali, maka kamu dapat mencoba untuk menghapus file atau folder yang tidak dapat dihapus sebelumnya.

3. Menggunakan Software Pihak Ketiga

Cara ini dipercaya sebagai cara yang sangat ampuh apabila kamu sudah tidak punya cara lain lagi.  Untuk menghapus file atau folder di laptop atau komputer kamu yang tidak dapat dihapus tersebut. Software ini terjamin keampuhanya untuk menghapus file atau folder yang tidak bisa dihapus pada laptop atau komputer kamu. Software ini merupakan salah satu software ringan juga mudah digunakan.

Beberapa tools yang bisa dipakai untuk menghapus file atau folder yang membandel yaitu

  • File Unlocker,
  • Free Unlocker,
  • Tizer Unlocker,
  • MoveOnBoot,
  • Wise Force Deleter,
  • Delete Doctor.

Lebih seringnya dengan memakai salah satu dari dua software tadi, file atau folder yang sebelumnya tidak bisa dihapus, akan dapat dihapus dengan sangat mudah.

Nah, itulah 3 cara menghapus folder yang tidak bisa dihapus di Laptop atau Komputer kesayangan Sobat. Sampai jumpa di Artikel berikutnya ya.

Leave a Reply