cara menggunakan wireless charger
in

Cara Menggunakan Wireless Charger

Dulu pengisian daya untuk smartphone masih menggunakan alat yang terhubung dengan arus listrik. Tetapi saat ini, tidak selalu harus terhubung dengan alat arus listrik lagi, karena sekarang sudah ada fitur wireless charging yang bisa mengisi daya tanpa perlu mencolokan kabel ke smartphone.

Alat yang mendukung teknologi wirless charging disebut sebagai wireless charger. Kini sudah banyak dijual di pasaran. Tetapi teknologi wireless charging ini hanya tersedia bagi ponsel-ponsel kelas atas saja, seperti iPhone, Samsung, dan yang lainnya yakni ponsel dengan harga diatas 10 jutaan.

Apabila kamu sudah memiliki ponsel yang sudah mendukung wireless charger tetapi tak tahu cara menggunakannya. Simaklah artikel berikut yang akan membahas tentang cara menggunakan wireless charger pada smartphone.

Apa itu Wireless Charger

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, wireless charger merupakan sebuah perangkat yang memungkinkan ponsel dapat terisi daya dengan penuh tanpa memakai kabel alias wireless. Meskipun tanpa kabel, pengisian daya ini tetap harus dilakukan secara dekat atau berjarak pendek antara ponsel dan perangkat wireless charger. Hal ini dilakukan karena wireless charger memiliki prinsip untuk menghantarkan induksi elektromagnetik pada ponsel.

Pada wireless charger, terdapat satu koil yang berfungsi menghadirkan medan elektromagnetik bolak balik yang fungsinya untuk mengaruskan listrik kepada ponsel melalui medan elektromagnetik agar dapat melakukan pengisian daya.

Teknologi wireless charging ini memiliki dua teknologi, yaknik pertama induksi medan magnet dan kedua yakni teknologi resonansi medan magnet. Dengan hadirnya kedua teknologi ini, dihasilkanlah beberapa standar wireless charging yang bergantung pada konsorium tertentu.

Cara Menggunakan Wireless Charger

Setelah mengetahui sesuatu tentang wireless charger, saatnya membahas tentang cara menggunakannya.

  • Pertama siapkan ponsel sudah memiliki fitur wireless charger serta perangkat wireless chargernya.
  • Kemudian hubungkan wireless charger ke listrik.
  • Setelah itu taruh ponsel di atas perangkat wireless charger.
  • Pastikan untuk tidak salah posisi karena bila menaruh ponsel yang salah, baterai tidak akan terisi dengan baik.
  • Dan tunggulah hingga daya ponsel terisi penuh.

Demikianlah penjelasan tentang wireless charger dan cara menggunakannya dengan baik dan benar. Semoga informasi ini bisa membantu kamu yang baru pertama kali berkecimpung pada dunia gadget kalangan atas.

Leave a Reply