cara menggunakan tap scanner
in

Cara Menggunakan Tap Scanner di Ponsel

Sedang dalam keadaan terdesak dan butuh untuk menscan data? Hendak pergi ke tukang printer tetapi jarak terlalu jauh atau malah sudah tutup? Wah, pasti merasa bingung, bukan? Daripada resah, sebaiknya segera mencari tahu cara menggunakan Tap Scanner agar semua masalah di atas teratasi.

Apa Itu Aplikasi Tap Scanner?

Tap Scanner adalah aplikasi yang digunakan untuk fungsi scan dokumen. Cara menggunakan tap scanner mirip dengan Camera Scanner. Fungsinya untuk melakukan scanning segala macam jenis dokumen di ponsel Android. Apabila menggunakan aplikasi ini, maka tidak diperlukan lagi memindai dengan alat eksternal.

Tidak seperti scanner lainnya, pemindai ini melakukan scanning dokumen secara  mendetail. Tap Scanner memiliki beberapa filter yang berfungsi untuk mengedit gambar saat digunakan. Aplikasi ini juga dapat secara otomatis mendeteksi batas dan memotong gambar dengan cerdas, tepat dan akurat.

Selain itu, Tap Scanner juga support OCR yang berfungsi cukup baik dan terintegrasi dengan cloud. Hasil scan bisa diekspor dalam format PDF, JPG, atau PNG. Fitur khusus Tap Scanner adalah dapat digunakan untuk menandatangani dokumen PDF secara digital.  Jadi untuk dokumen bisnis, bisa ditandatangan terlebih dahulu sebelum dikirim ke klien.

Ini Panduan Cara Menggunakan Tap Scanner dengan Benar

Tap Scanner memiliki banyak filter yang tersedia, diantaranya bisa menambah kecerahan dan memperbaiki tiap gambar. Segala dokumen pun bisa dikirim lewat surel atau dengan kontak lain. Untuk bisa menggunakannya pun juga mudah. Nah, bagi yang belum tahu, maka untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini:

1. Unduh Aplikasi Terlebih Dahulu

Aplikasi Tap Scanner tersedia gratis di Google Play. Cari di search Google Play Store dan unduh, lalu instal di smartphone dengan cara yang sama seperti menginstal semua jenis aplikasi. Berapakah ukuran aplikasinya? Download sizenya hanya sekitar 24 MB, jadi siapkan ruang di storage dengan kapasitas itu.

2. Login Menggunakan Akun Pribadi

Setelah berhasil terinstal, silahkan lanjutkan dengan subscribe untuk trial 3 bulan dengan menggunakan account gmail. Namun, bagi yang tidak ingin menggunakan data pribadi saat memulai mencoba, maka bisa skip tahap ini. Klik saja perintah “skip” yang tertera, kemudian lanjutkan ke proses scanning data maupun dokumen.

3. Pindai File Secara Manual

Bagi yang menyukai tindakan scanning di ponsel dan menyimpannya secara manual, Tap Scanner menyiapkan fitur yang cukup mudah untuk dilakukan. Bagi para pemula atau orang yang belum pernah menggunakan aplikasi Tap Scanner, maka berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan sebelum menscan:

  • Unduh dan instal aplikasi Tap Scanner dari Google Play. Setelah aplikasi terinstal, lalu buka
  • Ketuk tombol Kamera (gambar kamera) di bagian tengah untuk mulai memindai
  • Klik ikon Batch untuk menggabungkan beberapa foto menjadi satu dokumen
  • Ketuk tombol Kamera di bagian tengah bawah untuk mengambil gambar
  • Klik tombol Finish di kanan bawah
  • Ketuk tombol Download (lambang download) di kanan atas.
  • Ada dua pilihan penyimpanan PDF atau Image pada ‘Export document as’, pilih sesuai yang diinginkan lalu klik Save
  • Kembali ke layar utama Tap Scanner, file yang baru saja disimpan akan dapat di lihat di sana
  • Ketuk ikon share di bawah file yang dipindai
  • Ketuk tombol share di bagian bawah untuk mengunggah file ke cloud

File yang telah dipindai dari ponsel , sekarang bisa diunggah ke layanan penyimpanan cloud pilihan. Jika ingin membagikannya atau membukanya, cukup hanya dengan cara masuk ke penyimpanan cloud yang biasa digunakan untuk menyimpan dokumen.

4. Siapkan Unggahan Cloud Otomatis

Akun cloud di aplikasi Tap Scanner dapat diaktifkan dengan opsi pencadangan otomatis melalui wifi untuk mengunggah gambar pemindaian secara otomatis dari library. Untuk mengaktifkan pencadangan otomatis penyimpanan cloud, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Unduh dan instal aplikasi Tap Scanner dari Google Play. Setelah aplikasi diinstal, buka.
  • Ketuk ikon menu (garis tiga) di kiri
  • Pilih opsi ‘Backup to cloud’ dari menu
  • Jika ingin menonaktifkan unggahan menggunakan data seluler, cukup ketuk sakelar yang berada di sebelah kanan kotak ‘Wifi only’. Setelah itu, ketuk None di bawah ‘Cloud Type’.
  • Pilih penyimpanan cloud yang dokumennya akan diunggah dan masuk ke akun penyimpanan cloud masing-masing. Pilihan cloud yang tersedia: Google Drive, Dropbox, dan OneDrive
  • File yang di scan sekarang akan diunggah secara otomatis ke layanan cloud pilihan saat terhubung ke jaringan wi-fi

5. Periksa Kembali File yang Sudah Discan

Apabila semua cara di atas sudah dilakukan, maka sebelum menutup aplikasi Tap Scanner, pastikan untuk memeriksa kembali file yang sudah di scan. Cari letak penyimpanan file, periksa dan amati apakah hasil scan sudah seperti yang diinginkan. Apabila belum, maka ulangi cara di atas secara perlahan dan teliti.

Demikian cara menggunakan Tap Scanner di ponsel, cukup mudah dan fiturnya juga sederhana. Dengan adanya scanner yang bisa dipakai di android, tak perlu lagi repot-repot menyambung ke scanner eksternal. Begitulah, memang teknologi diciptakan untuk mempermudah urusan keseharian manusia.

Leave a Reply