cara menggunakan microphone headset di laptop
in

Cara menggunakan Microphone headset di Laptop, 2 Langkah Termudah

Terdapat sangat banyak cara menggunakan microphone headset di laptop. Namun,  tidak banyak yang tahu cara menghubungkan serta mengatur headset sebagai microphone agar dapat digunakan di laptop dengan baik.

Microphone merupakan suatu hardware atau fitur yang dapat kamu manfaatkan di laptop kamu. Akan tetapi, ada kalanya fitur ini tidak bisa berfungsi atau belum diaktifkan pada laptop yang sedang kamu pakai.

Kadang pula, setelah kamu menginstal ulang atau melakukan proses upgrade pada laptop kamu maka microphone akan ter-disable dengan cara default. Jadi, kamu jangan terburu-buru memvonis bahwa microphone kamu itu rusak.

Disini akan terdapat sedikit tutorial tentang bagaimana cara menggunakan microphone headset di laptop dengan mudah.

Cara Menggunakan Microphone Headset di Laptop

Jika kamu kebetulan baru beli Headset di Shoppe. Mungkin karena sedang promo atau sedang banyak koin shopee. Maka, menggunakannya untuk aktifvitas dengan Laptop pastinya asyik.

Kini, terdapat beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar kamu bisa mengaktifkan dan menggunakan microphone headset pada laptop kamu.

Mengaktifkan dan Menggunakan Microphone Headset Dengan Melalui Device Manager Windows 10

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk mengaktifkan lalu menggunakan microphone adalah dengan melalui pengaturan Device Manager yang sudah tersedia di semua versi Windows 10. Berikut ini adalah beberapa cara enable microphone dengan melalui device manager:

  • Kamu akses WinX Menu dengan cara klik tombol Windows dan X dengan cara bersamaan kemudian kamj pilih Device Manager.
  • Setelah kamu membuka jendela Device Manager , selanjutnya kamu pilih pengaturan Sound, Video and Game Controllers.
  • Kemudian kamu pilih dan klik kanan pada sound card yang sudah terinstall pada Windows 10 saat ini lalu kamu pilih Enable Driver.
  • Setelah itu kamu Restart PC guna menyempurnakan pengaktifan microphone pada Windows 10

Mengaktifkan dan Menggunakan Microphone Headset Dengan Melalui Pengaturan Sound

Cara menggunakan Microphone Headset di laptop yang berikutnya yang juga dapat kamu lakukan guna mengaktifkan kembali fitur mic pada Windows 10 yaitu dengan melakukan beberapa setting mudah pada setting Sound. Berikut ini adalah beberapa langkah enable microphone dengan melalui pengaturan Sound :

  • Pertama, kamu klik Windows + S secara bersamaan, lalu kamu ketik Sound Settings.
  • Setelah jendela baru terbuka, kamu lihat pada bar yang berada di sebelah kanan lalu kamu pilih Sound Control Panel.
  • Kemudian kamu pilih tab kedua yaitu Recording.
  • Selanjutnya kamu pilih recording atau microphone yang sudah tersambung pada laptop lalu kamu klik kanan dan pilih Enable.
  • Sound Control Panel yang terdapat pada Windows 10 guna mengaktifkan Microphone
  • Catatan: apabila icon microphone tidak muncul, coba kamu klik kanan pada kotak kosong kemudian kamu pilih Show Disabled Devices.
  • Terakhir, kamu pilih OK dan selesailah semuanya.

Penutup

Microphone pada laptop atau Windows 10 Dapat Diatur Dengan banyak Cara Yang Sangat Mudah.

Nah, ulasan di atas merupakan beberapa cara menggunakan microphone headset di laptop Windows 10 juga bagaimana cara mengaktifkanya. Kamu dapat mencobanya untuk mengatur microphone agar dapat terbaca oleh laptop dan dapat kamu gunakan untuk keperluan input suara. Misal sedang belajar dengan Google Classroom atau sedang meeting di Zoom bersama teman kantor.

Jangan lupa bagikan pada teman-teman dan juga keluarga kamu, agar pemahaman ini tak berhenti spai kamu saja, tapi juga dapat diketahui juga dipahami banyak orang lain.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0