cara menggunakan kamera mini sq11
in ,

Cara Menggunakan Kamera Mini SQ11 Terlengkap!

SQ11 Mini DV Camera merupakan kamera dengan ukuran kecil yang biasanya digunakan untuk mengintai. Kamera ini memiliki harga yang cukup terjangkau sehingga banyak orang yang memilikinya. Akan tetapi, banyak orang yang masih belum paham mengenai cara menggunakan kamera mini SQ11. Oleh karena itu, supaya dapat lebih memahaminya, simak baik-baik ulasan di bawah ini :

1. Isi Daya Kamera

Mini SQ11 DV merupakan tipe kamera pengintai yang memakai baterai jenis lithium-ion. Baterai jenis ini memiliki beberapa keunggulan yaitu cepat dalam pengisian, bisa bertahan lebih lama, memiliki kepadatan daya lebih tinggi, serta kemasan yang ringan. Untuk mengisi daya kamera ini, terdapat dua cara yang dapat digunakan, yaitu:

  • Hubungkan kamera pada port USB laptop atau PC, pastikan saat mengisi daya kamera dalam keadaan mati
  • Gunakan charger portable 5 Volt ataupun charger dari jaringan 220 Volt jika tidak ingin mematikan kamera saat mengisi daya

2. Atur Waktu dan Tanggal

Langkah pertama adalah hubungkan Kamera Mini SQ11 ini ke komputer atau laptop. Kemudian, buat sebuah file dan beri nama file tersebut “TIMERSET.txt”. Isi file tersebut dengan format tahun, bulan, hari, jam, menit, detik, dan tambahkan huruf Y setelah di spasi. Contohnya 20210306101010 Y.

Namun, apabila tidak ingin watermark penanda tanggal dan waktu muncul pada rekaman video, ganti huruf Y dengan N menggunakan format yang sama. Simpan file tersebut di penyimpanan memori bagian direktori root. Kemudian lepaskan sambungan antara kamera dan komputer atau laptop tersebut.

3. Merekam Video

Pertama-tama, hidupkan kamera dengan cara menekan tombol on/offnya. LED berwarna biru akan auto menyala yang menandakan kamera telah siap merekam video dalam resolusi 720p. Tekan kembali tombol on/off untuk mulai merekam video 720p. Tanda bahwa rekaman video 720p sudah dimulai adalah padamnya LED biru setelah berkedip 3 kali.

Namun, jika ingin meningkatkan resolusi, jangan menekan tombol on/off dulu. Tekanlah tombol mode untuk beralih ke resolusi yang lebih tinggi yaitu 1080p. Apabila resolusi telah berganti, LED dengan warna merah akan ikut menyala bersama dengan LED biru sebagai tanda.  Tekan tombol on/off.

LED biru akan mati diikuti dengan berkedipnya LED merah sebanyak 3 kali yang juga akan ikut padam setelahnya. Nah, setelah LED merah padam, kamera akan mulai merekam video resolusi 1080p. Kemudian, untuk melakukan perekaman sensor gerak melalui kamera ini, tekan dan tahan tombol ‘mode’ selama kurang lebih 3 detik. Maka, dengan begitu perekaman akan beralih ke mode sensor gerak.

4. Menyalakan Lampu Malam

Cara menggunakan kamera mini sq11 yang berikutnya adalah dengan menyalakan dan mematikan lampu malam. Caranya bahkan cukup mudah, yaitu dengan menekan tahan tombol on/off selama 2 detik saja. Lampu malam menyala ditandai oleh berkedipnya LED merah sebanyak 2 kali. Sementara tanda lampu malam berhasil dimatikan adalah berkedipnya LED merah sebanyak 3 kali.

5. Menghentikan Rekaman Video

Perlu diketahui, bahwa video yang direkam melalui kamera ini akan tersimpan secara otomatis setiap 5 menit sekali. Jadi, saat ingin berhenti merekam, cukup berhentikan saja tanpa harus melakukan penyimpanan ulang. Cara untuk berhenti merekam video adalah dengan menekan tombol on/off saja.

6. Melihat Hasil

Setelah video yang diinginkan selesai direkam, kemudian untuk melihat hasil rekaman, cukup sambungkan kamera ke laptop atau PC. Kamera akan terdeteksi sebagai disk jika dilepas. Tinggal buka dan lihat hasil rekaman melalui perangkat tersebut. Cari letak penyimpanan video yang sudah diambil tadi, kemudian arahkan ke kiri maupun ke kanan untuk melihat hasil foto yang lain.

7. Matikan Kamera

Sebenarnya, kamera yang tidak digunakan akan mati dengan sendirinya dalam 1 menit. Namun, daripada menunggu selama 1 menit, lebih baik segera tekan tombol on/off untuk mematikan kamera dalam waktu 6 detik. Hal ini juga bisa digunakan sebagai upaya menghemat baterai kamera, apalagi jika kamera sedang di bawa ke lokasi yang minim aliran listrik.

Itulah cara menggunakan kamera mini SQ11 mulai dari proses pengisian daya  hingga mematikannya. Pastikan memahami semua cara-cara di atas agar penggunaan kamera SQ11 semakin menyenangkan dan mencegah kerusakan dini. Semoga dapat membantu mengatasi kebingungan para pengguna. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.