cara menggunakan grammarly
in

Cara Menggunakan Grammarly, Metode Praktis dan Aplikatif

Cara menggunakan Grammarly untuk menyunting makalah dan presentasi. Saat sedang mendapatkan tugas membuat makalah ataupun artikel dengan bahasa Inggris bisa dikatakan sangatlah rumit daripada membuatnya dengan menggunakan bahasa Indonesia. Karena kamu pasti harus mengetahui dan memahami tata cara bahasa juga tanda baca dalam bahasa Inggris yang pasti merupakan hal yang sama sekali tidak mudah.

Pada zaman yang modern seperti saat ini, sangat banyak aplikasi yang bisa membantu dengan memberi kemudahan penulis untuk memeriksa makalah ataupun artikel yang sudah para penulis tulis. Aplikasi-aplikasi tersebut bisa juga memberikan peringatan kesalahan pada penulisan seperti typo, salah tanda baca, juga yang lainnya.

Selain itu, dengan adanya program Belajar Dirumah dengan Google Classroom membuat tugas yang diberikan oleh guru beresiko pengerjaan duplikat oleh Murid. Maka perlu menggunakan aplikasi untuk melacak duplikasi dalam pengerjaan murid.

Dari sekian banyak aplikasi yang bisa memeriksa makalah ataupun artikel, Grammarly adalah salah satu dari beberapa aplikasi tersebut. Akan tetapi, masih sangat banyak sekali orang yang bahkan belum tau bagaimana cara menggunakan aplikasi Grammaly.

Apa sih aplikasi Grammaly itu?

Grammarly merupakan sebuah perusahaan teknologi yang sudah mengembangkan sebuah aplikasi yang bisa memeriksa penulisan pada suatu artikel ataupun makalah. Aplikasi Grammaly ini diluncurkan pada tahun 2009 oleh Alex Shevchenko, Max Lytvyn, dan Dmytro Lider.

Aplikasi Grammaly ini selain bisa memerika kesalahan dalam sebuah oenulisan seperti pada makalah ataupun artikel juga berguna untuk memeriksa beraoa kemungkinan plagiarisme atau plagiarism check. Kualitas pemeriksan pada Grammaly ini tidak sama dengan aplikasi pemeriksaan yang lainnya.

Fitur Yang Terdapat Pada Aplikasi Grammaly

Berikut ini adalah fitur-fitur yang terdapat pada Grammarly yang bisa kamu gunakan apabila kamu membeli paket langganan premium.

1. Grammaly Dapat Memeriksa Kesalahan Ejaan dan Tata Bahasa

Aplikasi grammaly ini dapat dimanfaatkan untuk memeriksa kesalahan-kesalahan dalam tulisan di artikel ataupun makalah bahasa Inggris kamu seperti kesalahan ejaan dan tata bahasa.

2. Grammaly dapat Memeriksa Penggunan Tanda Baca

Salah satu kesalahan yang paling sering terjadi saat menulis yaitu penggunaan tanda baca seperti tanda koma, titik, dan lainnya.

3. Definisi dan Saran Kata

Aplikasi grammaly ini dapat untuk memberikan saran dan definisi dari suatu kata. Hal ini dapat digunakan untuk menghindari banyaknya pengulangan kata yang sama dalam artikel ataupun makalah bahasa Inggris kamu.

4. Grammaly Dapat Mendeteksi Plagiarisme

Grammarly mampu mendeteksi plagiarisme dalam artikel ataupun makalah bahasa Inggris milik kamu dengan cara mencari artikel publik lalu mencocokan dengan isi artikel milik kamu.

5. Grammaly Bisa Memeriksa Pengulangan Kata

Kadang saat kita belum terbiasa menulis bahasa Inggris , sering kita mengulang kata yang membuat rancu. Aplikasi Grammarly mampu mendeteksi hal tersebut sehingga kita terhindar dari hal tersebut.

6. Penjelasan Aturan Tata Bahasa

Dengan penjelasan tata bahasa yang benar, tulisan yang kita hasilkan akan terlihat elegan dan profesional. Makalah dan tugas yang dibuat pastinya mendapat nilai yang tinggi.

7. Aplikasi Desktop

Selain tersedia dalam aplikasi Google dan iOS, Grammarly juga hadir dalam versi desktop. Tentunya dengan fitur yang lebih melimpah. Ditambah, dengan layar yang lebih besar proses editing akan berjalan makin cepat.

8. Integrasi dengan Microsoft Office

Tidak banyak aplikasi sejenis Grammarly ini. Bahkan, sekarang dengan fitur barunya yang terintegrasi microsoft office membuatnya sangat mudah melihat dan mengoreksi file presentasi atau makalah yang sudah kita buat.

Baca Juga cara menggunakan ovo point di tokopedia untuk mendapat harga diskon dan promo termurah.

Cara Menggunakan Grammarly

Berikut ini dalah langkah yang akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan aplikasi Grammaly di PC.

  1. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka Website Grammarly. Untuk pengguna Smartphone segera download aplikasinya di Google Play Store atau App Store.
  2. Kamudian login ke Akun Grammaly. Jika belum memilikinya silakan mendaftar dahulu.
  3. Setelah masuk dalam aplikasi, kamu klik New Upload.
  4. Jika sudah, selanjutnya kamu dapat klik Upload File. Pilih file yang akan kita edit di Grammarly.
  5. Kamu pilih Pengaturan Penulisan sesuai dengan bagaimana yang kamu inginkan
  6. Selanjutnya kamu perbaiki Kesalahan yang Telah muncul di layar kamu
  7. Setelah semua kamu lakukan, cara terakhir adalah kamu klik Download
  8. Selesai

Setelah kamu mengunduh artikel ataupun makalah yang sudah kamu perbaiki melalui aplikasi Grammaly ini, maka artikel ataupun makalah kamu sudah menjadi jauh lebih bagus daripada sebelumnya, sebelum kamu memperbaiki makalah ataupun artikel kamu melalui aplikasi Grammaly.

Nah, bagaimana, sangat mudah kan memahami bagaimana cara menggunakan grammarly?. Kamu juga dapat mengunjungi situs lain yang juga membahas tentang cara menggunakan grammaly ini, agar nilai kepahaman kamu makin tinggi nantinya. Oh, jangan lupa kamu sahre oengetahuan kamu ke teman-teman dan juga keluarga kamu ya.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0