cara menggunakan google drive untuk mengirim file
in

Cara Menggunakan Google Drive untuk Mengirim File dengan Cepat

Google Drive kini menjadi salah satu sistem penyimpanan yang efektif untuk digunakan. Opsi penyimpanan satu ini cukup dipercaya karena lebih aman digunakan untuk menyimpan berkas-berkas penting. Ada juga Sharing document yang merupakan salah satu cara menggunakan Google Drive untuk mengirim file.

Bahkan proses pengiriman file pada aplikasi ini juga bisa dilakukan untuk lebih dari satu orang. Hal seperti ini tentunya akan sangat membantu pengerjaan tugas dalam jarak jauh. Pertanyaannya adalah bagaimana cara menggunakan Google Drive untuk mengirim file? simak ulasannya berikut ini:

1. Buka Aplikasi Google Drive

Langkah pertama sebagai cara menggunakan Google Drive untuk mengirim file adalah sign up ke Google Drive. Apabila pengguna telah memiliki akun sebelumnya maka, pengguna bisa mulai membuka aplikasi Google Drive yang telah tersedia. Silakan masukkan alamat email dan password untuk login ke aplikasi Google Drive.

2. Pilih File

Pengguna bisa mulai memilih file mana yang akan dikirimkan. Nah, pada tahap ini pengguna bisa memilih file yang mana sudah tersimpan di Google Drive. Cara lain yang bisa dilakukan adalah mengunggah terlebih dahulu file yang akan dikirimkan. Opsi ini dilakukan apabila file yang akan dikirimkan belum tersimpan dalam Google Drive.

Pengguna hanya perlu pilih tanda plus yang biasanya terletak di kanan bawah jendela menu. Pilih file mana yang akan dikirim dan selanjutnya file akan secara otomatis telah terunggah ke Google Drive.

3. Mulai Bagikan

Proses pengiriman file bisa dilakukan setelah document berhasil diunggah hingga 100 persen ke Google Drive.  Pengunggahan file yang tidak mencapai 100 persen atau dalam artian tidak selesai diunggah, bisa saja akan menyebabkan file tidak bisa dikirim.

Apabila proses pengunggahan memang telah usai maka, pengguna bisa pilih opsi titik tiga pada sisi kanan file yang akan dikirimkan. Opsi ini nantinya akan memunculkan jendela baru yang berisi beberapa menu. Gunakan menu bagikan yang ada pada bagian paling atas sebagai opsi untuk mengirimkan file.

4. Pilih Pengakses

Cara menggunakan Google Drive untuk mengirim file selanjutnya adalah mengatur menu pengakses yang nantinya akan membuat file dapat dibaca orang lain. Menu satu ini nantinya akan muncul setelah pengguna memilih menu bagikan.

Akan ada empat menu yang bisa dijadikan pilihan oleh pengguna yaitu dibatasi, mengakses lihat saja, pemberi komentar dan editor. Silakan pilih pada akses mana nantinya document tersebut dapat dibaca.

5. Salin Link

Tahap akhir yang harus dilakukan oleh pengguna dalam proses pengiriman file melalui Google Drive ini adalah salin link. Alamat link inilah nantinya yang akan disalin dan di paste pada media perantara. Silahkan salin link ke Whatsapp, Email, Google Classroom maupun media sosial lain.

Link inilah nantinya yang akan mengantarkan pembaca lain supaya bisa ikut melihat, berkomentar maupun mendownload file yang telah dikirimkan sebelumnya. Pastikan bahwa akses telah diatur sebelumnya sebelum dibagikan.

Nah, berikut tadi adalah cara menggunakan Google Drive untuk mengirim file secara sederhana dan tepat. Cara ini dapat dilakukan sebagai opsi aman supaya document tidak hilang saat dikirimkan. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk mencadangkan file supaya tetap aman tersimpan saat ada kerusakan pada perangkat komputer.

Leave a Reply

Your email address will not be published.