Cara Menggunakan Filter di Google Meet dan Zoom Meeting
in ,

Cara Menggunakan Filter di Google Meet dan Zoom Meeting

Semenjak pandemi melanda seluruh belahan dunia, pemerintah setempat terpaksa melakukan karantina untuk mencegah penyebaran virus. Hampir seluruh instansi merasakan dampak buruknya, tak terkecuali sekolah dan universitas. Seluruh kegiatan dialihkan dari offline menjadi online. Oleh karena itu, semua orang mendadak menjadi pengguna Google Meet dan Zoom. Agar lebih ahli dalam melakukan pertemuan daring, mempelajari cara menggunakan filter di google meet dan zoom cukup membantu.

Dengan menggunakan filter-filter yang unik dan menarik, pengguna bisa lebih fokus dalam melakukan pertemuan daring. Lalu, bagaimana cara menggunakan filter di dua aplikasi pertemuan virtual tersebut? Simak langkah-langkahnya di ulasan berikut ini :

Cara Menggunakan Filter di Google Meet

Google Meet merupakan salah satu aplikasi yang cukup populer di masa pendemi. Banyak orang yang tiba-tiba menjadi pengguna setia aplikasi ini. Ya, tentu, orang-orang tersebut bukan menggunakan aplikasi ini untuk kesenangan, melainkan sebagai keharusan.

Meskipun filter yang disediakan oleh Google Meet tidak terlalu bervariasi, pengguna dapat mengakalinya dengan menggunakan aplikasi kamera tambahan. Dengan begitu, pemandangan layar akan menjadi sedikit lebih menyenangkan. Berikut ialah cara menggunakan filter di Google Meet yang mudah untuk dilakukan :

1. Unduh dan Instal Aplikasi Snap Camera

Snap Camera merupakan aplikasi yang menyediakan banyak sekali filter. Mulai dari filter mempercantik diri, lucu, pengubah suara dan bentuk wajah, hingga filter menyeramkan pun juga tersedia di aplikasi ini. Untuk mulai menggunakannya di Google Meet, yang pertama harus dilakukan ialah mengunduhnya. Snap Camera dapat diunduh melalui Play Store maupun App Store yang ada di PC.

Setelah berhasil mengunduh, jangan lupa untuk menginstalnya. Tunggu prosesnya selesai untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

2.  Mulai atau Gabung Rapat

Setelah Snap Camera terpasang di perangkat, buka browser untuk memulai rapat atau untuk bergabung ke rapat lain. Caranya sama saja dengan cara mengikuti rapat seperti biasanya.

3. Ubah Setelan Kamera

Setelah jendela meeting berjalan, tekan ikon berbentuk titik tiga yang terletak di bagian kanan bawah layar. Selanjutnya, pilih opsi setelan atau settings. Tekan opsi video. Ubah setelan kamera dari kamera milik perangkat ke Snap Camera.

4. Mulai Pakai Filter yang Tersedia di Snap Camera

Setelah setelan diubah, video yang tampil di akun Google Meet adalah video yang diambil melalui Snap Camera. Pilih filter mana yang ingin digunakan. Secara otomatis, video menggunakan filter tersebut juga akan terlihat di akun Google Meet.

Cara Menggunakan Filter di Zoom Meeting

Cara menggunakan filter di Zoom Meeting hampir sama seperti pada Google Meet. Yang perlu dilakukan pertama kali ialah mengunduh dan menginstal aplikasi Snap Camera. Setelah aplikasi tersebut terpasang, baru lanjutkan ke langkah-langkah berikut ini :

1. Mulai atau Gabung Rapat

Pertama-tama, buka aplikasi Zoom untuk bergabung ke rapat atau langsung saja untuk mengaksesnya melalui browser. Tunggu hingga benar-benar masuk ke dalam rapat untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Ubah Setelan Kamera

Pada dasarnya, cara menggunakan filter baik di Zoom maupun di Google Meet memang memiliki banyak kesamaan. Yang berbeda hanyalah letak-letak pengaturannya saja. Pada langkah ini, yang perlu dilakukan hanyalah menekan ikon ‘^’ yang terletak sebelah video. Kemudian, akan muncul beberapa opsi termasuk Snap Camera. Nah, selanjutnya, tekan opsi ‘Snap Camera’ untuk mulai menggunakan filter.

3. Mulai Pakai Filter di Snap Camera

Terakhir, buka Snap Camera. Pilih filter mana yang ingin digunakan untuk memperbaiki suasana meeting. Dengan begitu, video yang ditampilkan pada akun zoom akan sama dengan yang terlihat di Snap Camera.

Itulah cara menggunakan filter di Google Meet dan Zoom meeting menggunakan sebuah aplikasi bernama Snap Camera. Dengan mempraktikkan cara-cara tersebut, suasana meeting akan berubah menjadi sedikit ceria dan segar. Anggota lain akan lebih fokus dan rapat bisa berjalan lebih lancar. Sekian, semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.