cara mengetahui password wi-fi
in

Cara Mengetahui Password Wi-Fi di PC dan HP [Rahasia]

Cara Mengetahui Pasword Wifi di PC dan HP dengan Aplikasi dan Tanpa Aplikasi

Berbicara mengenai cara mengetahui password wi-fi tentu sangatlah mudah. Bisa jadi kamu hanya perlu menanyakan password wi-fi kepada pemiliknya atau kamu mencoba cara-cara lainnya untuk dapat mengetahui password wi-fi secara mandiri.

Pada artikel kali ini akan memaparkan terkait trik untuk mengetahui password wi-fi di pc dan hp secara simpel dan mudah, meskipun belum pernah terkoneksi sama sekali dengan wi-fi tersebut.

Ketika PC dan HP kamu telah terhubung di jaringan wi-fi, pastinya tidak akan terkendala lagi masalah internet untuk keperluan bersosial media. Tetapi satu hal yang harus diperhatikan bahwa ketika kamu telah membaca artikel  ini jangan sampai disalahgunakan atau dimanfaatkan untuk hal-hal yang kurang baik. Contohnya seperti kamu terlihat membobol wi-fi milik orang lain.

Karena pada dasarnya, membobol wi-fi sama dengan mencuri milik orang lain. Sehingga selain merugikan orang lain tentu hal tersebut merupakan perbuatan yang tidak boleh dilakukan.

Ketika kamu telah membaca tips rahasia ini, diharapkan agar dapat digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat dan jangan sampai merugikan orang lain, ya!

Tanpa basa-basi lagi, langsung saja berikut ini ada beberapa cara mengetahui password wi-fi dengan mudah di PC dan HP yang dapat kamu coba.

Menggunakan Wireless Router

cara mengetahui password wi-fi

Cara pertama agar dapat mengetahui password wi-fi di PC hal yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengeceknya pada Wireless Router internet yang telah terpasang.

Hal ini terkadang terletak di bagian belakang atau bawah yang terdapat tulisan “password dan SSID”.

Selain cara tersebut tentunya kamu juga dapat mengecek melalui boks brouter yang  berlaku ketika kamu baru saja membelinya. Ketika kamu mengeceknya tentu nanti akan ada serangkaian nomor yang memiliki label dan itulah merupakan password wi-fi milikmu.

Mengetahui  Password Wi-Fi di PC Windows

Bagi kamu yang berencana membagi password milikmu ke orang lain tetapi masalahnya kamu lupa terkait pasword mu sendiri, tentu langkah-langkah ini sangat cocok untuk kamu terapkan, yaitu :

  • Langkah pertama pada toolbar Windows klik tanda ‘wi-fi’ yang terletak di bagian kanan bawah.
  • Kemudian langsung saja pilih ‘Network dan internet settings’, lalu klik ‘change adapter options’ yang terletak di bagian bawah Windows mu dan kemudian klik ikon ‘wi-fi/ yang sedang digunakan yang terletak dibagian kanan.
  • Kemudian pilih ‘status dan Wireless properties’ dilanjutkan dengan ‘security’. Klik ‘show carakters’yang terletak pada bagian menu ‘network security key’.
  • Pada tab ini lah kamu dapat melihat mengenai apa password wi-fi yang saat ini sedang kamu gunakan dan aktifkan.

 Menggunakan Aplikasi CMD

cara mengetahui password wi-fi

Cara mengetahui password wi-fi selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi CMD, yaitu salah satu aplikasi yang merupakan bawaan dari Windows yang dapat digunakan sebagai alat untuk mengecek password wi-fi yang udah kamu gunakan.

Dibawah ini cara untuk mengecek password wi-fi dengan menggunakan aplikasi CMD, diantaranya :

  • Langkah awal yang dapat kamu lakukan adalah pilih menu ‘start’ yang ada di Windows dan langsung cari aplikasi ‘Run’. Jika kamu ingin lebih simple kamu dapat memanfaatkan shortcut Windows + R Lalu nanti pada Kolom pencarian langsung saja mengetikkan CMD lalu klik ‘OK’.
  • Setelah itu selanjutnya akan muncul latar belakang hitam dan artinya kamu harus mengetikkan [netsh wlan show profiles] tanpa tanda kurung. Lalu klik ‘Enter’.
  • Maka otomatis akan ada wi-fi dengan berbagai macam yang telah digunakan di PC Windows lalu Pilihlah nama wi-fi yang ingin kamu cari atau ingin kamu lihat password-nya.
  • Ketiklah [netsh wlan show profiles “Nama WiFi” key=clear]. Setelah selesai mengetikkan tulisan tersebut, nantinya kamu akan melihat dan mengetahui password yang muncul di bagian kolom ‘security settings’.

Cara Mengetahui  Password Wi-Fi di Laptop Mac

cara mengetahui password wi-fi

Trik ini dapat kamu lakukan ketika kamu menggunakan laptop MAC.  Cara ini dapat kamu lakukan untuk mengetahui password wi-fi dengan sangat mudah tanpa  harus terhubung terlebih dahulu dengan wi-fi yang ada. Tentu caranya cukup mudah, yaitu :

  • Cara yang pertama adalah buka halaman utama yang terdapat pada laptop kamu lalu klik ‘Go’.
  • Selanjutnya pada menu ‘drop down’ langsung saja mengklik ‘utilities’ dan dilanjut dengan mengklik sebanyak 2 kali pada ‘keychein  access’
  • Kemudian cari nama wi-fi yang sedang kamu gunakan dan klik sebanyak 2 kali pada menu ‘atributes’ pada password yang nantinya akan muncul perintah yang mengharuskan kamu memasukkan password laptop Mac dan klik ‘Allow’.
  • Maka password wi-fi kamu sudah dapat diketahui.

Cara Mengetahui Password Wi-Fi di Smartphone

cara mengetahui password wi-fi

1. Aplikasi WiFi Master Key (chrome.google.com)

Serahin diterapkan pada PC atau laptop, tentunya cara mengetahui password wi-fi juga dapat diterapkan di Android kamu. Caranya juga cukup mudah dan simpel, di antaranya adalah :

  • Pertama adalah harus mendownload terlebih dahulu Aplikasi wi-fi Master key.
  • Lalu langsung saja Buka aplikasi dan mengklik ‘lakukan sekarang’.
  • Kemudian Nyalakan wi-fi dan pindai hotspot. Aplikasi wi-fi Master key ini akan meminta izin akses wi-fi terlebih dahulu pada Android, dan setelah kamu mengizinkan ulangi dengan meng-klik ‘lakukan sekarang’.
  • Selain itu Aplikasi wi-fi Master key ini akan menampilkan daftar-daftar koneksi wi-fi dengan keterangan aman koneksi gratis, sambungkan.
  • Selanjutnya pilih disambungkan Halo kemudian wi-fi kamu pun akan tersambung.

2.  Wifi Pasword Recovery

selanjutnya ada juga aplikasi wi-fi password recovery yang dapat kamu gunakan sebagai cara mengetahui password wi-fi dengan mudah. Caranya sebagai berikut :

  • Pertama pastikan kamu telah mendownload aplikasi wi-fi password recovery dan dilanjutkan untuk membuka aplikasi tersebut.
  • Sehingga nantinya aplikasi itu akan terlebih dahulu meminta izin akses wi-fi pada Android kamu. Selanjutnya akan muncul tampilan riwayat Wifi yang pernah kamu gunakan beserta passwordnya.

Reset Router

Yang terakhir adalah reset router. Apabila kamu tidak berhasil menggunakan cara di atas.

Jika cara-cara di atas kurang berhasil atau kamu tidak puas menggunakan cara tersebut, maka hal yang dapat dilakukan adalah reset router. Langkah ini dapat dilakukan sebagai pengganti password wi-fi .

Jika kamu melakukan reset, tentu seluruh perangkat yang telah tersambung ini nantinya akan terputus atau ter diskoneksi. Maka kamu harus pikir-pikir terlebih dahulu sebelum melakukan cara ini.

Maka dari itu, pikir ulang sebelum melakukannya. Berikut langkah yang harus kamu lakukan:

  • Langkah pertama kamu harus mengecek terlebih dahulu belakang router milikmu, cirinya seperti mrmiliki bentuk kecil yang terkadang tidak ada label nya.
  • Selanjutnya pada sebagian router perlu adanya jarum atau clip yang berfungsi untuk menekan, sebab terdapat tombol tersembunyi yang ada pada bagian dalam router milikmu.
  • Selanjutnya tekan tombol sampai 30 detik hingga lampu router berkedip. Kamu dapat mencari informasi lebih lanjut SSID dan ka yang terletak di bagian belakang router. Lalu sambungkan Android atau PC dengan menggunakan wi-fi.

Demikian beberapa cara mengetahui password wi-fi untuk HP dan PC yang dapat kamu coba dan mungkin akan dibutuhkan sewaktu-waktu.

Leave a Reply