in ,

Cara Mengerjakan PR Dengan WolframAlpha

Situs mengisi soal ujian otomatis 2021

Pendahuluan

Sebagian besar pelajar di Indonesia pasti selalu dapat PR/Tugas rumah yang kadang sulit diselesaikan. Di sini akan kami jelaskan cara selesaikan soal sulit dengan mudah.

 

Mengenal WolframAlpha

Wolfram Alpha merupakan mesin penjawab yang dikembangkan oleh Wolfram Research. Wolfram Research itu sendiri merupakan perusahaan multinasional yang mengembangkan teknologi komputasi. Ia didirikan pada Tahun 1987 oleh Stephen Wolfram. Wolfram Alpha merupakan layanan daring yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan secara faktual dengan menghitung jawaban secara terstruktur. Wikipedia

Wolfram Alpha dapat menyelesaikan berbagai soal yang faktual menyangkut matematika, kalkulus, bahasa inggris dan sebagainya. Aplikasi ini sangat mudah sekali untuk digunakan dan sangat membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan rumah/PR/Tugas sekolah.

Cara Menggunakan WolframAlpha

Cara menggunakannya sangatlah mudah, misalkan kita memiliki PR untuk mencari nilai x dari soal x2 – 2x – 8 = 0. Maka cara memasukkannya pada WolframAlpha yaitu:

  • Pertama buka browser di device kalian, baik itu Handphone ataupun Komputer/Laptop.
  • Browser yang kalian gunakan bisa firefox, chrome, uc browser dan sejenisnya.
  • Ketiga, kalian buka website WolframAlpha dengan mengetik https://www.wolframalpha.com/
    Homepage WolframAlpha
  • Keempat, setelah muncul pagenya, kalian isikan pada kolom berikut dengan mengetik soal yang diberikan, jika ada pangkat, kalian bisa mengetiknya dengan “x^2 – 2x – 8 = 0.
    Input data WolframAlpha
  • Setelah itu, kalian Enter atau klik pada bagian pojok kolom yang tadi diketik.
    Input data WolframAlpha
  • Nah, jawabannya muncul dibawah kolom tadi. Dan kalian bisa baca, berapa nilai x yang diberikan. Gambar dibawah menunjukkan bahwa x nya adalah x = 4 dan x = -2
    Hasil data WolframAlpha

WolframAlpha juga bisa mengerjakan pertanyaan yang berbasis essay. Meskipun begitu, tak selalu benar jika soal tersebut berbasis essay, sebab sistemnya masih belum dapat mendeteksi soal-soal yang berbentuk essay. Jadi jika kalian ingin melakukan perhitungan di WolframAlpha tentang soal essay, kalian perlu membuat pemodelan matematika dulu agar sistemnya dapat mendeteksi.

PENUTUP

WolframAlpha juga bisa menjawab soal sekaligus dengan mengupload file yang berisi berbagai soal. dibagian bawah kolomnya ada tulisan Upload, nah kalian upload saja file yang berisi dengan soal-soal ke sana dan nanti jawaban kalian akan otomatis terjawab oleh sistem website WolframAlpha. Begitupula jawabannya, kalian bisa langsung mendownloadnya tanpa perlu menangkap layar/screenshot lagi.

Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk semuanya, sampai jumpa lagi di artikel LiteTeknologi selanjutnya.

Leave a Reply