Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus
in

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus, Bisakah?

Bagaimana Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus? Apakah Bisa Dikembalikan?

Ternyata, cara mengembalikan chat WA yang terhapus tidaklah susah dan malah sangat mudah dilakukan. Mungkin bagi sebagian orang akan terdengar mustahil ketika mengembalikan chat WA yang telah terhapus, tetapi ternyata hal ini memang bisa kamu lakukan, loh.

Kadang kala banyak sekali momen yang tidak sengaja terhapus di chat WA dan barangkali kamu akan merasa sangat kehilangan chat penting yang tidak sengaja terhapus.

Namun  sampai saat ini banyak orang yang belum mengetahui terkait cara mengembalikan chat WA yang terhapus tersebut. Sehingga mereka juga harus merelakan chat penting yang sudah terhapus tanpa berusaha mengembalikannya.

Tapi hari ini, kamu pasti akan sangat terbantu dengan adanya ulasan terkait cara mengembalikan chat wa yang terhapus di semua merk HP yang kamu miliki.

Yuk simak penjelasannya berikut ini!

WhatsApp telah memfasilitasi para penggunanya dengan berbagai macam fitur yang dapat digunakan sebagai pemulihan pesan wa yang terhapus langsung melalui aplikasi WA.

Hal ini bagi sebagian orang sangat menguntungkan karena tidak perlu ribet untuk menghapus dan membersihkan wa yang sudah menumpuk. Tetapi masalahnya, fitur ini harus diaktifkan terlebih dahulu, karena barangkali ada banyak pesan penting yang tidak sengaja terhapus.

Untungnya, WhatsApp telah memfasilitasi dan  menyediakan fitur terbaru untuk memulihkan pesan WA yang terhapus langsung di aplikasi WhatsApp, jadi kalian nggak usah ribet lagi.

Bagi kalian yang sudah penasaran Bagaimana cara untuk memulihkan atau mengembalikan chat yang telah terhapus di WA, maka dibawah ini akan dipaparkan secara lebih rinci cara-cara yang paling umum digunakan oleh para pengguna wa.

Sebelum masuk ke pembahasan, pastikan kamu akan menyimak dan memahaminya secara baik.

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus dengan Backup

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus

Secara otomatis, nantinya wa akan langsung menyimpan back up yang ada di memori internal hp kamu yang bertujuan sebagai pengaman dengan layanan Cloud backup.

Hal penting yang perlu diingat adalah bahwa wa hanya dapat mendukung Google Drive untuk HP Android, sedangkan wa mendukung iCloud untuk backup di iPhone.

Berikut ini ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan ketika ingin mengembalikan chat wa yang sudah terhapus. Pastikan kamu menyimaknya dengan baik.

Simak langkah-langkah berikut ini terkait cara mengembalikan chat wa yang terhapus dengan back up.

  • Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah masuk ke menu pengaturan WhatsApp. Menu ini terletak di halaman utama wa di kanan atas dengan tulisan ‘settings’
  • Selanjutnya, pilihlah menu chats pada halaman setting. Nantinya akan muncul layar selanjutnya dan kamu hanya tinggal memilih ‘chat back up’
  • Langkah selanjutnya adalah masuk ke akun Google agar dapat melakukan backup sehingga pastikan kamu sudah login dan terhubung dengan akun Google

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus

Jika belum, maka kamu harus melakukan login terlebih dahulu ke dalam akun Google. Nah, nantinya Setelah semua selesai kamu hanya perlu menentukan periode back up yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginan.

  • Selanjutnya, menentukan jaringan yang bertujuan untuk membackup. Pada langkah ini kamu dapat mengaktifkan ‘Include Videos’ yang nantinya akan membantu dalam membackup file video

Pada langkah tersebut nantinya kamu akan diminta apakah ingin membackup ketika terhubung ke wi-fi atau ketika menggunakan paket data. Dalam hal ini, kamu tinggal memilih sesuai dengan kebutuhan dan keperluan.

Setelah itu kamu dapat memulai untuk proses back  up dan dapat mengklik tombol ‘back up’ yang berwarna hijau.

  • Langkah selanjutnya adalah menghapus dan menginstal ulang aplikasi WA. Kemudian masuk lagi ke akun Whatsapp seperti biasa, lalu ketika muncul tampilan restore chat kamu dapat klik restore

Nah selanjutnya ketika kamu telah masuk ke dalam aplikasi WA dan memasuki layar utama, nantinya kamu akan melihat semua chat lama yang telah dipulihkan sebelumnya.

Jika kamu masih kesusahan dan cara diatas masih belum berhasil untuk mengatasi permasalahan chat kamu yang tidak sengaja terhapus, maka ada satu cara lagi yang dapat kamu terapkan untuk mengembalikan chat wa yang terhapus.

Ketika kamu berniat untuk mengembalikan atau memulihkan chat wa yang tidak sengaja terhapus, maka kamu juga harus melakukannya dengan benar dan tepat. Jangan sampai ketika kamu salah dalam memulihkan chat malah yang terjadi adalah fatal, seperti chat yang tidak dapat dikembalikan.

Siimak penjelasannya berikut ini!

Cara Mengembalikan Chat WA Sebelum Dibackup

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus

Ketika kamu ingin menyimpan chat penting atau pesan berbintang yang dirasa sangat penting dan dibutuhkan, maka WhatsApp menyediakan fitur eksport chat.

Fitur ini berbeda dengan layanan back up, karena fitur ini hanya dapat dipakai untuk satu percakapan saja yang nantinya akan disimpan ke dalam format .txt.

Nah, jika kamu berencana menyimpan satu atau lebih percakapan tentu kamu harus mengulangi cara-cara ini secara berulang.

Bagi sebagian orang mungkin cara ini tidak terlalu banyak diterapkan karena dirasa ribet dan rumit. Namun bagi orang yang merasa memiliki chat sensitif, maka kemungkinan besar akan menerapkan cara ini untuk memulihkan chat yang terhapus.

Bagi kamu yang sudah mulai penasaran, berikut ini adalah cara mengembalikan chat wa yang terhapus dengan menggunakan fitur eksport chat di WhatsApp.

  • Langkah pertama, masuklah ke menu settings/pengaturan di WhatsApp yang terletak di kanan atas

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus

  • Selanjutnya, pilihlah menu chat dan klik atau pilih ‘chat history’. Kemudian langsung saja Pilih export chat dan nantinya kamu akan diminta untuk memilih beberapa percakapan yang ingin disimpan menggunakan eksport chat
  • Selanjutnya memilih media penyimpanan dan kamu juga akan diminta agar kamu memilih antara melakukan ekspor chat dengan atau tanpa media
  • Jika kamu berencana untuk mengembalikan file wa yang telah terhapus kamu dapat memilih ikon ‘Include media’
  • Kemudian setelah selesai menerapkan cara di atas, cek lah di folder Google Drive milik kamu dan nantinya akan ada beberapa chat yang telah disimpan dan berformat .txt
  • Kemudian kamu dapat mendownloadnya dari Google Drive serta menyimpannya ke dalam memori ponselmu

Sebenarnya masih banyak cara lain yang dapat kamu terapkan dan lakukan untuk mengembalikan chat wa yang tidak sengaja terhapus. Tetapi cara-cara diatas merupakan langkah yang paling umum dan terkenal yang seringkali digunakan oleh para pengguna wa.

Dengan menerapkan cara mengembalikan chat wa yang terhapus tanpa dicadangkan ini tentunya kamu akan benar-benar bisa melihat history chat di perangkat lain. Pada umumnya beberapa pengguna menggunakan cara ini hanya untuk cat yang dirasa sensitif saja.

Demikian beberapa cara mengembalikan chat wa yang terhapus dengan mudah dan simple tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Jadi, dengan adanya cara ini maka kamu tidak perlu khawatir lagi ketika pesan atau chat wa yang dirasa penting terhapus secara tidak sengaja.

Leave a Reply