in ,

Cara Mengecilkan Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas

Di masa pandemi covid-19 ini, segala sesuatu harus dilakukan dengan online. Salah satunya di bidang pendidikan. Pemerintah  menganjurkan setiap sekolah agar para muridnya melakukan pembelajaran daring dari rumah dengan memanfaatkan teknologi yang ada yaitu Smartphone. Semua kegiatan belajar juga pengiriman tugas dilakukan secara online. Hal ini tentu akan membuat penyimpanan smartphone menjadi penuh, terlebih lagi jika tugas yang dikerjakan harus berbentuk video. Video yang direkam menggunakan kamera langsung biasanya memiliki ukuran yang cukup besar oleh karena itu akan membuat penyimpanan internal pada Smartphone cepat penuh. Selain itu banyak platform yang tidak mendukung untuk mengirimkan video dengan ukuran yang besar. Pada kali ini LiteTekno akan membagikan cara mengecilkan ukuran video.

LiteTekno akan memberi solusi untuk kamu yang mempunyai masalah ketika ingin mengirimkan video namun ukurannya besar sehingga gagal untuk dikirim. Caranya tentu saja video tersebut harus di perkecil dulu menggunakan aplikasi Kompresor Video. Sebuah aplikasi dengan fungsi utama untuk memperkecil ukuran video di Google Play Store dan telah di download sebanyak 5 juta pengguna.

Berikut Fitur-fitur yang dimilikinya :

  • Memperkecil dan memperbesar ukuran video sesuai keinginan.
  • Meningkatkan dan memperendah resolusi foto.
  • Memangkas durasi video.
  • Mengatur kecepatan dari video.
  • Dapat mengkonversikan ke MP3
  • Tersedia versi premium untuk mendapatkan semua fitur permanen dan tanpa iklan.

Tak usah berlama-lama lagi, kali ini kami akan mencobanya untuk memperkecil ukuran video.\

Cara Mengecilkan Ukuran Video

  1. Download terlebih dahulu aplikasi Kompresor Video di Google Play Store. Link download disini.

cara mengecilkan ukuran video

  1. Buka aplikasi dan pilih menu Kompres Video atau Kompres Foto sesuai kebutuhan. Pilih video/foto yang akan di perkecil ukurannya.

cara mengecilkan ukuran video

  1. Setelah memilih, akan muncul beberapa fitur yang bisa digunakan seperti “Potong +Kompres ” untuk memangkas video lalu mengkompresnya, “Maju cepat” untuk mempercepat durasinya, “Ekstrak MP3” untuk mengubah video menjadi audio serta banyak fitur lainnya yang bisa kamu coba. Berhubung disini akan meperkecil ukuran video, maka kita akan pilih menu Kompres Video di paling atas.

cara mengecilkan ukuran video

  1. Ada tiga menu pilihan untuk mengkompres video, Yaitu untuk menjadikan kualitas lebih tinggi, rendah, dan custom.

cara mengecilkan ukuran video

  1. Khusus kualitas Costum, kamu bisa mengatur sendiri Resolusi dan Bit Rate dari videonya sesuai keinginan.

  1. Berhubung kami akan memperkecil ukurannya, maka kita pilih ukuran videonya menjadi 8,6 MB.

cara mengecilkan ukuran video

  1. Tunggu proses kompresnya sampai selesai.

cara mengecilkan ukuran video

  1. Setelah itu, video akan langsung tersimpan di penyimpanan smartphone-mu.

cara mengecilkan ukuran video

  1. Dan inilah hasil perbandingannya, dari video yang awalnya berukuran 40,9 MB bisa di perkecil hingga ukuran 8,7 MB tanpa mengurangi kualitas dari videonya tersebut.

Itulah cara mengecilkan ukuran video tanpa mengurangi kualitas dengan menggunakan aplikasi Kompresor Video. Dengan begitu sekarang kamu tidak perlu khawatir jika ingin mengirimkan video dengan ukuran yang besar karena hanya perlu mnegecilkan ukurannya. Semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0