cara mengatur ukuran kertas folio di microsoft word
in

Cara Mengatur Ukuran Kertas Folio di Microsoft Word

Cara Mengatur Ukuran Kertas Folio di Microsoft Word – Kamu pasti lebih sering menggunakan ukuran kertas F4 atau bisa disebut juga dengan kertas Folio. Akan tetapi pada beberapa printer ukuran kertas Folio atau F4 tidak kamu dapati, oleh karena itu kamu harus membuat ukuran kertas yang khusus pada dokumen Microsoft Word yang sedang kamu buat.

Atau alternatifnya rubahlah ukuran kertas yang ada di komputer, baik yang di Windows atau pun juga yang ada di setting printer yang akan kamu gunakan sebagai printer.

Berikut LiteTekno akan bagikan cara mengatur ukuran kertas dan kami sampaikan pula macam macam kertas yang lain agar kamu bisa faham saat nanti hendak mencetak dokumen yang lainnya.

Cara Mengatur Ukuran Kertas Folio di Microsoft Word

Hal ini berguna menyesuaikan dengan kertas Folio serta berguna untuk mengurangi pengeditan ulang yang harus dilakukan jika kita harus mencetak dalam ukuran kertas Folio.

Untuk membuat ukuran kertas yang khusus Custom Size Paper pada Microsoft Word yang setara dengan Folio, kamu dapat menggunakan langkah-langkah berikut ini,

  1. Tekan menu ribbon Page Layout,
  2. Klik tools untuk menampakkan Dialog Page Setup
  3. Berikutnya, pada dialog iti tekan menu tab Paper. Pada kotak Paper Size pilihlah ukuran kertas Folio atau 8.5” x 13”. Jika tidak ada, maka kamu harus membuat ukuran kertas yang khusus Custom Size Paper.
  4. Untuk membuat kertas Folio dengan custom size paper kamu bisa membuatnya dengan cara mengetik atau mengisi berapa lebar kertas pada kotak Width dengan nilai 8.5”(inci) atau sama dengan 21.59 cm. Kemudian untuk tinggi kertas kamu isi nilai pada kotak Height dengan 13” (inch) atau sama dengan 33.02 cm.
  5. Pada saat kamu mengetik atau mengisi nilai ukuran yang baru di kotak Width dan Height, yang ada, maka Microsoft Word akan langsung secara otomatis menganggap bahwa kamu memakai ukuran khusus buatan kamu sendiri Custom Size Paper.
  6. Berikutnya klik tools OK untuk membuat kertas ukuran Folio.

Apabila kamu mengganti printer dan printer tersebut banyak mendukung juga mempunyai ukuran kertas Folio, maka bergegaslah rubah terlebih dulu ukuran kertas menjadi ukuran F4.
Ngomong-ngomong Ukuran Kertas folio itu sama lho dengan kertas F4, kebanyakan orang menyebut kertas F4 dengan kertas Folio. Ukuran Kertas (Folio maupun F4 yaitu 21,5 cm x 33,0 cm sama dengan 8.5 inch × 13 inch.

Perbedaan Kertas Folio, F4, A4, Legal dan Legal

Untuk kertas A4 dan legal sendiri, bedanya Legal sesikit lebih panjang dari Kertas A4. Sedangkan untuk Letter dan legal bedanya juga dapat dilihat dari panjangnya kertas. Kertas Legal itu lebih Panjang ukurannya daripada kertas A4.

Agak bingung ya , untuk lebih jelasnya baca deretan perbedaan ukuran kertas berikut ini.

Jenis Kertas  cm  Inchi mm
Ukuran Kertas Folio 21,6 x 34,3 cm 8,5 x 13,5 Inch 216 x 343 mm
Ukuran Kertas F4 21,6 x 33 cm 8,5 x 13 Inch 216 x 330 mm
Ukuran Kertas A4 21 x 29,7 cm 8,3 x 11,7 Inch 210 x 297 mm
Ukuran Kertas Legal 21,6 x 35,6 cm 8,5 x 14 Inch 216 x 356 mm
Ukuran Kertas Letter 21,6 x 27,9 cm 8,5 x 11 Inch 216 x 279 mm

Dengan mengetahui masing masing ukuran kertas tersebut pastinya akan mempermudah proses pengolahan dokumen nantinya.

Nah, itulah cara mengatur ukuran kertas folio di microsoft word. Semoga kamu dapat memahami penjelasan yang tertera di atas tadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.