mouse
Photo by Antonio Manaligod on Unsplash
in

Cara Mengatur Sensitifitas Mouse pada Windows

Cara Mengatur Sensitifitas Mouse — Mouse adalah salah satu perangkat penting ketika menggunakan komputer. Bukan hanya komputer, terkadang orang lebih memilih menggunakan mouse pada laptop yang sudah memiliki touchpad.

Alasannya bisa jadi karena takut touchpad mudah rusak, maupun masalah kenyamanan. Harga perbaikan touchpad pun cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan mouse. Oleh karena itu, mouse telah menjadi pilihan lebih banyak orang.

Ketika sudah menggunakannya selama berbulan-bulan, biasanya performa mouse akan mulai berkurang. Seperti tombol sulit diklik, scroll wheel tidak bisa digunakan, pergerakan kursor terasa lambat, dan lain sebagainya.

Cara Mengatur Sensitifitas Mouse

Ketika pergerakan mouse terasa lambat, bukan berarti mouse tersebut rusak. Mungkin saja kamu belum mengatur sensitifitasnya. Berikut ini LiteTekno berikan langkah-langkah cara mengatur sensitifitas mouse komputer.

  • Langkah pertama, klik menu Start di sebelah pojok kiri bawah. Kamu juga bisa membukanya dengan menekan tombol berlogo Windows pada keyboard. Lokasinya ada di sebelah kiri atau kanan tombol spasi.
  • Pada kolom pencarian, ketik Mouse. Akan muncul beberapa pilihan. Klik menu Mouse, seperti pada gambar di bawah ini.

cara mengatur sensitifitas mouse

  • Pada tab Pointer Options, di bagian Motions, atur parameter ke sebelah kanan untuk meningkatkan sensitifitas mouse. Sebaliknya, geser parameter ke sebelah kiri untuk menurunkan sensitifitas dari mouse. Klik tombol Apply untuk menyimpan pengaturan.

cara mengatur sensitifitas mouse

  • Selanjutnya jika ingin mengubah fungsi dari kedua tombol pada mouse, klik tab Buttons. Yang dimaksud di sini adalah membalik fungsi dari tombol mouse. Misalnya, tombol kiri akan melakukan perintah yang seharusnya dijalankan oleh tombol kanan, dan sebaliknya.
  • Pada bagian Button Configuration, centang opsi switch primary and secondary buttons.

cara mengatur sensitifitas mouse

  • Klik tombol Apply untuk menyimpan pengaturan.

Itulah langkah-langkah cara mengatur kecepatan mouse. Cara ini dapat bekerja pada semua sistem operasi windows. Selain mouse, kamu juga dapat mengatur sensitifitas touchpad laptop dengan mudah menggunakan cara yang sama seperti di atas. Ikuti saja langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jangan lewatkan update menarik lainnya hanya di LiteTekno.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0