perangkat tidak kompatibel dengan google play
Situs Resmi Google Play
in ,

Cara Mengatasi Perangkat Tidak Kompatibel Di Google Play Store

5 Cara Mengatasi Perangkat Tidak Kompatibel Di Google Play Store

Bagi para pengguna Android,  Google Play Store merupakan salah satu layanan yang penting, dimana kebanyakan dari pengguna Android mendownload aplikasi di sana. Namun Google Play Store juga sering terjadi berbagai macam permasalahan ketika kamu sedang menggunakannya. Pasti kamu pernah ketika sedang menjelajah dan ingin mendownload suatu aplikasi yang diinginkan di Google Play Store, namun malah menemukan aplikasi yang error dengan pesan  “Perangkat anda tidak kompatibel dengan versi ini”. Jika kamu pernah mengalami masalah seperti ini, pasti kesel banget. Apalagi kalau aplikasi yang error tersebut memang mau kamu download.

Tapi kamu gak perlu khawatir, ternyata ada banyak cara mengatasi perangkat tidak kompatibel yang bisa di lakukan oleh kamu dengan mudah. Tetapi sebelum itu kamu perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab terjadinya masalah seperti itu. Kali ini litetekno.com akan membahasnya.

Penyebab Terjadinya Perangkat Tidak Kompatibel

Kami mungkin masih bingung dengan kata kompatibel. Apa itu Kompatibel? Jadi kompatibel itu mampu bekerja sesuai dengan kesesuaian, yang berarti spesifikasi dari Handphone Android kamu harus sesuai dengan yang dibutuhkan dengan aplikasi di Google Play Store. Namun banyak hal yang menjadi penyebab terjadinya perangkat tidak kompatibel ketika kamu ingin mendownload aplikasi tersebut. Berikut beberapa penyebabnya.

  • OS Android tidak didukung oleh aplikasi, setiap aplikasi di Google Play Store pasti mencantumkan kebutuhan minimal OS Android supaya aplikasi tersebut dapat berjalan dengan lancar di perangkat.
  • Aplikasi membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi, artinya spesifikasi dari Handphone Android kamu tidak mendukung untuk menjalankan aplikasi tersebut.
  • Aplikasi tidak tersedia di negara pengguna, terkadang ada beberapa aplikasi yang hanya rilis di negara tertentu saja. Misalnya aplikasi A dirilis hanya di Malaysia tetapi tidak dirilis di Indonesia.

Cara Mengatasi Perangkat Tidak Kompatibel di Google Play Store

Perangkat tidak kompatibel merupakan salah satu permasalahan yang umum terjadi pada Handphone Android ketika ingin mendownload aplikasi di Google Play Store. Jika kamu mengalami masalah yang seperti tidak perlu khawatir , banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Untuk kamu yang belum tahu caranya, cobalah bebarapa cara di bawah berikut ini.

1. Menghapus Data Dari Layanan Google Play

Cara yang pertama ini sangat mudah kamu lakukan untuk mengatasi perangkat tidak kompatibel. Kamu bisa menghapus data Layanan Google Play di menu Settings pada handphone kamu.

Untuk caranya kamu bisa masuk ke menu Settings pada handphone. Kemudian kamu masuk ke bagian Apps jika sudah lalu masuk ke Apps Manajement atau Kelola Aplikasi. Setelah itu kamu cari Layanan Google Play, jika sudah menemukannya silahkan klik lalu kamu masuk ke bagian Storage atau Penyimpanan. Pada bagian ini kamu dapat melihat rincian dari Layanan Google Play mulai dari ukuran aplikasi, data pengguna dan cache. Kemudian setelah itu kamu hanya perlu klik tombol Clear Data.

Catatan : Perlu diketahui ketika kamu sudah menghapus data dari Layanan Google Play, maka versi dari Google Play Store akan menjadi versi yang lama. Kamu tidak perlu khawatir jika versi Google Play Store menjadi yang lama, karena seiring berjalan waktu versi Google Play Store akan menjadi yang terbaru lagi seperti ketika kamu belum menghapus data dari Layanan Google Play. Bagaimana? Cukup mudah bukan untuk kamu lakukan.

2. Download aplikasi yang tidak kompatibel di luar Play Store

Nah, jika  aplikasi yang kamu unduh tidak kompitabel kalian bisa download aplikasinya di Google, seperti website APKPure, APKMirror, Aptoide dan lain-lainnya

Untuk bisa meng-install file APK pastikan kamu sudah mengaktifkan fitur untuk menginstal aplikasi tidak diketahui dengan cara pergi ke Settings > Security > Unknown Source

3. Gunakan VPN untuk Mengubah Wilayah

Bila penyebab terjadinya aplikasi tidak kompatibel adalah aplikasi tidak tersedia di negara kamu, maka kamu bisa menggunakan VPN ( Virtual Private Network ). Misal, ketika kamu ingin mencoba sebuah game baru yang hadir tetapi hanya baru hadir terlebih dahulu di Negara lain contohnya Singapura, berarti kamu harus terhubung ke server Singapura terlebih dahulu. Untuk menghubungkannya kamu bisa menggunakan VPN.

4. Update Versi OS Android terbaru

Salah satu cara membuat aplikasi menjadi kompatibel adalah dengan melakukan update OS Android terbaru. Versi OS Android yang berbeda dengan didukung oleh aplikasi merupakan salah satu penyebab terjadinya aplikasi tidak kompatibel. Bagi kamu yang memiliki Handphone Android dengan OS (Operating System) versi lama, sebaiknya kamu melakukan update terhadap OS.

Untuk melakukannya kamu bisa masuk ke menu Settings lalu kamu masuk ke bagian About Phone atau Tentang Telpon, kemudian kamu akan menemukan menu Pembaruan Sistem lalu kalian lakukan update OS Android. Pastikan kamu mempunyai internet yang cukup atau disarankan menggunakan WiFi dengan kecepatan jaringan yang stabil dan cepat. Selain itu pastikan juga penyimpanan dari Handphone memadai.

5. Gunakan Custom ROM OS Android

Kamu bisa membuat aplikasi menjadi kompatibel pada Handphone kamu secara ”Paksa” dengan mengubah versi perangkat berbekal Custom Rom untuk mendapatkan versi OS Android terbaru. Metode ini memang sedikit ribet dan juga membutuhkan akses root.

Nah, itulah cara mengatasi dan berbagai penyebab perangkat tidak kompatibel pada aplikasi dan game android yang ada di Google Play Store. JIka kamu sudah mengetahui cara dan penyebabnya maka kamu tidak pusing dan khawatir lagi, tetapi jika cara-cara tersebut tidak berhasil maka memang sudah saatnya bagi kamu untuk membeli Handphone baru dengan spesifiksai yang lebih tinggi dari sebelumnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0