mengatasi internet positif
in

Cara Mengatasi Internet Positif di PC dan Android

Bagi kamu yang suka berkeliaran atau berselancar di internet, sudah tidak asing lagi mengenal kata internet positif. Terutama pengguna internet yang ada di Indonesia. Internet positif ini merupakan istilah untuk menamai aktivitas pemblokiran terhadap situs-situs yang dianggap tidak layak oleh pemerintah. Banyak alasan kenapa situs diblokir oleh internet positif ini. Salah satunya adalah situs yang mengandung konten dewasa (pornografi) dan konten ilegal (seperti judi, dll). Pada bahasan kali ini akan penulis bahas cara mengatasi internet positif baik pada PC ataupun ponsel.

Sebagai pecandu internet, pasti memiliki keinginan kuat untuk bisa membuka situs yang diblokir oleh internet positif. Dengan ini ada beberapa cara untuk membuka situs yang diblokir. Salah satunya memasang DNS pada perangkat. Walaupun bisa menggunakan VPN, tapi paling efektif ialah menggunakan DNS agar kecepatan internet tidak berkurang. DNS paling efektif dalam membuka situs yang terkena internet positif adalah DNS Cloudflare dan DNS Adguard.

Cara Mengatasi Internet Positif pada PC

Biasanya bila berselancar internet pada PC adalah menggunakan browser yang sering digunakan ialah Chrome. Untuk memasang DNS pada browser bisa ikuti langkah-langkah berikut.

  • Buka aplikasi browser pada PC kalian kemudian pada menu titik tiga yang ada di bagian pojok kanan atas, klik dan pilih setting.
  • Lalu pada menu search di tab Settings, kamu ketik “DNS” dan tekan enter.
  • Nanti akan muncul 5 result, dan klik menu Security 
  • Scroll ke bawah dan nanti ada bagian Use secure DNS dan aktifkan.
  • Lalu di sana ada pilihan With your current service provider atau With Custom. Kalian pilih With Custom dan klik Custom kemudian ganti ke Cloudflare (1.1.1.1)
  • Bila selesai diganti ke Cloudflare, maka situs yang terkena internet positif sudah bisa dikunjungi tanpa terkena blokir lagi.

 Cara Mengatasi Internet Positif pada Android

Untuk memasang DNS pada android, kamu bisa menginstall aplikasi 1.1.1.1:Fast & Safer Internet atau bisa melakukan konfigurasi manual lewat Settings. Langkah-langkahnya adalah berikut ini.

  • Buka menu Settings pada ponsel
  • Lalu menu Connection & Sharring
  • Kemudian pilih Private DNS
  • Pada bagian menu Select private DNS Mode, pilih Private DNS provider hostname dan ketik 1dot1dot1dot.cloudflare-dns.com dan klik Save.
  • Kemudian buka browser dan ketik URL 1.1.1.1/help untuk memastikan apakah DNS Cloudflare sudah aktif atau belum.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi internet positif pada PC dan Android yang mudah dilakukan. Pastikan untuk memanfaatkan hal ini dengan bijak untuk membuka situs yang telah diblokir internet positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published.