cara mengatasi GPS yang tidak berfungsi
in

Gak work!Gak work! Mantap!Mantap!

Cara Mengatasi GPS yang Tidak Berfungsi

Apabila kamu merasa GPS pada ponsel tidak akurat, atau sinyal GPS sering hilang, berarti ada masalah pada sistem GPS pada ponsel kamu. Ada banyak cara untuk mengakuratka kembali sinyal GPS dengan berbagai teknik, namun bukan berarti untuk memperkuat sinyalnya.

Kehadiran GPS saat ini sangatlah berguna, karena memang Google sendirilah yang selalu mengupdate maps sehingga semakin akurat. Terutama ketika berpergian ke tempat yang jauh dan tak tahu arah, salah satu alat yang bisa membantu memudahkan kita berpergian adalah menggunakan GPS.

Semua jenis smartphone memiliki fitur GPS, baik itu pada android maupun iOS. Namun bagaimana bila sinyal dan keakuratan GPS mendadak hilang? Berikut cara untuk mengatasi GPS yang tidak berfungsi.

Cara Mengatasi GPS yang Tidak Berfungsi

Ini adalah beberapa tips agar GPS yang ada pada ponsel kamu berfungsi lagi secara semestinya. Caranya cukup mudah dan bisa diterapkan pada semua merk ponsel.

  • Restart Pengaturan location pada ponsel

Langkah pertama untuk menguji GPS tidak berfungsi adalah merestart pengaturan lokasi pada ponsel. Caranya dengan masuk ke menu Pengaturan / Settings > General > Settings Location dan kemudian matikan terlebih dahulu lalu tunggu beberapa saat dan aktifkan lagi. Dan apabila cara itu masih belum berjalan, coba restart ponsel anda.

Jika cara pertama masih tidak berjalan juga, mungkin ada yang error pada sistem cache dan data di GPS. Tipsnya tentu menghapus cache dan cookies pada data aplikasi GPS. Bisa dilakukan secara manual atau menggunakan aplikasi Cleaner yang ada di playstore atau appstore.

  • Install ulang aplikasi Maps yang ada di ponsel

Apabila cara kedua juga masih belum berfungsi, langkah ketiga adalah melakukan reinstall aplikasi Maps yang ada di ponsel. Pastikan untuk melakukan unudahn aplikasi Maps menggunakan Wi-Fi karena data yang akan dikeluarkan cukup besar.

  • Memperbaiki Lokasi Path

Langkah terakhir bila ketiga tips di atas masih gagal, adalah melakukan perbaikan lokasi path. Sistemnya mirip seperti kamu mengotak-ngatik ponsel dengan mengganti ROM pada ponsel.

Langkah-langkah perbaikannya adalah berikut ini.

  • Buka Settings > Application Manager > Google Service Frame Work  dan kemudian clear data.
  • Lanjut buka kembali Application Manager > Maps / Google Maps dan lakukan Force Stop dan Clear Data.
  • Setelah itu matikan Location Service dengan cara Settings > Disable Location Service.
  • Terakhir restart ponsel kamu.

Itulah cara memperbaiki GPS yang tidak berfungsi. Semua cara diatas bisa dilakukan tanpa melakukan root pada ponsel.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0